https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/issue/feed DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah 2024-02-01T10:45:26+07:00 Ari Suseno ariseno23@unis.ac.id Open Journal Systems <p>The Journal of Communication and Regional Development Studies "Dialektika Komunika" is present as a medium for research and development of communication studies in accelerating regional development with I-SSN: 2338-4751 E-SSN: 2716-4012. Published twice in 1 year. This journal contains scientific work with the scope of Mass Communication, Cultural Communication, Political Communication, Marketing Communication, Intrapersonal-Interpersonal Communication, Organizational Communication, and International Communication. Written in Indonesian and English. This journal is published by the Communication Studies Program of Syekh-Yusuf Islamic University.</p> https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4154 PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC 2023-11-17T09:07:47+07:00 Inas Rafidah Calistarahma inasrafida03@gmail.com Edy Purwo Saputro eps135@ums.ac.id <p><em>Promosi media sosial salah satu media pemasaran digital yang menggunakan platform sosial media melalui link situs web dalam jaringan, untuk tujuan mempromosikan suatu produk. Adanya promosi sosial media sangat mempermudah dalam hal informasi bagi calon konsumen yang ingin membeli produk tertentu. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk skincare skintific. Metode pengumpulan data pada penelitian diatas menggunakan kuesioner. Adapun kajian data menurut BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) data tersebut disebarkan kepada usia remaja yang berumur 15-35 tahun yang sudah pernah menggunakan skincare skintific.</em><em> Pada penelitian</em><em> hasil pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: Promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). dan Citra merk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk. </em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4473 PENERAPAN SERVICE EXCELLENT OLEH CUSTOMER SERVICE PADA UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG 2024-01-04T13:07:40+07:00 Mad Yoman madyoman@unis.ac.id Ajeng Pradesti ajengpradesti@unis.ac.id <p><em>This research aims to describe the application of excellent service by Syekh-Yusuf Islamic University to prospective new students. Excellent service focuses on CS abilities, attitudes, appearance, actions, attention and responsibilities in serving customer communications or in this case prospective new students. This research uses a qualitative approach with a case study type. The results of the research show that the excellent assessment at the Syekh-Yusuf Islamic University has been carried out well, but must continue to be improved so that the satisfaction of prospective new students can be achieved well. And training is needed to improve knowledge, skills and appearance in providing excellent service to prospective new students.</em></p> 2024-01-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4285 KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN DESA WISATA DI KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT 2024-01-05T09:52:07+07:00 Ratih Kurnia Hidayati ratih.kh@lspr.edu <p><em>The purpose of this study is to see how the depiction of community empowerment communication construction through tourism management, namely tourism villages in the Kuningan Regency area of West Java using the literature study method. The concept of community empowerment, the concept of community participation, the concept of tourism management and the concept of tourism village management are used to describe the process of tourism village management in Kuningan Regency through community empowerment communication so as to encourage active role and community participation in tourism village management.</em></p> 2024-01-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4466 ANALISIS WACANA KRITIS MODEL TEUN A. VAN DIJK DALAM LIRIK LAGU PARA PENCARI MU KARYA ENDA UNGU 2024-01-17T12:15:36+07:00 Zulbiyadi Fadlan fzulbiyadi@gmail.com <p><strong>ABSTRAK: </strong>Wacana termasuk dalam unsur kebahasaan yang paling kompleks. Wacana yaitu unsur dari bahasa yang lebih memiliki sifat pragmatis dan pemakaian serta pemahaman wacana di dalam sebuah komunikasi memerlukan berbagai macam alat. Teun A. Van Dijk merupakan salah satu tokoh linguistik serta tokoh analisis wacana kritis yang model teorinya banyak digunakan analis wacana diseluruh dunia. Lagu “<em>Para Pencari Mu</em>” merupakan salah satu karya musik bergaya pop religi ciptaan Franco Wellijat Medjaya Kusumah dikenal dengan Enda Ungu yang berkembang di masyarakat Indonesia sejak tahun 2007. Lirik lagu Para Pencari Mu ini berisikan semangat hidup seseorang yang sedang mejalani hidup untuk pencarian yang indah pada tuhannya yaitu Allah SWT. Penelitian ini berfokus pada model teori Teun A. Van Dijk dan menganalisis struktur makro, menganalisis superstruktur, serta menganalisis konteks sosial yang terdapat pada lagu Para Pencari Mu ciptaan Enda ungu.</p> <p><strong>Kata</strong><strong> </strong><strong>kunci:</strong><strong> </strong><em>Analisis</em><em> </em><em>Wacana</em><em> </em><em>Kritis,</em><em> </em><em>Lirik</em><em> </em><em>Lagu,</em><em> </em><em>Para Pencari Mu</em><em>.</em></p> <h1><strong>ABSTRACT:</strong> Discourse is one of the most complex linguistic elements. Discourse is an element of language that has a more pragmatic nature and the use and understanding of discourse in communication requires various kinds of tools. Teun A. Van Dijk is a linguistic figure and critical discourse analysis figure whose theoretical model is widely used by discourse analysts throughout the world. The song "Para Pencari Mu" is a work of religious pop style music created by Franco Wellijat Medjaya Kusumah, known as Enda Ungu, which has been developing in Indonesian society since 2007. The lyrics of the song "Para Pencari Mu" contain the spirit of life of someone who is living a life of search. beautiful in God, namely Allah SWT. This research focuses on Teun A. Van Dijk's theoretical model and analyzes the macro structure, analyzes the superstructure, and analyzes the social context contained in the song "Para Pencari Mu" created by Enda Ungu.</h1> <h1><strong>Keywords:</strong> Critical Discourse Analysis, Song Lyrics, Para Pencari Mu.</h1> 2024-01-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4306 POLA KOMUNIKASI KELOMPOK KOMUNITAS SPARTAN KOMANDO (SPARKO) JAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA 2024-01-17T11:23:45+07:00 Selvi Sofiawati selvi.sfi@bsi.ac.id Wulan Dwi Pratiwi wulan.wpr@bsi.ac.id Iswahyu Pranawukir prana1enator@gmail.com <p><em>The Sparko Community is a military-style sports community formed by Lt. Col. Eka Wira in 2015. This community already has many members spread across several cities in Indonesia, one of which is the Sparko GBK Community in Jakarta. The aim of this research is to find out how group communication patterns maintain their existence through the concept of network type theory of communication patterns. The research method is descriptive qualitative. Data collection methods include observation, interviews, literature study and documentation. The informants in this research were represented by 4 people, namely 1 person was a coach as key informant and 3 people were members and community administrators as informants. The research results show that the communication pattern that occurs in the Sparko community is an all-channel communication pattern or a Bintang communication pattern where the chairman and members have the same power in influencing other members and all members can send and receive messages actively and communicatively, and everyone can communicate and participate optimally in the group.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Keywords </em></strong><em>: </em><em>Communications Pattern, Existence, Sparko Community</em></p> 2024-01-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4447 PENGARUH AKTIVITAS KOMUNIKASI KRISIS BAKSO AFUNG PADA BRAND TRUST 2024-01-17T16:46:12+07:00 Eko Saputro eko.saputro@lecturer.umn.ac.id Asep Sutresna Sutresna asep.sutresna@lecturer.umn.ac.id <p>Kehalalan produk menjadi hal yang sangat penting di negara seperti Indonesia yang berpenduduk mayoritas orang Islam. Oleh karena itu apabila muncul isu yang berkaitan dengan halal atau tidaknya pada makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi orang islam maka dapat memicu krisis. Kasus ini terjadi pada Bakso Afung dimana seorang pelanggan mengonsumsi makanan yang tidak halal yang dibawanya dari tempat lain. Hal ini membuat pemiliknya khawatir akan image produknya yang dapat saja dipersepsikan sebagai makanan atau tempat makan tidak halal. Oleh karena itu pemiliknya melakukan pemecahan mangkok-mangkok untuk menunjukkan adanya pembersihan alat makan yang kemudian diunggah ke media social. Hal ini yang kemudian menarik untuk diteliti, apakah tindakan tersebut dapat mempengaruhi peningkatan brand imagenya. Dengan metode kuantitatif dan dilakukan survey kepada 150 orang responden di Jabodetabek, penelitian ini berusaha untuk mengungkap pengaruh kedua variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh sebesar 34%. Maka dengan hasil tersebut, perlu dilakukan penelitian lain yang dapat mengungkap faktor-faktor lainnya.</p> <p>Kata kunci: Bakso Afung, komunikasi krisis, brand image</p> 2024-01-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4551 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CHEAPRETTY.BIGSIZE DALAM MEMANFAATKAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE 2024-01-20T05:31:18+07:00 Faikoh Umairoh faikoh.fuh@bsi.ac.id <p><em>Cheapretty.bigsize merupakan online shop yang menjual produk khusus untuk Perempuan yang memiliki badan besar yaitu segmentasi usia 20 s.d 45 tahun yang storenya &nbsp;berada di laladon, kabupaten bogor. Berdiri sejak tahun 2020 sampai dengan saat ini, cheapretty.bigsize &nbsp;memikiki pengikut di media sosial instagram&nbsp; sebanyak 173.000. Dalam mempromosikan produknya secara online secara cheapretty melibatkan instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dari cheapretty big.size dengan memanfaatkan media instagram sebagai promosi online. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Key Informan dalam penelitian ini adalah 2 orang dimana keduanya adalah kaka beradik sebagai owner dari cheapretty.bigsize. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media baru. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan cheapretty.bigsize dalam memanfaatkan instagram sebagai media promosi online.Dimana didalam menyusun strategi komunikasi pemasaran harus melalui proses perencanaan diantaranya&nbsp; segmentasi dan targetting, positioning dan diferensiasi, hubungan Masyarakat dan publikasi, sales promotion, personal selling, direct marketing, internet marketing dan iklan.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci </em></strong><em>: </em><em>Strategi Komunikasi Pemasaran</em><em>,</em><em> Instagram, Cheapretty.bigsize.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-02-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4568 STRATEGI HUMAS POLRES CILEGON DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM BERMEDIA SOSIAL SECARA POSITIF DI LINGKUNGAN HUKUM POLRES CILEGON 2024-02-01T10:45:26+07:00 Marthalena Martha marthalena@unsera.ac.id Nina Ainul Hidayat marthalena@unsera.ac.id Endang Tri Santi marthalena@unsera.ac.id Rethorika Berthanila marthalena@unsera.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em>Strategi humas Polres Cilegon dalam menyosialisasikan program </em><em>“</em><em>Bermedia Sosial Secara Positif</em><em>”</em><em> dilakukan hanya&nbsp; internal dengan melakukan face to face di lapangan Polres Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas yang dilakukan oleh humas Polres Cilegon dalam menyosialisasikan program </em><em>“</em><em>Bermedia Sosial Secara Positif” dengan melakukan fact finding, planning, communicating, evaluation dengan menggunakan teori Penyusunan Tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang didapat melalui hasil pemaparan dan penjelasan berdasarkan wawancara dan observasi dilapangan. Hasil dalam menyosialisasikan program “Bermedia Sosial Secara Positif” ini humas Polres Cilegon mendapatkan respon yang positif dari anggota Polres Cilegon dalam mel</em><em>a</em><em>kukan sosialisasi juga humas Polres membuat pemberitaan melalui website resmi Polres Cilegon, media lokal, dan Instagram resmi Polres Cilegon untuk menginformasikan bahwa di Polres Cilegon sedang </em><em>melakukan </em><em>Program sosialisasi</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci </em></strong><em>: </em><em>menyosialisasikan</em><em>, </em><em>Humas</em><em>, &nbsp;&nbsp;</em><em>strategi Humas,</em></p> 2024-02-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah