PENGARUH INOVASI PRODUK ELECTRONIC FLIGHT PLAN (e-FPL) DAN PELAYANAN UNIT CENTRALIZED FLIGHT PLAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR AIRNAV INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.33592/empire.v2i1.2632Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Inovasi Produk Electronic Flight Plan (e-FPL) Dan Pelayanan Unit Centralized Flight Plan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Airnav Indonesia. Data dalam penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Slovin diperoleh sebanyak 75 Akun Electronic Flight Plan (e-FPL) Kantor AirNav Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, koefisien determinasi, Uji t dan Uji F dengan menggunakan software SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji t dengan nilai t hitung 13.002 > t tabel 1.996 dan signifikansi 0.000 < probabilitas 0.05 maka hipotesa pertama diterima secara parsial produk electronic flight plan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan berdasarkan uji t dengan nilai t hitung 21.126 > t tabel 1.996 dan hasil signifikansi 0.000 < probabilitas 0.05 maka hipotesa kedua diterima secara parsial pelayanan Unit Centralized FPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Serta berdasarkan uji F bahwa nilai F hitung sebesar 296.867 > dari F tabel 3.15 maka secara simultan produk electronic flight plan dan pelayanan unit Centralized FPL berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta memiliki hubungan positif dan signifikan. Indeks determinasi produk electronic flight plan dan pelayanan Unit Centralized FPL sebesar 89% terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor AirNav Indonesia dan sisanya sebesar 11% merupakan kontribusi variabel lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Produk, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan