Hubungan Work Engagement dengan Stres Kerja Guru: Studi Pada Guru Sekolah Khusus Di Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33592/empire.v2i1.2646Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan tidak searah (negatif) antara work engagement dengan stres kerja guru. Studi penelitian ini dilakukan pada guru sekolah khusus di Kota Tangerang. Sampel penelitian sebanyak 121 guru yang terdapat pada 16 sekolah khusus dari populasi 172 guru. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, diantaranya Teacher Stress Inventory (TSI) dan The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan program Microsoft Excel 2016 dan SPSS ver. 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: work engagement dan stres kerja guru memiliki hubungan yang negatif serta signifikan dengan korelasi sebesar 0,280.
Kata Kunci: Stres Kerja Guru; Work Engagement; Sekolah Khusus; Kota Tangerang.