Profesionalisme, Motivasi Berprestasi, Penyeliaan Kepala Sekolah dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.33592/empire.v2i1.2647Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Profesionalisme, Motivasi Berprestasi dan Penyeliaan Kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh guru di SMPN 1 Pasarkemis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan 42 responden. Data di analisa menggunakan bantuan SPSS versi 25.0 for Windows dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Guru dengan nilai (sig. 0.001). 2) Motivasi Berprestasi berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Guru dengan nilai (sig. 0.000). 3) Penyeliaan Kepala Sekolah berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Guru dengan nilai (sig. 0.000). Secara simultan variabel Profesionalisme, Motivasi Berprestasi dan Penyeliaan Kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru dengan nilai (sig. 0.002). Dalam penelitian ini disarankan, bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang mempengaruhi kinerja guru.
Kata Kunci: Profesionalisme, Motivasi Berprestasi, Penyeliaan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.