IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE MIND MAPPING (STUDI DI SEKOLAH ALAM MADINAH SCHOOL TANGERANG)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33592/islamika.v14i2.1085

Keywords:

Mind Mapping, kualitatif, stimulasi, triangulasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara akan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini, penulis hanya membatasi mengenai kajian Aplikasi Pembelajaran Pendidikan agama Islam melalui metode Mind Mapping untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) di Sekolah Alam Madinah School Tangerang. Penelitian yang dilakukan penulis adalah dengan mengobservasi dari siswa kelas IV dan V SD, dengan pembatasan. Adanya studi kasus merupakan bentuk penelitian yang dapat  dilakukan terhadap individu, segolongan manusia, lingkungan   hidup   manusia   atau   lembaga sosial. Hal ini dipandang efektif karena mampu digunakan untuk mencari motif-motif dibalik   fakta   sosial   yang   tampak   secara empirik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kualitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrument kunci, tehnik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisa data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisas. Implementasi  pembelajaran Pendidikan agama Islam melalui metode mind mapping sangat membantu siswa untuk aktif dan dapat meningkatkan motovasi, kreatifitas, dan minat belajar siswa.

References

Al Quran Terjemah, Depok: Sabiq, 2009

Asy`ari Abdullah, Pembelajaran Tajwid, Surabaya: Apollo Lestari, 1987)

Anwar, Muhammad, Filsafat Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2015, Cet. 1

Bailey, Carol A., A Guide to Qualitative Field Research, Thousand Oaks, CA: Pine Forge Press, 2006

Buzan, Toni, Buku Pintar Mind Map (terj.), Jakarta: Gramedia, 2005

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_____________, Mind Mapping: Untuk Meningkatkan Kreativitas, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007

Chen, Oskar Ku, Sherry Y., Denise H. Wu, Andrew C. C. Lao and Tak- Wai Chan, Journal of Educational Technology & Society, Vol. 17, No. 3 (July 2014), pp. 65-78 Published by: International Forum of Educational Technology & Society Stable URL:Accessed: 24-6- 2019 08:05 UTC

Chotimah, Chusnul dan Muhammad Fathurrohman, Paradigma Baru Sistem Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2018, Cet. I

Connell J. Diane, The Global Aspects of Brain-Based Learning, Vol. 88, No. 1, Research-based Education: The Global Case (Fall2009), pp. 28-39 Published by: Phi Delta Kappa InternationalStable URL: Accessed: 16-07-2020 06:01 UTC

Ekosusilo, Madyo ect, Pengantar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2014, Cet.I

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: PT. Refika Aditma, 2017, Cet. VII

Fathurrohman,Muhammad, Model- Model Pembelajaran Inovatif, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2015, Cet. I

Gallagher, William J., The Contradictory Nature of Professional Teaching Standards: Adjusting for Common Misunderstandings: The Phi Delta Kappan, Vol. 87, No. 2 (Oct., 2005), pp. 112-115 Published by: Phi Delta Kappa International Stable URL Accessed: 22-07-2019 07:37 UTC

https://bdkpadang.kemenag.go.idnd- map-dalam-pembelajaran-pai- sebuah- metode-yang- kreatif, diakses hari Senin tanggal 5 Juli 2019 jam 1:56 WIB

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014

______________, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT, Bumi Aksara, 2014, Cet. XI

Kurniawati, Dhida Dwi Pengaruh metode mind mapping dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP M 5 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010, Surakarta: UMS, 2010

Koswara, Deni dan Halimah, Bagaimana Menjadi Gu Kreatif?, Bandung : PT. Pribumi Mekar, 2008

Khon, Abdul Majid, Hadis Tarbawi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012, Cet. I,

Nurhasanah, Peran Pendidikan Moral di Keluarga dan Sekolah Terhadap Karakter Siswa, Magelang: Ngundi Ilmu, 2013

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Radar Jaya Ofset, 2012, Cet. VII

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016, Cet. XXIII

Saal Leah Katherine land Margaret- Mary Sulentic Dowell, A Literacy Lesson From an Adult "Burgeoning" Readerâ€. Source: Journal of Adolescent & Adult Literacy , October 2014, Vol. 58, No. 2 (October 2014), pp. 135-145 Published by: International Literacy Association and Wiley Stable URL: Accessed: 16-07-2020 07:37 UTC

Semiawan ,Conny R., Metodologi Penelitian Kulaitatif, Jakarta: Grasindo, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R & D, Bandung: CV. Alfabeta, 2012

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta : Pedagogia, 2012

Suprijono, Agus, Cooperative learning : Teori dan Aplikasi PAKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Sudjana , Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013, Cet. XVII

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2016, Cet. XII

Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruksivisme, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007

Warseno, Agus & Ratih Kumorojati, Super learning: Praktik Belajar Mengajar, Jakarta: DIVA Press, 2011

Sulistiyo & Basuki. (1994). Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Withernington, dkk. (1986) teknik-teknik belajar dan mengajar, Bandung: Jemmars

Downloads

Published

2021-01-16