MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.33592/islamika.v13i2.346Keywords:
contextual teaching learning, learning motivated.Abstract
Abstract
This research was conducted with the aim to find out how much influence the contextual teaching learning model of learning motivation of Islamic education study program students at the Islamic University of Syekh Yusuf Tangerang. The research method used is a quantitative research method with data collection techniques in the form of questionnaires. The respondents of this study were 25 Islamic education study program students. Based on the results of data processing and discussion, it can be concluded that the contextual teaching learning model has a low effect of 11.56% on student learning motivation. But when testing the hypothesis,  implies that  is accepted and rejected .
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran contextual teaching learning terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Islam Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Metode  penelitian yang digunakan  adalah metode penelitian kuantitatif  dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket. Responden penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan agama Islam yang berjumlah 25 mahasiswa. Berdasarkan hasil olah data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwasanya Model Pembelajaran contextual teaching learning berpengaruh rendah 11,56% terhadap motivasi belajar mahasiswa. Namun pada saat pengujian hipotesis,  hal ini mengandung arti bahwasanya diterimanya dan ditolaknya .
References
Albrian Fiky Prakoso, “Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kajian Kebutuhan Manusiaâ€. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol: 6, No: 1 (Tahun 2013),
Alwi, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal EducatiO, 8(2), 69–80.
Aris Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ar-Aruzz Media. Cet. 2
Azhar Arzyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Cet. 13
Erwin, H., Awang, I. S,. & Anyan. (2018). Penerapan Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa. Jurnal pendidikan dasar perkhasa, 4(1)
Evelin Siregar dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Cet.1
M. Alisuf Sabri. (2006). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Cet. 4
Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini. 2018. Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Cet. 1
Muhibbin Syah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Cet. 14
Purwa Atmaja Prawira. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: ar-Aruzz Media. Cet. 2
Ridwan Abdullah Sani. (2014). Inovasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. 2
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada, Cet. 2
Sardiman. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Cet. 23
Sarlito W. Sarwono. (2003). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. 9
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. Cet. 23
Tukiran Taniredja, Efi Miftah Faridli, Sri Harmianto. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta, Cet. 4
Wina Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan : jenis, metode, dan prosedur. Jakarta: Kencana. Cet.1
Yunita, I. E., & Hakim, L. (2014). Bermuatan Karakter Pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–6.