DINAMIKA KURIKULUM PAI DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.33592/islamika.v12i2.411Keywords:
Kurikulum, paradigma, kritik, dikotomis, mechanism, organism, religiusAbstract
Abstrak
Â
Pendidikan Tinggi merupakan Arasy tertinggi dalam keseluruhan usaha pendidikan nasional dengan tujuan menghasilkan sarjana-sarjana yang profesional, yang bukan saja berpengetahuan luas dan ahli serta terampil dalam bidangnya, serta kritis, kreatif dan inovatif, tetapi juga beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berkepribadian nasional yang kuat, berdedikasi tinggi, mandiri dalam sikap hidup dan pengembangan dirinya, memiliki rasa solidaritas sosial yang tangguh dan berwawasan lingkungan. Pendidikan Agama di perguruan tinggi seharusnya merupakan pendamping pada mahasiswa agar bertumbuh dan kokoh dalam karakter agamaisnya sehingga ia dapat tumbuh sebagai cendekiawan yang tinggi moralnya dalam mewujudkan keberadaannya di tengah masyarakat. Terdapat tiga peta paradigma pengembangan pendidikan agama Islam, yaitu Paradigma Dikotomis, Paradigma Mechanism, dan Paradigma Organism. Pengoprasionalan suasana religius di Perguruan Tinggi dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: Pendekatan Pembiasaan, Pendekatan Keteladanan, dan Pendekatan Persuasif. Proses pembelajaran di seluruh dunia pada abad ini diselenggarakan berdasarkan 4 pilar: learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together.
References
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta : 2010.
Arifin, Kapita Selecta Pendidikan Umum dan Agama, Semarang: Toha Putra, 1986.
B.S. Mardiatmaja, Tantangan Dunia Pendidikan, Kanisius, Yogyakarta, 1996
Dirjen Perguruan Tinggi Agama Islam, Buku Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum, Depag. RI, 1988
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0212/14/opi02.html
Judowibowo Poerwowidagdo, Agama, Pendikan dan Pembangunan Nasional, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1996
Nasir, Sahilun A., Pokok-pokok Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi, Surabaya: Al Ikhlas, Indonesia, 1984.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2008
Susilo, Muhammad Joko, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, manajemen pelaksanaan dan kesiapan Sekolah Menyongsongnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Sukmadinata, Nana Syaodah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001
Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002
Nata, Abudin, Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: UIN Press, 2006