KONSEP INTEGRASI PEMBELAJARAN PAI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33592/islamika.v11i1.420

Keywords:

Pembelajaran Terpadu, Kurikulum Integrasi, Keterampilan

Abstract

Abstrak

 

Pembelajaran terpadu (kurikulum terintegrasi) merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang mengubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Pengajaran PAI merupakan tangggung jawab dari semua pihak yang ada dalam suatu lembaga pendidikan, terutama guru kelas karena guru kelas diharuskan mengintegrasikan tiap pelajaran yang diajarkan dengan PAI, jadi apapun mata pelajaran dan temanya, semuanya haruslah menjadi suri tauladan bagi peserta didik, sehinggga para peserta didik mampu mencontoh nilai yang sudah dicontohkan guru kelas. Jika dibandingkan dalam konsep konvensional, maka pembelajaran terpadu tampak lebih menekankan keterlibatan peserta didik dalam belajar, sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran untuk pembuatan keputusan. Setiap siswa memerlukan bekal pengetahuan dan kecakapan agar dapat hidup di masyarakat dan bakal ini diharapkan diperoleh melalui pengalaman belajar di sekolah. Oleh karena itu pengalaman belajar di sekolah sedapat mungkin memberikan bekal siswa dalam mencapai kecakapan untuk berkarya. Kecakapan ini disebut kecakapan hidup yang cakupannya lebih luas hanya sebanding dengan keterampilan.

References

Ali, Muhamad, Pengembangan Kurikulum di Sekolah, (Bandung, Sinar Baru: 2005), Cet.V

Andrews, P. Gayle, Lessons Learned: Centering on Students in the Middle Grades Curriculum, Middle School Journal, Vol. 40, No. 2 (November 2008), pp. 44-51 Published by: Association for Middle Level Education (AMLE) Stable URL: http://www. jstor.org/ stable/ 23047368 : 02-06-2017 09:33 UTC

Cassady, Jerrell C and Justin J. Boseck , Educational Psychology and Emotional Intelligence: Toward a Functional Modelfor Emotional Information Processing in Schools, Source: Counterpoints, Vol. 336, Emotional Intelligence: Perspectives on Educational and Positive Psychology (2008), pp. 3-24Published by: Peter Lang AGStable URL:http://www.jstor.org/stable/42980139 Accessed: 02-06-2017 10:14 UTC

Children’s resources International, Inc, Menciptakan Bahan Ajar Yang Berpusat Pada Anak, Jakarta: CRI Indonesia. 2000

E.Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah Tentang Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, Strategi belajar mengajar Melalui Penanaman konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: PT. Refika Aditama, 2010, Cet. IV

Hung Lu, Hun, Chia-Wei Wu, Shih-Hung Wu, Guey-Fa Chiou and Wen-Lian Hsu, Ontological Support in Modeling Learners' Problem Solving Process Source: Journal of Educational Technology & Society, Vol. 8, No. 4, Crafting Learning inContext (October 2005), pp. 64-74 Published by: International Forum of Educational Technology & Society Stable URL: http://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.8.4.64 Accessed: 10-05-2017 11:53 UTC

Ibnu Badar al-Tabany, Trianto, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007

__________________________, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015), Cet. III

Kemendiknas. Desain Induk Pendidikan karakter, Jakarta: Kemendiknas, 2010

Martiyono, Perencanaan Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2012

Mustari, Mohamad, Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2014

Perry, Matt, Designing Multidisciplinary Integrated Curriculum, The California Center for College and Career: Sacramento California, 2010

Semiawan, Conny R, Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini, Jakarta : Ikrar Mandiri Abadi, 2002

Sharapan Sahn, Laurie and Anne Grall Reichel , A Classroom Newspaper Integrates the Curriculum Author(s): Source: YC Young Children, Vol. 63, No. 2 (March 2008), pp. 12-18Published by: National Association for the Education of Young Children (NAEYC) Stable URL: http://www.jstor.org/stable/42730964 Accessed: 02-06-2017 09:24 UTC

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Syaefuddin, Udin, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010, Cet. III

Undang- Undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3

Downloads

Published

2020-01-30