FORMAT LEMBAGA PENDIDIKAN PERSPEKTIF PENDIDKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.33592/islamika.v14i1.638Keywords:
Format, Lembaga, Pendidikan Islam.Abstract
Lembaga pendidikan bentuk organisasi tersusun relatif tetap terdiri atas pola-pola tingkah laku, peranan-peranan dan relasi-relasi terarah dalam mengikat individu yang mempunyai otoritas formal dan sangsi hukum, dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Terdapat empat lembaga pendidikan yang digunakan Rasulullah SAW dalam mengajarkan al-Qur’an dan As-sunah, yaitu: Dar al-Arqam, kuttab, Suffah dan masjid. Pendidikan Islam di Indonesia pada mulanya dilaksanakan secara informal, melalui kontak-kontak pribadi antara mubaligh dengan masyarakat sekitar, dalam proses perdagangan. Lembaga pendidikan Islam formal di Indonesia saat ini; (1) Pondok pesantren, (2) madrasah, (Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah), serta (3) Perguruan Tinggi. Lembaga pendidikan Islam bertujuan meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat berbangasa dan bernegara. Kultur pendidian yang berkualitas akan mengahasilkan SDM yang berkualitas sehingga memiliki daya saing yang tinggiReferences
Ahmad Syarif Maarif, Lembaga Pendidikan Islam dan Persoalannya. 1997.
Azrumardi Azra, Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Saudi Arabia, Fahd Publisher, 2003.
Daulay, Haidar Putra and Nurgaya Pasa. Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Kencana, 2003.
Fajar A. Malik, Roeformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.1999
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992
Haidar Putra Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2009.
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma'arif, 1980.
Muhammad Daud Ali dan Habibah Daud, Lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta, PT Grasindo, 1995.
Muhaemin, Pengembangan Kurikulum, Rosda Karya, 2005.
Masrurah,Ninik dan Umiarso, Modernisasi Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2004
Malik Fajar, Fungsi Kurikulum, Jakarta: PT Grasindo, 1995.
Nur Uhbiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka, 1997.
Nizar. Samsul, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasululloh sampai Indonesia, Jakarta: Kencana, 2008.
Slamet. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Bina Aksara 1997.
Izz al-Din al Tamimy, dalam al-Gazira terjemahan. Seni Mendidik Anak Jakarta: Arroyah, 2001
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Bigraf Publishing, Yogyakarta. 2000