IMPLEMENTASI AKAD ISTISHNA’ PADA PRODUK PEMBIAYAAN SKIM MIKRO TATA SANITASI DI KOPERASI SYARIAH BENTENG MIKRO INDONESIA

Authors

  • Nita Awaliyah Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang
  • Hadi Suharno Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang
  • Tita Safitriawati Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang

Keywords:

istishna ', financing, sanitation micro schemes

Abstract

Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi akad istishna’ pada produk pembiayaan skim mikro tata sanitasi di Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia dalam perspektif fikih muamalah sudah tidak lagi dilakukan secara paralel (istishna’ paralel). Pelaksanaan akad antara anggota dengan pihak koperasi didahului dengan tahapan wa’d (janji) yang bersifat mulzim (mengikat). Mekanisme pelaksanaan pembiayaan skim mikro tata sanitasi mengacu pada SOP yang telah di tetapkan oleh Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia. Dalam analisis penerapan fatwa DSN MUI Nomor 06/DSN MUI/IV 2000 tentang istishna’ dan fatwa DSN MUI Nomor 22/DSN MUI/III/2002 tentang istsihna’ paralel sudah  terimplementasikan dengan baik. Dalam memenuhi ketentuan  poin fatwa DSN MUI mengenai hak khiyar pihak koperasi mengaplikasikan dengan memberikan  garansi kepada anggota selaku mutshani’ dan kesepakatan akad terus dilanjutkan.

 

 

 

 

References

Arifin, Zainul, “Produk-Produk Perbankan Syariah dan Prospek Pasarnya di Indonesiaâ€, dalam Zaim Saidi, Tidak Syariahnya Bank Syariah (Yogyakarta: Delokomotif, 2015).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2017)

Batubara Kamaruddin, Model BMI Syariah, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019)

Batubara Kamaruddin, dan Irsyad Muchtar, Pengalaman Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Dalam Pembiayaan Mikro Tata Air dan Sanitasi, (Jakarta: PT Berkah Dua Visi, 2018)

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada 2017)

Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), “Fatwa Tentang Jual Beli Istishna’†dari https://dsnmui.or.id/produk/fatwa/

Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), “Fatwa Tentang Jual Beli Istishna’ Paralel†dari https://dsnmui.or.id/produk/fatwa/

Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), “Fatwa Janji (Wa’d) Dalam Transaksi Keuangan Dan Bisnis Syariah†dari https://dsnmui.or.id/produk/fatwa/

Hidayat, Syafi’, “Implementasi Akad Istishna’ Dalam Jual Beli Mebel Tinjauan Mazhab Syafi’i dan Mazhab Hanafi (Studi Kasih Kasus Di UD Cipta Indah Desa Bendo Kecamatan Ponggok)†(Skripsi S1 Program Studi Hukum Bisnis Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016).

Jumariyah, Siti, “Analisis Pengendalian Istishna’ Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Semarang†(Skripsi S1 Program Studi Akutansi UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016).

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2015)

Moleong, Lexy J., Metodologi Peneliitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017)

Mubarok, Jaih dan Hasanudin, Fiqh Muamalah Maliyyah Akad Jual Beli (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017).

Muhamad, Manajemen Pembiayaan Bank Syariah, (Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2016)

Muhfid, Moh Usul Fiqh Ekonomi dan Keuangan Kontemporer Dari Teori Keaplikasi, (Jakarta: Prenadamedia, 2018)

Mustofa, Imam, Fiqh Mu’amalah Kontemporer, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016)

Putra, Ghanda Sunaryo dan Selviana, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepemilikan Jamban Sehat di Desa Kempakan Kecamatan Kayanhulu,†Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa Universitas Muhammadiyah Pontianak. Vol. 4 No. 3, Tahun 2017.

Sahroni, Oni dan M. Hasanudin, Fiqh Mualamah: Dinamika Teori Akad dan Implementasinya dalam Ekonomi Syariah, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016)

Downloads

Published

2020-12-14

How to Cite

Awaliyah, N., Suharno, H., & Safitriawati, T. (2020). IMPLEMENTASI AKAD ISTISHNA’ PADA PRODUK PEMBIAYAAN SKIM MIKRO TATA SANITASI DI KOPERASI SYARIAH BENTENG MIKRO INDONESIA. EKONOMI BISNIS, 26(2), 367–377. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/1046