Analisis Strategi Persaingan Transportasi Online Yang Berbasis Aplikasi Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Utri Safri Yetmi Universitas Andalas Padang
  • Yosi Safri Yetmi Universitas Islam Syekh Yusuf

Keywords:

Transportasi Online, Gojek, Game Theory

Abstract

Transportasi online saat ini menjadi transportasi yang banyak dinikmati oleh masyarakat sebagai sarana untuk bepergian karena dapat mempermudah konsumen dengan akses kemanapun. Dengan memiliki aplikasi, konsumen dapat dengan mudah menggunakan layanan yang telah disediakan. Salah satu transportasi online yang berbasis aplikasi adalah Gojek dan Grab. Sarana transportasi online ini dipertimbangkan sehingga dapat diterima oleh masyarakat yang mempercayai dan menggunakan jasa transportasi tersebut karena memiliki banyak fitur atau layanan yang disediakan. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 berdampak sangat besar terhadap kedua transportasi online ini, terutama pada layanan Goride dan Gobike karena masyarakat sangat takut untuk bepergian dikarenakan penyebaran dari virus. Dengan menggunakan analisis Game theory pure strategi dan mixed strategi yang menggunakan linear programming untuk memperoleh kondisi optimal,bagaimana kedua transportasi online ini dapat bersaing agar tetap bertahan dimasa Covid 19. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar pada pengguna Gojek dan Grab di Kota Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan dimenangkan oleh transportasi online Gojek dan kondisi optimal yang dimiliki oleh kedua pemain berada pada keamanan dan system pembayaran baik pada Gojek maupun pada Grab yang artinya kondisi ini merupakan kondisi dimana kedua pemain medapatkan masing-masing keuntungan.

References

<ol><li>Affandi P. 2011. Penerapan Program Linier Pada Permainan Non Kooperatif. Jurnal Matematika Murni dan Terapan. Vol 5. No.2. Hal 1-12</li><li>Chandra T. 2015 Penerapan Algoritma simpleks dalam aplikasi penyelesaian masalah program linear. Jurnal TIMES 4(1):2337-3601.</li><li>Charmichael, Fiona (2005). A Guide to game Theory, [E-book]. </li><li>Fox, William P. 2016. Applied Game Theory to Improve Strategic and Tactical Military Decisions. Journal of Defense Management. 6: 147.</li><li>Gibbons Robbert. 1992. Game Theory for applied Economist. Published Princeton university press, 41 william street. press, new jersey</li><li>Hong Pham Vang, Nguyen Thanh Thuy, 2020. Factors affecting marketing strategy of logistics business – Case ofVietnam. The Asian Journal of Shipping and Logistics.</li><li>Jatmiko, dwi Leo, 2020. Gojek dan Grab menghadapi pandemic Covid-19. Bisnis.com, Jakarta</li><li>Khedekar, M D., Yadav S N. 2016. Two-Person Zero-Sum Game using MAX-MIN Approximation. International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication. 4: 897-905.</li><li>Konečný, V., Brídziková, M., Gažo, P., Semanová, Š., 2019. The Influence of Demographic Development and Population Structure on the Demand for Public Passenger Transport. LOGI – Scientific Journal on Transport and Logistics 10.2, 70–81. DOI: 10.2478/logi-2019-0017.</li><li>Mas-Colell, A. Whinston, M.D., dan J.R Green. 1995. Microeconomic Theory.Oxford University Press.</li><li>Septiyani, H.I. 2007. Analisis Teori Permainan dan ekuilibrium Nash pada simulasi lenag (auction) pasar listrik. Skripsi. Bandung: </li><li>Skrúcaný T., Kendra M., Stopka O., Milojević S., Figlus T., Csiszár C., 2019. Impact of the Electric Mobility Implementation on the Greenhouse Gases Production in Central European Countries. Sustainability 11.18, Article no. 4948. DOI: 10.3390/su11184948. </li><li>Staphleton. (2007).Marketing Strategy Opimization: Using LinearProgramming to Establish an Optimal Marketing Mixture. American Business. Review 21(2). Hal 54-62</li><li>Varian, Hal R. 1999. Intermediate Microeconomics; A modern Approach 5th Edition. New York:W.W Norton Company</li><li>Yasukawa, K. 2010. Game Theory. Reference Module in Life Sciences Journal. Halaman 1:5.</li></ol>

Downloads

Published

2021-06-07

How to Cite

Yetmi, U. S., & Yetmi, Y. S. (2021). Analisis Strategi Persaingan Transportasi Online Yang Berbasis Aplikasi Selama Pandemi Covid-19. EKONOMI BISNIS, 27(1), 601–615. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/2110