PENGARUH PAJAK HOTEL, RESTORAN DAN REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN TANGERANG (PERIODE 2011-2015)
DOI:
https://doi.org/10.35592/jeb.v27i2.2283Keywords:
Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pendapatan Asli DaerahAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerimaan Pajak Hotel, Restoran dan Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah.Penelitian menggunakan data Laporan Realisasi Anggaran yang diambil selama kurun waktu 5 tahun (2011– 2015).Data-data tersebut diperoleh dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang dengan jumlah 240 data. Nilai regresi linier berganda adalah sebesar Y = -54190913820.000 + 63.102X1 + 4.475X2 + 30.643X3 yang berarti bahwa setiap penambahan 1 Pajak Hotel maka Pendapatan Asli Daerah meningkat sebesar 63.102, setiap penambahan 1 Pajak Restoran maka Pendapatan Asli Daerah meningkat sebesar 4.475, bahwa setiap penambahan 1 Pajak Reklame maka Pendapatan Asli Daerah meningkat sebesar sebesar 30.643. Nilai korelasi antara variabel penerimaan Pajak Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tangerang terdapat hubungan yang sangat kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,987.Nilai korelasi antara variabel penerimaan Pajak Restoran dan Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tangerang terdapat hubungan yang sangat kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,982. Hasil uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial variabel independen yaitu pajak hotel berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah (6,792 >2,00324), variabel pajak restoran berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah (2,966 >2,00324), dan variabel pajak reklame tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah (1,995 <2,00324). Hasil uji f menyatakan bahwa variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan asli daerah (1204,284>2,77). Hasil dari penerimaan Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Reklame berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah sebesar 98,5% dan sisanya 1,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian.