Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking di Kota Tangerang

Authors

  • Luthfi Nuraini Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.35592/jeb.v27i2.2290

Keywords:

Internet Banking, Technology Acceptance Model (TAM), Structural Equation Model (SEM)

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Perceived Useflness dan Perceived Ease of Use terhadap tindakan menggunakan internet banking. Kerangka konseptual telah dikembangkan dan mengacu pada teori akseptasi model (TAM). Kuesioner telah dikembangkan dan disebarkan kepada 300 responden yang semuanya adalah pengguna internet banking. Metode penelitian yang digunakan pada survey ini adalah Metode Peneltian Deskriptif Kuantitatif. Kerangka sampling yang digunakan dalam survei ini didistribusikan ke pengguna internet banking. Jadi dalam pengumpulan data primer, peneliti mendistribusikan 300 kuesioner dengan 300 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis teknik convinience Sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan program AMOS (Analysis of Moment Structure).

References

<ol><li>Chau et al. 2003. An Empirical Investigation of The Determinants of User Acceptance of Internet banking, Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce 13 (2), pp. 123-145.</li><li>Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Easy of Use, and User Acceptance of Informatiom Technology”, MIS Quarterly, Vol. 13, No. 5, pp. 319-339. </li><li>Hair et al. 2010. Multivariate Data Analysis, 7th ed. New York: Mcmillan</li><li>Haryono et al. 2012. Struktural Equation Modelling Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan Amos. Jawa Barat: PT. Intermedia Personalia Utama.</li><li>Kaleem, A., Saima,A. 2008. Banker’s Perception of Electronic Banking in Pakistan, Journal of Internet banking and Commerce, April, Vol. 13, No. 1, pp. 1-16.</li><li>Manzano, Joaquin A., Carlos I.N., Carla, R.M and Salva. 2009. Key Drivers of Internet banking Services Use, Online Information Review, Vol. 22, No. 4, pp. 672-695.</li><li>Rigopoulos., George., dan Askounis, D. 2007. A TAM Framework to Evaluate User’s Perception Toward Online Electronic Payments. Journal of Internet banking and Commerce, Desember, Vol. 12, No. 3, pp. 1-5.</li><li>Smith, P.H. 2012. .Structural Equation Modeling (Using Amos). Melbourne: SREAMS. </li><li>Walker, Rhett H., dan Lester W. J. 2006. Why Consumer Use and Do Not Use Technology-Enabled. Journal of Service Marketing, Vol. 20, No. 2, pp. 125-135.</li><li>Widarjono, A. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.</li><li>Yahyapour, N. 2008. Determining Factors Affecting Intention to Adopt Banking Recommender System, Case of Iran, Thesis, Lulea University of Technology Division of Industrial Marketing and E-commerce.</li><li>Yusof, Kuljis, & Papazafeiropoulou. 2008. An evaluation framework for health information systems: human, organization and technology-fit factors (HOT-fit). Int J Med Inf .</li></ol>

Downloads

Published

2021-12-11

How to Cite

Nuraini, L. (2021). Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking di Kota Tangerang. EKONOMI BISNIS, 27(2), 775–788. https://doi.org/10.35592/jeb.v27i2.2290