PENGARUH HALAL KNOWLEDGE, RELIGIUSITAS, SIKAP KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PRODUK KOSMETIK HALAL DALAM NEGERI STUDI KUANTITATIF DI LINGKUNGAN KOTA TANGERANG
Keywords:
Manajemen, Produk Halal, Perilaku Konsumen, Pengetahuan Produk, Pemasaran.Abstract
Mengkonsumsi produk halal merupakan masalah sosial yang ada di masyarakat dan menjadi tanggung jawab negara. Negara melalui pemerintah memiliki kewajiban untuk menjamin kehalalan suatu produk dan kejujuran para produsen. Saat ini masyarakat muslim sangat memperhatikan status kehalalan suatu produk karena kewajiban mentaati agama dan juga ilmunya. Peningkatan pertumbuhan industri kosmetik halal tercermin dari meningkatnya kesadaran konsumen terhadap bahan-bahan yang terkandung sebagai informasi yang mudah mereka dapatkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan permintaan produk halal adalah informasi dan pengetahuan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat pengetahuan dan religiusitas konsumen Generasi Z terhadap perilaku pembelian produk kosmetik halal dengan menggunakan Consumer Attitude sebagai variabel intervensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kosmetik halal generasi Z berasal dari Universitas Islam Sheikh-Yusuf Tangerang.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form yang kemudian data tersebut akan diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Perangkat pengolah data square (PLS) yang menggunakan metode random bootstrap atau perkalian untuk memastikan bahwa asumsi normalitas tidak menjadi masalah bagi PLS.