PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), EARNING PER SHARE (EPS),RETURN ON INVESMENT (ROI),PERTUMBUHAN PENJUALAN, DEVIDENT PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR KIMIA,KEMASAN DAN PLASTIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014)
DOI:
https://doi.org/10.35592/jeb.v25i1.288Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) Return on Invesment (ROI), Pertumbuhan Penjualan, dan Devident Payout Ratio (DPR) terhadap Nilai Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam pengamatan tahun 2010 – 2014. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Econometric Views (Eviews) versi 8 untuk 65 memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari duapuluh dua (22) perusahaan manufaktur kelompok Sektor kimia,plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam pengamatan 2010 sampai dengan 2014 dengan metode purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) Return on Invesment (ROI) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (5) Devident Per Share (DPR) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Hasil analisis regresi secara simultan diperoleh hasil bahwa Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan Return on Invesment (ROI) dan Devident Per Share (DPR) secara tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan
Kata kunci : Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Return on Invesment (ROI), Pertumbuhan Penjualan ,Devident Per Share (DPR), Nilai Perusahaan
References
Alexander, Gordon J, William F. Sharpe and Jeffery V Bailey.2000. Fundamentals of Investment. 3rd ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc
Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.
Husnan, Suad. 2008, Manajemen Keuangan: Teori dan Penerapan Buku 1, Edisi 4, BPFE Yogyakarta
Ista Yansi Rinnaya, Rita Andini dan Abrar Oemar, (2006), Pengaruh Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2014),Journal Of
Accounting, Volume 2 No.2
D. Irayanti., A.L. Tumbel (2014), Analisis Kinerja Keuangan Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Makanan dan Minuman di BEI, Jurnal EMBA Vol.2 No.3 ISSN 2303-1174 Irvaniawati danSri Utiyati (2014), Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Investasi, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 6
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Sartono, 2010 Sartono, Agus. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEF-YOGYAKARTA, 2010.