PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEND, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Lely Syafawi Universitas IslamSyekh Yusuf Tangerang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Dividend (KD), Likuiditas yang diproksikan oleh Current Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) dan Leverage (LG),  secara parsial dan  simultan terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima tahun yaitu mulai tahun 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan  yang tergabung dalam perusahaan LQ 45  yang  sudah  dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia  periode  2011-2015.  Sampel  diambil  dengan  menggunakan  metode Purposive Sampling, dari  populasi  sebanyak  45 perusahaan  diperoleh 10 perusahaan  sebagai  sampel. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa secara parsial Kebijakan Dividend, Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR) dan Leverage berpengaruh tidak siginifikan terhadap  nilai  perusahaan. Berdasarkan hasil uji F, secara simultan  kebijakan dividen (KD), Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR) dan Leverage (LG)  terhadap nilai perusahaan. Hal ini  ditunjukkan  oleh nilai F  hitung  sebesar  1.259  dan  nilai  signifikansi  0,395.  Nilai koefisien  determinasi  (adjusted R2)  sebesar  0,103  menunjukkan  bahwa  pengaruh kebijakan dividen (KD), Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR) dan Leverage (LG) terhadap nilai perusahaan sebesar 10,3%, dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Nilai perusahaan, Kebijakan Dividend, Current Ratio, Quick Ratio dan Leverage

References

Hidayah, Norma. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kebijakan Dividend terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (5), 9.

Meilani, W.P. (2014). Pengaruh Deviden Payout Ratio (DPR), debt equity ratio (DER), return aseet (ROA), dan Size Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. e-Journal. Tanjung Pinang; Univ. Maritim Raja Ali Haji

Novari, Mikhy & Lestari, Vivi. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada sektor Properti dan real Estate. E-Jurna Manajemen Unud (5),9.

Nugroho, A.W. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Muhammdiyah Surakarta

Nurminda, et.al. (2017). Pengaruh Profitabilitas,Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. E-Proceeding Management. Universitas Telkom

Ogolmagai, Natalia (2013). Leverage pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Manufaktur yang Go Public di Indonesia. Junal EMBA(1). 3. Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Prastuti & Sudiarta (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakn Dividend dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur.e-journal Management.Universitas Udayana Bali

Priyatno, Duwi. (2008). Mandiri Belajar SPSS.Yogyakarta:Mediakom.

Putri et al, (2016) . Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Malang: Universitas Brawijaya

Salvatore, Dominick. (2011). Managerial Economics. Jakarta: Salemba Empat.

Sambora, et.al. (2014). Pengaruh leverage dan profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (8),1. Februari.

Sembiring & Pakpahan. (2010). Pengaruh Kebijakan Dividend Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bandung;Akuntansi Politeknik Negeri Bandung

Wahyudi, et.al .(2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividend dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.Univ. Muhammdiyah Surakarta.

Brigham, Eugene F. And Houston. (2001). “Manajemen Keuangan:, Edisi 8. Erlangga : Jakarta

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Syafawi, L. (2020). PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEND, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. EKONOMI BISNIS, 25(2), 131–138. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/426