MANFAAT INFORMASI AKUNTANSI, REVISI KEYAKINAN DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP ENTREPRENEURIAL INTENTION

Authors

  • Hartiningsih Astuti Universitas Bojonegoro, Kota Bojonegoro
  • Moehadi Universitas Bojonegoro, Kota Bojonegoro
  • Andy Afnan Arnanto Universitas Bojonegoro, Kota Bojonegoro
  • Siti Alfiyana Universitas Bojonegoro, Kota Bojonegoro

Keywords:

Niat Berwirausaha, Manfaat Informasi Akuntansi, Norma Subjektif, Revisi Keyakinan

Abstract

Entrepreneurial intention sangat penting bagi mahasiswa karena mencerminkan dorongan untuk menjadi wirausaha. Kondisi tersebut dapat membantu mahasiswa mengembangkan kreativitas, keberanian mengambil risiko, dan adaptasi serta keterampilan yang penting dalam dunia bisnis. Niat berwirausaha juga merangsang sikap proaktif, kemandirian, dan semangat mengatasi tantangan. Sehingga tidak hanya membuka peluang karir dan ekonomi pribadi, tetapi juga berkontribusi pada inovasi dan pertumbuhan ekonomi secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi entrepreneurial intention pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro. Metode penelitian ini dilakukan dengan analisis kuantitatif deskriptif melalui data primer berupa kuesioner yang diukur dengan skala likert. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 79 sampel yang di tentukan menggunakan pendekatan slovin. Hasil penelitian menemukan bahwa manfaat informasi akuntansi, revisi keyakinan dan norma subjektif berpengaruh signifikan dan positif terhadap entrepreneurial intention baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi secara empiris bahwa entrepreneurial intention dapat ditentukan melalui faktor manfaat informasi akuntansi, revisi keyakinan dan norma subjektif.

 

References

Adhiputra, M. W. (2018). Karir Plateau Dan Intensi Berwirausaha (Kajian Empiris). Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 1.

Adi, F., Sumarwan, U., & Fahmi, I. (2017). Pengaruh faktor sikap, norma subjektif, demografi, sosioekonomi serta literasi keuangan syariah dan konvensional terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Al-Muzara’ah, 5(1), 1–20.

Ahmad, M. I. S. (2023). BAB 4 KEPENDUDUKAN DAN TENAGA KERJA REVITALISASI PEMBANGUNAN EKONOMI. Revitalisasi Ekonomi Pembangunan, 37.

Bafadhal, A. S. (2018). Perencanaan Bisnis Pariwisata: Pendekatan Lean Planning. Universitas Brawijaya Press.

Dewi, S. K. S. (2017). Konsep dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Deepublish.

Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh literasi digital, efikasi diri, lingkungan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa dalam e-business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198–1215.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 2(03), 291–314.

Irman, M., Lukas, L., & Hayati, R. (2022). PENGARUH MANFAAT INFORMASI AKUNTANSI DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP REVISI KEYAKINAN YANG DAPAT MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PELITA INDONESIA FAKULTAS BISNIS TAHUN 2020 BERINVESTASI DI BEI. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 7(1), 19–31.

Iskandar, M., Anwar, K., & Suhaili, A. K. (2017). Sistem Informasi Akuntansi. Madenatera. Medan.

Khamimah, W. (2021). Peran kewirausahaan dalam memajukan perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228–240.

Kurniawati, E. F. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMK PGRI Bojonegoro Tahun Ajaran 2018-2019. IKIP PGRI BOJONEGORO.

Langoday, T. O. (2023). KEWIRAUSAHAAN DAN ETIKA BISNIS: Pengantar Untuk MENGUBAH MINDSET Generasi Muda Menjadi ENTREPRENUER SUCCESS. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Marhaban, M. (2017). Strategi Prodi Manajemen Keuangan Syariah dalam Mengembangkan Minat Mahasiswa Berwirausaha. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 1(2).

Maulana, A. S. (2020). Kewirausahaan (Entrepreneurship) dalam Pandangan Islam (Historis-Politik dan Ekonomi). Penerbit NEM.

Maulana, H., & Gumelar, G. (2013). Psikologi komunikasi dan persuasi. Jakarta: Akademia Permata, 113.

Mirawati, N. M., Wardana, I. M., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Keperilakuan, terhadap Niat Siswa SMK di Kota Denpasar untuk Menjadi Wirausaha. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(7), 1981–2010.

Muslim, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Nurillah, A. S., & Muid, D. (2014). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah (sakd), pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (studi empiris pada skpd kota depok). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Nurmala, I., & KM, S. (2020). Promosi kesehatan. Airlangga University Press.

Nuryana, F. (2016). Pengaruh sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku terhadap niat kepatuhan muzakki pegawai negeri sipil (PNS) dalam membayar zakat profesi pada badan amil zakat (Baz) Kabupaten Sumenep”. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 13(2), 383–416.

Pakpahan, M., Kom, S., & AP, M. (2013). Materi Kuliah Kewirausahaan. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi kreatif pilar pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Rizali, A. E. N. (2020). Intelektualitas Dan Kreativitas Desainer Sebagai Peluang Meningkatkan Industri Kreatif. Seminar Nasional Envisi, 1–16.

Salisa, N. R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182.

Simanihuruk, P. (2020). Pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap minat berwirausaha dengan pendekatan theory of planned behaviour (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas SU). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 119–140.

Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen), 1(1), 337–380.

Sukmaningrum, S., & Rahardjo, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa Menggunakan Theory Of Planned Behavior (Studi Pada Mahasiswa Pelaku Wirausaha Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal Of Management, 6(3), 471–482.

Supriadi, I. (2020). Metode riset akuntansi. Deepublish.

Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi keperilakuan. Ugm Press.

Susilo, J. H., Wuryaningsih, & Kholilurrohman, M. (2019). Perilaku gaya hidup generasi muda dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Investasi Islam, 4(1), 1–18.

Syafruddin, S. E., Periansya, S. E., Farida, E. A., Nanang Tawaf, S. T., Palupi, F. H., St, S., Butarbutar, D. J. A., Se, S., & Satriadi, S. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Rey Media Grafika.

Tampubolon, H. (2016). Strategi manajemen sumber daya manusia dan perannya dalam pengembangan keunggulan bersaing. Papas Sinar Sinanti.

Ulum, M. C. (2016). Perilaku organisasi menuju orientasi pemberdayaan. Universitas Brawijaya Press.

Widiastuti, R., & Laksito, H. (2014). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pajak Bumi Dan Bangunan (P-2)(Studi pada WPOP di Kabupaten Klaten). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 985–999.

Yulianto, B. (2020). Perilaku Pengguna APD Sebagai Alternatif Meningkatkan Kinerja Karyawan Yang Terpapar Bising Intensitas Tinggi. Scopindo Media Pustaka.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Astuti, H., Moehadi, Afnan Arnanto, A. ., & Alfiyana, S. . (2024). MANFAAT INFORMASI AKUNTANSI, REVISI KEYAKINAN DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP ENTREPRENEURIAL INTENTION. EKONOMI BISNIS, 30(1), 1–14. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/4312