PENGARUH KUALITAS SISTEM ELEKTRONIK PERPAJAKAN, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN, KEAMANAN DAN KERAHASIAAN INFORMASI WAJIB PAJAK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

Authors

  • Zelika Ma’rifa Berlyanki Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang
  • Rida Ristiyana Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang
  • Srie Nuning Mulatsih Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang

Keywords:

Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Keamanan dan Kerahasiaan, Kepuasan Pengguna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, keamanan dan kerahasiaan informasi wajib pajak terhadap kepuasan pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Tangerang Timur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 wajib pajak di KPP Pratama Tangerang Timur yang sudah menggunakan sistem elektronik perpajakan. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik pengukuran adalah skala likert dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas sistem, kualitas layanan serta keamanan dan kerahasiaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan secara parsial variabel kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Secara simultan menunjukan bahwa variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, keamanan dan kerahasiaan informasi wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna

References

Ghazali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. Universitas Diponegoro.

Ginting dan Marlina. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaann dan Persepsi Manfaat Terhadap Kepuasan Pengguna fasilitas e-Filling. Bandung. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI.

Haryadi. (2009). Administrasi Perkantoran. Jakarta. Transmedia Pustaka.

Kaihatu, dkk. (2016). Manajemen Komplai. Yogyakarta. Andi Offset.

Khairunnisa dan Yunanto. 2017. Pengaruh Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna dan Manfaat Bersih pada Implementasi e-Faktur: Validasi Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean. Jakarta. Universitas Gunadarma.

Maryani. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengunaan e- Filling. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ningrum dan Andi. 2016. Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, Kerahasiaan dan Kepuasan Wajib Pajak

Pengguna e-Filling. Banten. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Pawirosumarto. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem e-Learning. Jakarta. Universitas Mercu Buana.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-41/PJ/2015 Tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online Direktur Jenderal Pajak.

Resmi. (2016). Perpajakan: Teori dan Kasus. Jakarta. Salemba Empat.

Santosa. (2009). Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta. Andi Offset.

Sari. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Kualitas Sistem e-Filling Terhadap Kepuasan Pengguna Wajib Pajak. Garut. Universitas Komputer Indonesia.

Sari dan Rasmini. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Elektronik Perpajakan dan Kompetensi Pegawai Pajak pada Kepuasan Wajib Pajak. Bali. Universitas Udayana.

Simamora. 2009. Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak atas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Bogor. Fakultas Ekonomi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitf dan R &D. Bandung. Alfabeta.

Syafariani dan Nadeak. 2012. Peranan Kualitas Sistem e-RegistrationTerhadap Kepuasan Pengguna dan Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cimahi. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Titis dan Wina. 2011. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak untuk Menggunakan e-Filling. Semarang. Universitas Diponegoro.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang- Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Widyadinata dan Toly. 2014. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, dan Kerahasiaan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pengguna e-Filing. Surabaya. Universitas Kristen Petra.

Wulandari, dkk. 2016. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Keamanan dan Kerahasiaan dan Kenyamanan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan e-Filling. Jawa Tengah. Universitas Widya Dharma Klaten.SITASI.http://ejurnal.lppmunsera.org/i ndex.php/Akuntansi/article/view

/671 (Tentang Studi Empiris Persepsi Kantor Akuntan Publik Terhadap Peranan Karakteristik Soft Skill Lulusan Akuntansi, diakses pada tanggal 19 Agustus 2019)

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ma’rifa Berlyanki, Z., Ristiyana, R. ., & Nuning Mulatsih , S. . (2024). PENGARUH KUALITAS SISTEM ELEKTRONIK PERPAJAKAN, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN, KEAMANAN DAN KERAHASIAAN INFORMASI WAJIB PAJAK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA . EKONOMI BISNIS, 30(1), 43–62. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/5168