ANTESEDEN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE KONSUMEN ALFACART

Authors

  • Bagus Manunggal Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.35592/jeb.v26i1.662

Keywords:

ecommerce, Alfacart, Keputusan Pembelian

Abstract

Pada pertengahan tahun 2017, Alfacart menyesuaikan model bisnisnya menjadi hanya berfokus pada penjualan produk-produk groceries. Penyesuaian tersebut berimbas pada pengurangan karyawan sekitar 50%. Data iprice.co.id pada Q4 2017 menunjukkan Alfacart hanya menempati peringkat 18 dari keseluruhan e-commerce yang ada di Indonesia. Kondisi tersebut diperparah dengan adanya penurunan daya beli oleh masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis ingin mengkonfirmasi korelasi dari kualitas website, kepercayaan konsumen, dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian di Alfacart, baik korelasi parsial maupun korelasi keseluruhannya. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah berbelanja di Alfacart yang peneliti ambil secara acak. Penulis memanfaatkan Google Form untuk membuat kuesioner agar mudah dalam menjangkau responden dan memudahkan responden untuk mengisi kuesioner. Analisa yang penulis gunakan adalah korelasi Spearman dengan bantuan Microsoft Excel 2013. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang cukup signifikan antara kualitas website, kepercayaan konsumen, dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian oleh konsumen, baik pada korelasi parsial maupun korelasi keseluruhan

References

Afshardost, M. (2013). Linking trust, perceived website quality, privacy protection, gender and online purchase intentions. IOSR Journal of Business and Management. https://doi.org/10.9790/487x-1346372

Andreas, D. (2017). Penurunan Daya Beli atau Peralihan Pola Belanja? - Tirto.ID. https://tirto.id/penurunan-daya-beli-atau-peralihan-pola-belanja-cx7Z

Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing, 65(2), 81–93. https://doi.org/10.1509/jmkg.65.2.81.18255

Devaraj, S., Fan, M., & Kohli, R. (2003). E-loyalty. Communications of the ACM, 46(9), 184. https://doi.org/10.1145/903893.903936

Featherman, M. S. (2001). Extending the technology acceptance model by inclusion of perceived risk. 2001 Proceedings of Americas Conference on Information Systems.

iPrice Group Sdn Bhd. (2017). Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2017. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Khairani, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan Kualitas Informasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Melalui Media Sosial ( Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi STIE MDP ). Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/22. Siti Khairani (hal 305-314)_0.pdf

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management, Global Edition. Pearson Education Limited. https://books.google.co.id/books?id=o5YZCgAAQBAJ

Kuang Chi, H., University, N., Huery Ren Yeh, T., Chien University, S., Ya Ting Yang, T., & Student, G. (2009). The Impact of Brand Awareness on Consumer Purchase Intention: The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Loyalty. In The Journal of International Management Studies (Vol. 4, Issue 1).

Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The effects of shopping orientations, online trust and prior online purchase experience toward customers’ online purchase intention. International Business Research, 3(3), 63. http://www.pole-starschool.com/download/routine039.pdf

Loiacono, E. T., Watson, R. T., & Goodhue, D. L. (2004). Web qual: a measure of website quality. Proceedings of the Winter Educator’s Conference, American Marketing Association, Chicago, 432–437.

Perreault, W. D., & McCarthy, E. J. (2002). Basic marketing: A global managerial approach. McGraw-Hill/Irwin.

Poddar, A., Donthu, N., & Wei, Y. (2009). Web site customer orientations, Web site quality, and purchase intentions: The role of Web site personality. Journal of Business Research, 62(4), 441–450. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2008.01.036

Pratama, A. H. (2017). Ubah Model Bisnis, Alfacart Pecat CEO dan Ratusan Karyawan. https://id.techinasia.com/ubah-model-bisnis-alfacart-pecat-ceo-dan-ratusan-karyawan

Putri, W. D. (2016). Bertransformasi dari Alfaonline, Alfacart.com Jajaki Marketplace | Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/16/06/04/o884t4359-bertransformasi-dari-alfaonline-alfacartcom-jajaki-marketplace

Rozekhi, N. A., Hussin, S., & Noor, A. M. (2016). Attributable E-commerce toward Purchase Intention: Online Search of Food Product. The SIJ Transactions on Advances in Space Research & Earth Exploration. https://doi.org/10.9756/sijasree/v4i1/0203410401

Santhika, E. (2017). Gagal, Alfacart Rumahkan 50 Persen Karyawan. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170622141508-185-223570/gagal-alfacart-rumahkan-50-persen-karyawan

van der Heijden, H., Verhagen, T., & Creemers, M. (2003). Understanding online purchase intentions: contributions from technology and trust perspectives. European Journal of Information Systems, 12(1), 41–48. https://doi.org/10.1057/palgrave.ejis.3000445

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Manunggal, B. (2020). ANTESEDEN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE KONSUMEN ALFACART. EKONOMI BISNIS, 26(1), 296–300. https://doi.org/10.35592/jeb.v26i1.662