https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/issue/feed JIPIS 2024-06-20T20:27:03+07:00 Nirna Nirmala nnirmala@unis.ac.id Open Journal Systems <p>JIPIS diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dengan. JIPIS terbit dua kali setiap tahun, yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember. JIPIS menerima artikel berbahasa Indonesia atau Inggris yang berupa hasil penelitian maupun telaah teoritis di bidang ilmu pendidikan dan ilmu sosial. P-ISSN 0216-2830 E-ISSN 2686-0147</p> https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4581 ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TEORI KASTOLAN 2024-02-15T13:56:47+07:00 Elsya Suharnita elsya.suharnita7717@grad.unri.ac.id Kartini Kartini kartini@gmail.com Sehatta Saragih ssaragih@gmail.com <p>Hambatan yang dialami peserta didik dalam belajar matematika menyebabkan terjadinya kesalahan saat menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesalahan peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan teori kastolan, yang terdiri dari kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 14 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023 yang meliputi 18 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, non tes, dan wawancara. Tes merupakan soal tentang materi luas permukaan bangun ruang sisi datar, dan non tes merupakan dokumentasi hasil jawaban peserta didik. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi yang lebih akurat mengenai pendapat peserta didik dalam menyelesaikan soal luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan tertinggi ada pada indikator menentukan luas permukaan limas. Persentase kesalahan tertinggi terdapat pada kesalahan konseptual. Kesalahan ini disebabkan peserta didik cenderung menghafal rumus, belum dapat membedakan antar bangun ruang sisi datar lainnya, dan peserta didik tidak memahami konsep luas permukaan bangun ruang sisi datar.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4637 UTILIZING ENGLISH SONGS TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING SKILL 2024-04-19T06:15:41+07:00 Irmala Sukendra isukendra@gmail.com Hery Nuraini hery.nuraini@gmail.com Via Fadlilatunni’mah viafanimah@gmail.com <p>Listening is one of the four basic skills that students must master before learning a foreign language. According to Elmetaher (2021) listening can be a challenge because listening is a complex process. In addition, students have difficulties in listening English. The teacher should be found an appropriate learning strategy to improve students’ listening skills. Therefore, the research aims to determine the significant improvement of utilizing English songs to improve students' listening skills. Songs can create more interesting learning atmosphere. The populations of the research were tenth grade in one of the senior high schools in Tangerang and the samples were 30 students in the experimental class and 30 students in the control class. The research used quasi-experimental design. The writers used pre-test and post-test in each class to get the data. The writers used multiple choice test with three indicators contained. The indicators were word perception, word recognition, and comprehension. The collected data were analyzed by using independent sample t-test. The result of this research is there is a significant improvement. In conclusion, utilizing English songs can improve students' listening skills.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4779 PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN 2024-05-29T17:07:14+07:00 Mita Anzaningtyas 2307030022@students.unis.ac.id Jaka Mardiansyah 2307030017@students.unis.ac.id Dicky Ramdhan Prabowo 2307030004@students.unis.ac.id Erialdy Erialdy erialdy@unis.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa antara pengembangan karir, pemberian kompensasi terhadap loyalitas, memiliki kesinambungan yang dapat dibuktikan secara teori dan data. Penelitian tersebut mengunakan metode kuantitatif deskriptif, dan sampel dilakukan pada PT Hermen dengan teknik slovin didapatkan sebanyak 93 sample yang menjadi populasi dalam penelitian ini, untuk pengujian data mengunakan perantara Software SPSS 26 dengan dilakukannya proses validitas, reliabilitas dilanjut dengan asumsi klasik. Regresi Linear Berganda dilakukan sebagai penentu hasil penelitian dengan didapatkan hasil Uji T Nilai T X1 = 2,955 &gt; 1,661 maka berpengaruh positif dan nilai Sig = 0,004 &lt; 0,050 dikatakan signifikan, sedangkan Nilai T X2 = 0,565 &lt; 1,661 maka berpengaruh negatif dan nilai Sig = 0,573 &gt; 0,050 dikatakan tidak signifikan. secara bersama-sama Nilai F = 29,515 &gt; 2,70 = maka berpengaruh positif dan nilai Sig = 0.000 &lt; 0.050 = berpengaruh secara signifikan.</p> 2024-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4711 PERMAINAN GOBAK SODOR DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN JASMANI BAGI PESERTA DIDIK TBSM 2024-05-09T22:07:19+07:00 Rohmad Subagio 7782230021@untirta.ac.id Asep Muhyidin muhyidin21@untirta.ac.id Suroso Mukti Leksono sumule56@untirta.ac.id Ujang Jamaludin ujangjamaludin@untirta.ac.id <p><em>Traditional sports games are increasingly being marginalized by the presence of modern games such as Play Station and online games. Online games are generally played statically, which causes children to become indifferent to the environment, thus affecting children's social interactions. The impact is that children develop into shy, solitary and individualistic individuals. Physical education is an important part of the education given to students at school. The expected goal is to help students acquire the skills and physical fitness needed to live a healthy and active life. By implementing the traditional game gobak sodor, it is hoped that students will easily participate in physical education learning which includes character education, and students' skills and activeness will be further developed so as to make learning centered on students. This journal was written based on a literature study to explain that traditional games can not only encourage students to engage in social interaction between friends, but in accordance with the title above, the character of students in physical education can also be formed through traditional games. For this reason, traditional games have a very important role in forming students' characters such as independence, creativity and working together, because this behavior has become an achievement in the world of education and preserving Indonesian culture.</em></p> <p><strong><em>Keywords: Gobak Sodor game, character, physical education</em></strong></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4838 INTEGRASI PENGAPLIKASIAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) 2024-06-20T20:27:03+07:00 Bening Mujianti Rahayu 7782230023@untirta.ac.id Hery Nuraini 7782230025@untirta.ac.id Sholeh Hidayat sholeh.hidayat@untirta.ac.id Luluk Asmawati lulukasmawati@untirta.ac.id <p>Proses pembelajaran menjadi hal krusial dalam ketercapaian tujuan pembelajaran pada suatu mata pelajaran. Pemilihan dan penggunaan model serta media pembelajaran yang baik diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek memfasilitasi para pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah dianalisis berdasarkan kebutuhan peserta didik. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan penguasaan perangkat teknologi oleh siswa yang berujung pada peningkatan prestasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi integrasi pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran berbasis proyek (<em>Project-Based Learning</em>). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan menggunakan penelitian terdahulu sebagai acuan untuk melakukan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara konsisten mendukung gagasan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang efektif dan inovatif yang secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa dalam mengintegrasikan teknologi pada proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran berbasis proyek peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam berkomunikasi, memecahkan masalah, kreatif, dan mampu berpikir kritis.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024