JIPIS https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS <p>JIPIS diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dengan. JIPIS terbit dua kali setiap tahun, yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember. JIPIS menerima artikel berbahasa Indonesia atau Inggris yang berupa hasil penelitian maupun telaah teoritis di bidang ilmu pendidikan dan ilmu sosial. P-ISSN 0216-2830 E-ISSN 2686-0147</p> en-US nnirmala@unis.ac.id (Nirna Nirmala) tramalia@unis.ac.id (Tenia Ramalia) Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Kesalahan Peserta Didik pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Teori Kastolan https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4581 <p>Hambatan yang dialami peserta didik dalam belajar matematika menyebabkan &nbsp;terjadinya kesalahan saat menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesalahan peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan teori kastolan, yang terdiri dari kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 14 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023 yang meliputi 18 peserta didik.&nbsp; Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, non tes, dan wawancara. Tes merupakan soal tentang materi luas permukaan bangun ruang sisi datar, dan non tes merupakan dokumentasi hasil jawaban peserta didik. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi yang lebih akurat mengenai pendapat peserta didik dalam menyelesaikan soal luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan tertinggi ada pada indikator menentukan luas permukaan limas. Persentase kesalahan tertinggi terdapat pada kesalahan konseptual. Kesalahan ini disebabkan peserta didik cenderung menghafal rumus, belum dapat membedakan antar bangun ruang sisi datar lainnya, dan peserta didik tidak memahami konsep luas permukaan bangun ruang sisi datar.</p> Elsya Suharnita, Kartini Kartini, Sehatta Saragih Hak Cipta (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4581 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 UTILIZING ENGLISH SONGS TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING SKILL https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4637 <p>Mendengarkan merupakan salah satu dari empat keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa sebelum belajar bahasa asing. Menurut Elmetaher (2021) mendengarkan dapat menjadi tantangan karena mendengarkan merupakan proses yang kompleks. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam mendengarkan bahasa Inggris. Guru harus menemukan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang signifikan dalam pemanfaatan lagu berbahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Lagu dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA di Tangerang dan sampelnya adalah 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Penulis menggunakan pre-test dan post-test di setiap kelas untuk mendapatkan data. Penulis menggunakan tes pilihan ganda dengan tiga indikator yang terkandung. Indikatornya adalah persepsi kata, pengenalan kata, dan pemahaman. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan yang signifikan. Kesimpulannya, pemanfaatan lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa.</p> Irmala Sukendra, Hery Nuraini, Via Fadlilatunni’mah Hak Cipta (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4637 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Pengembangan Karir dan Pemberian Kompensasi terhadap Loyalitas Karyawan https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4779 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa antara pengembangan karir, pemberian kompensasi terhadap loyalitas, memiliki kesinambungan yang dapat dibuktikan secara teori dan data. Penelitian tersebut mengunakan metode kuantitatif deskriptif, dan sampel dilakukan pada PT Hermen dengan teknik slovin didapatkan sebanyak 93 sample yang menjadi populasi dalam penelitian ini, untuk pengujian data mengunakan perantara Software SPSS 26 dengan dilakukannya proses validitas, reliabilitas dilanjut dengan asumsi klasik. Regresi Linear Berganda dilakukan sebagai penentu hasil penelitian dengan didapatkan hasil Uji T Nilai T X1 = 2,955 &gt; 1,661 maka berpengaruh positif dan nilai Sig = 0,004 &lt; 0,050 dikatakan signifikan, sedangkan Nilai T X2 = 0,565 &lt; 1,661 maka berpengaruh negatif dan nilai Sig = 0,573 &gt; 0,050 dikatakan tidak signifikan. secara bersama-sama Nilai F = 29,515 &gt; 2,70 = maka berpengaruh positif dan nilai Sig = 0.000 &lt; 0.050 = berpengaruh secara signifikan.</p> Mita Anzaningtyas, Jaka Mardiansyah, Dicky Ramdhan Prabowo, Erialdy Erialdy Hak Cipta (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4779 Sat, 30 Mar 2024 00:00:00 +0700 PERMAINAN GOBAK SODOR DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN JASMANI BAGI PESERTA DIDIK TBSM https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4711 <p>Permainan olahraga tradisional semakin tersisihkan dengan adanya <em>game modern </em>seperti <em>play station </em>dan <em>game online</em>. <em>Game online </em>umumnya dimainkan secara statis, yang menyebabkan anak menjadi tidak peduli pada lingkungan sehingga mempengaruhi interaksi sosial anak. Dampaknya, perkembangan anak menjadi individu yang pemalu, penyendiri, dan individualistis. Pendidikan jasmani merupakan salah satu bagian penting dari pendidikan yang diberikan kepada peserta didik di sekolah. Tujuan yang diharapkan adalah untuk membantu peserta didik memperoleh keterampilan dan kebugaran tubuh yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan yang sehat dan aktif. Dengan menerapkan permainan tradisional gobak sodor, diharapkan peserta didik akan dengan mudah mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani yang di dalamnya terdapat pendidikan karakter, serta keterampilan dan keaktifan peserta didik akan dikembangkan lebih lanjut sehingga membuat pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jurnal ini ditulis berdasar pada studi pustaka untuk menjelaskan bahwa permainan tradisional bukan hanya dapat mendorong peseta didik dalam berinteraksi social antar teman, tetapi sesuai dengan judul di atas bahwa karakter peserta didik dalam pendidikan jasmani juga dapat dibentuk melalui permainan tradisional. Untuk itu, permainan tradisional memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik seperti mandiri, kreatif dan bergotong-royong, sebab perilaku tersebut sudah menjadi prestasi dalam dunia pendidikan dan pelestarian kebudayaan Indonesia.</p> <p><strong>Kata kunci :<em> permainan gobak sodor, karakter, pendidikan jasmani</em></strong></p> Rohmad Subagio, Asep Muhyidin, Suroso Mukti Leksono, Ujang Jamaludin Hak Cipta (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4711 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700 INTEGRASI PENGAPLIKASIAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4838 <p>Proses pembelajaran menjadi hal krusial dalam ketercapaian tujuan pembelajaran pada suatu mata pelajaran. Pemilihan dan penggunaan model serta media pembelajaran yang baik diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek memfasilitasi para pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah dianalisis berdasarkan kebutuhan peserta didik. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan penguasaan perangkat teknologi oleh siswa yang berujung pada peningkatan prestasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi integrasi pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran berbasis proyek (<em>Project-Based Learning</em>). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan menggunakan penelitian terdahulu sebagai acuan untuk melakukan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara konsisten mendukung gagasan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang efektif dan inovatif yang secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa dalam mengintegrasikan teknologi pada proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran berbasis proyek peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam berkomunikasi, memecahkan masalah, kreatif, dan mampu berpikir kritis.</p> Bening Mujianti Rahayu, Hery Nuraini, Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati Hak Cipta (c) 2024 https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4838 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0700