Analisa Pengaruh Kultur Sekolah, Motivasi Ekstrinsik, Komitmen Yang Berdampak Pada Kinerja Guru

Authors

  • Sinta Risyani Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Agus Iwan Mulyanto Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Teuku Fajar Shadiq Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jp.v2i3.2174

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kultur Sekolah, Motivasi Ekstrinsik dan Komitmen terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Miftahul Khaer Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mengambil seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sampel yaitu sejumlah 65 responden. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Untuk analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis pengolahan data yang telah diuji dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji t menyatakan bahwa Kultur Sekolah berpengaruh negatif  dan tidak signifikan terhadap Kinerja Guru, Motivasi Ekstrinsik berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Guru dan Komitmen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Guru. Hasil Uji F terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kultur Sekolah, Motivasi Ekstrinsik, dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru, hal ini dibuktikan bahwa Fhitung>Ftabel (17,600 > 2,356) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan. Dengan demikian Ha4 diterima dan Ho4 ditolak.

 Kata kunci: Kultur Sekolah, Motivasi Ekstrinsik, Komitmen, Kinerja Guru

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles