Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Dengan Kepuasan Masyarakat Di Kota Tangerang

Authors

  • R. Ati Rosmiati Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Hardjito Darmono Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Teuku Fajar Shadiq Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Erialdy Erialdy Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jp.v3i1.2426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan kualitas pelayanan dan kepercayaan secara bersama-sama dengan kepuasan masyarakat di Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey, tingkat eksplanasi asosiatif kausal. Populasi yang menjadi objek, yaitu penduduk Kecamatan Cinpondoh. Teknik sampling menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel yang mewakili untuk penelitian ini dari 5 kelurahan sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis dengan statistik inferensial. Hasil penelitian : (1) hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat,  nilai korelasi positif 0.610 memiliki tingkat hubungan dan nilai thitung (7.616) > ttabel (1,661), artinya kualitas pelayanan secara parsial memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kepuasan masyarakat; (2) hubungan kepercayaan dengan kepuasan masyarakat, nilai korelasi positif 0.733 memiliki tingkat hubungan kuat dan nilai thitung (10.658) > ttabel (1,661), artinya kepercayaan secara parsial memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kepuasan masyarakat; dan (3) hubungan kualitas pelayanan dan kepercayaan dengan kepuasan masyarakat, nilai korelasi berganda positif 0.767 memiliki tingkat hubungan kuat dan nilai F hitung  (69.489) > F tabel (1.39) atau dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05, artinya kualitas pelayanan dan kepercayaan secara simultan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kepuasan masyarakat di Kota Tangerang.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Masyarakat.

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles