Hubungan Antara Intensitas Pembinaan Karir Dan Motivasi Berprestasi Dengan Profesionalitas Dosen Di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik

Authors

  • Yuvensius Sepur Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • M. I. Suhifatullah Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Arfiyani Yulianti Fiyul Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jp.v3i1.2430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan intensitas pembinaan karir dengan profesionalitas dosen, hubungan motivasi berprestasi dengan profesionalitas dosen, dan hubungan intensitas pembinaan karir dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan profesionalitas dosen. Penelitian ini dilaksanakan di Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik, dengan menggunakan metode survei melalui google form. Populasi penelitian ini adalah dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik yang berjumlah 362 orang pada 22 Perguruan Tinggi. Sampel penelitian berjumlah 191 dosen yang didapat menggunakan perhitungan rumus Slovin dan sampel dipilih menggunakan metode random sampling. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan, yaitu: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara intensitas pembinaan karir dengan profesionalitas dosen di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik, dengan koefisien korelasi 0,568 > rtabel (rtabel = 0,142 pada α = 0,05);  2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara motivasi berprestasi dengan profesionalitas dosen di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik dengan koefisien korelasi 0,617 > rtabel (rtabel = 0,142 pada α = 0,05); dan 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara intensitas pembinaan karir dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan profesionalitas dosen di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik dengan koefisien korelasi 0,721 > rtabel (rtabel = 0,142 pada α = 0,05).

Kata Kunci: Intensitas Pembinaan Karir, Motivasi Berprestasi, Profesionalitas  Dosen

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles