ANALISIS SERTIFIKASI HALAL, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HERBAL HALAL (Studi Pada Konsumen Produk Herbal HPAI di Kota Tangerang)

Authors

  • Danang Hadi Sulaiman PASCASARJANA
  • Ruhiyat Taufik Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Teuku Fajar Shadiq Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jp.v3i2.2653

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sertifikasi halal, harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk herbal halal pada konsumen Produk HPAI di Kota Tangerang. Pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel yang mewakili sebanyak 125 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian : (1) sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk herbal halal; (2) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk herbal halal; (3) kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk herbal halal; (4) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk herbal halal; dan (5) sertifikasi halal, harga, kualitas produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk herbal halal Fhitung (110.948) > dari FTabel (1.36), korelasi berganda positif 0,883, koefisien determinasi 78,0%, sisanya 22.0% dipengaruhi oleh faktor lain, regresi berganda Ŷ= -3,276 + 0,354 + 0,391 + 0,099 + 0,379, diperkirakan setiap ada peningkatan 1 point variabel independen, akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 1 poin.

Kata Kunci: Sertifikasi halal, harga, kualitas produk, promosi, dan keputusan pembelian produk.

Downloads

Published

2022-07-11

Issue

Section

Articles