Implementasi Supervisi Kinerja Dan Inovasi Pembelajaran Guru Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.33592/jp.v3i2.2993Abstract
Tujuan umum dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengkaji implementasi supervisi kinerja guru dan inovasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar PPKn dan PAI dan PAI. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Teknis pengumpulan data yang dilakukan adalah angket/ kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi supervisi kinerja dan inovasi pembelajaran guru mata pelajaran PPKn dan PAI dinilai baik karena supervisi kinerja berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dan PAI, Inovasi Pembelajarn guru juga berpengaruh terhadap terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dan PAI , lalu apabila keduanya dilaksanakan dengan baik dan Bersama-sama ataupun beriringan hal ini dapat berpengaruh terhadap terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dan PAI.
Kata Kunci: Implementasi, Supervisi Kinerja, Inovasi Pembelajaran, Prestasi Belajar