Pengaruh Karakter Pimpinan Dan Interaksi Pegawai Terhadap Kualitas Layanan Publik

Authors

  • Irfan Syah Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Teuku Fajar Shadiq Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Erialdy Erialdy Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jp.v3i2.2996

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan karakter pimpinan terhadap kualitas layanan publik, pengaruh interaksi pegawai terhadap kualitas layanan publik serta pengaruh karakter pimpinan dan interaksi pegawai terhadap kualitas layanan publik. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis didapat 3 (tiga) kesimpulan hipotesis, yaitu hasil uji hipotesis dengan nilai t hitung > t tabel (4,328 > 2,032) menunjukkan bahwa terbukti ada pengaruh yang signifikan variabel karakter pimpinan (X1) terhadap kualitas layanan publik di tiga kelurahan se-kecamatan pinang. Hasil uji hipotesis dengan nilai t hitung > t tabel (4,181 > 2,032) menunjukkan bahwa terbukti ada pengaruh signifikan variabel interaksi pegawai (X2) terhadap kualitas layanan publik di 3 (tiga) Kelurahan se-Kecamatan Pinang. Dan hasil uji hipotesis secara simultan nilai F hitung > F Tabel (22,914 > 3,260) menunjukkan bahwa terbukti karakter pimpinan dan interaksi pegawai secara bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas layanan publik di 3 (tiga) kelurahan se-Kecamatan Pinang. Dari hasil perhitungan dan analisis hipotesis diatas   dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kualitas layanan publik dalam kaitannya layanan bantuan sosial maka dapat karakter pimpinan dalam satu instansi kelurahan harus mampu membangun interaksi yang baik pada bawahan yang akan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan sehingga akan mampu meningkatkan kualitas layanan publik.

 Kata kunci : Karakter Pimpian, Interaksi Pegawai Dan Kualitas Layanan Publik

Downloads

Published

2022-12-04

Issue

Section

Articles