https://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/issue/feedPROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIS2021-12-03T15:33:53+07:00Open Journal Systemshttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/19551-5 APAKAH PEMUTARAN LAGU MELALUI MEDIA YOUTUBE DAPAT MENINGKATKAN LISTENING SKILL SISWA2021-12-02T15:24:59+07:00Sheila Rizqi Nafia1805020053@students.unis.ac.id<p>Pada saat ini Bahasa inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang harus di kuasai oleh setiap orang. Dalam bahasa inggris terdapat 4 basic yang harus di kuasai yaitu : keterampilan membaca (reading), keterampilan menulis (writing), keterampilan berbicara (speaking) dan yang terakhir keterampilan mendengarkan (listening). Bahasa Inggris dapat di nyatakan sempurna jika ke empat basic tersebut dapat di kuasai. Pada penelitian ini penulis ingin memperdalam salah satu keterampilan berbahasa yaitu listening skill. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana penulis akan menganalisis data yang di dapat dari wawancara, peserta penelitian ini adalah siswa siswi kelas X Agama 2 MAN 3 kab.Tangerang yang berjumlah 16 orang diantaranya ada 11 perempuan, dan 5 laki-laki. cara mendapatkan data untuk penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan post-test. hasil dari penelitian ini adalah lagu dapat meningkatkan listening skill para siswa.</p>2021-12-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/19566-10 AUDIOBOOK MENJADI MEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS2021-12-03T14:12:15+07:00Adinda Mulia Fathonah1805020033@students.unis.ac.id<p>Pada saat ini, Teknologi adalah hal yang sering digunakan pendidik sebagai media ajar. Salah satu media aja yang digunakan adalah media audiobook untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini dilakukan terkait penerapan media teknologi dalam pembelajaran. Audiobook menjadi media yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan pasrtisipan 17 siswa yang meliputi 10 perempuan dan 7 laki-laki, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (Pra-eksperimen) untuk melihat perbandingan yang didapat sebelum dan sebelum belajar menggunkan media audiobook. Pada penelitian ini menggunakan perhitungan SPSS. Hasil yang di dapatkan adalah 0,21. Hal ini menunjukan bahwa signifikansi yang di dapatkan tidak berpengaruh. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan untuk para pendidik dalam belajar-mengajar menggunakan media.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/195711-13 EFEK PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SIMPLE PRESENT TENSE SISWA2021-12-03T14:14:19+07:00Rinaldi Zalwin1805020014@student.unis.ac.id<p><em>The simple present tense is the most basic form that must be mastered by second-semester students of the Islamic University Ogan Komering Ilir Kayuagung. In addition, students are also required to write paragraphs using the simple present tense based on the syllabus. However, most students still have difficulty using the simple present tense in writing paragraphs. Therefore, the aim of this study was to identify the most dominant student errors in using the simple present tense.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/195814-20 IMPROVE YOUR VOCABULARY BY WATCHING ONLINE VIDEOS THAT TEACH YOU HOW TO READ PROPERLY2021-12-03T14:15:02+07:00SRI MULYANIsrimulyaniyani028@gmail.com<p><em>Studi ini menjelaskan tentang Improve your vocabulary by watching online videos that teach you how to read properly. Materi (hari dan bulan) di kelas 4 SD. Rumusan masalah yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemanfaatan video online dalam meningkatkan keterampilan membaca (hari dan bulan)?, (2) Bagaimana kemampuan siswa untuk mengingat materi hari dan bulan tanpa menggunakan video online dan menggunakan video online?, (3) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca (hari dan bulan) tanpa video online dan menggunakan video online? . Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, hipotesisnya adalah (1) ada perbedaan yang signifikan penggunaan video online dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas IV SD (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan video online di kelas IV SD. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik : tes (pre-test dan post-test). Kemudian, semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa meningkat setelah menggunakan pembelajaran video online yang diterapkan dalam teaching time (hari dan bulan). Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata meningkat pada post-test (40 menjadi 80). Perhitungan u-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam menggunakan pembelajaran video online pada materi (hari dan bulan).</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/195921-24 IMPROVING STUDENTS ABILITY IN USING GIVING ADVICE SHOULD AND SHOULD NOT AND IMPROVEING VOCAB BY USING PICTURES2021-12-03T14:15:41+07:00Siti Sofwatul Kamaliakamaliasofwatul@gmail.com<p>Penelitian ini mendeskripsikan media gambar dalam pengajaran Giving Advice Should and Should not untuk pelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar MI Tarbiyah Islamiyah, Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang. Penelitian ini terdiri dari 13 orang partisipan yang merupakan siswa kelas V MI Tarbiyah Islamiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu: tes (pre-test dan post-test). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dapat mempengaruhi peningkatan siswa dalam belajar Giving Advice Should and Should Not untuk siswa EFL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pengajaran Giving Advice Should and Should Not menggunakan media gambar. Persepsi siswa terhadap penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran sangat positif, mereka mengatakan bahwa gambar dapat memmudahkan dalam mengenali pertanyaan yang mereka tidak pahami.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196025-32 IMPROVING STUDENTS SPEAKING SKILL BY WATCHING YOUTUBE2021-12-03T14:17:00+07:00Fanniar Nissrinafanniarnisrinaaa@gmail.com<p><em>This article aims to make the learning system more interesting by watching youtube videos. In this all-digital era, Youtube can really help make learning more fun and not monotonous, but it must be with the right portion and supervision. This article uses a quantitative method, the data obtained using a test method to several students. The results of the study stated that using Youtube videos as a learning medium to develop students' speaking skills was less efficient for elementary school students.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196133-41 IMPROVING STUDENTS’ LISTENING SKILLS THROUGH ENGLISH SONGS USING YOUTUBE APPLICATION2021-12-03T14:17:38+07:00Adinda Audi Qotrunadadindaaudi25@gmail.com<p><em>The purpose of this study was to determine the listening ability of students in class X MIA SMA Yaspita Serpong Utara, and to test it by using the method of listening to a song that is being enjoyed by teenagers through YouTube.The aim of the research is to focus on implementing fun learning and active classes during the COVID-19 pandemic while studying from home, and to increase the interest of students to be more active in improving their listening skills.</em><em>T</em><em>he results of the study prove that improving listening skills can be helped by using English song media, students feel comfortable and enjoy during the listening process because they can be more expressive in expressing their feelings and confidence without fear of mistakes</em><em> vo</em><em>c</em><em>abulary. </em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196242-46 IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH VIDEO2021-12-03T14:18:27+07:00Sofiatul Jannah1805020059@students.unis.ac.id<p><em>The purpose of this study was to find out how many students were able to capture what was learned from an English video, so that students could speak English fluently and correctly according to what each student listened to through the English video provided by teacher. </em><em>This study uses quantitative methods with pre-experimental class to develop students' potential in speaking skills.</em><em> This study collects data through observation, and documentation. Researchers obtained data during the teaching and learning process from a population of 5 students of 5<sup>th</sup> elementary grades who took lessons. The result of this study indicate that students can improve their speaking skills through videos. </em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196347-50 IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY BY USING AUDIOBOOKS AT FOURTH GRADE2021-12-03T14:19:04+07:00Nanda Febriliyananandafebrilyna@gmail.com<p>One of the gifts of audio books is that they have shaken up the habit of reading. In fact, the increasing number of easy-to-reach audio books has caused a rise in the number of people taking an interest in literary texts. Audiobooks can be used with readers to increase fluency, expand vocabulary, activate prior knowledge, develop understanding, and increase motivation to interact with books. This study aims to increase students' vocabulary by using audiobooks. The subjects of this study were fourth grade students at SDN 03 Cibunar. This research uses a case study as a qualitative research method. The participants were ten students from fourth grade students. Researcher collect and analyze data from observations, tests, and answer a questioner. Based on the findings and discussion, it can be concluded that the participants have achieved and exceeded the Minimum Standard Value (KKM). In addition, students are enthusiastic and comfortable with the Audiobooks application in the learning process.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196451-57 KEEFEKTIFAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENGEMBANGAN MEMBACA SISWA2021-12-03T14:19:45+07:00Siti Shaharanie Aqilah Azzahrasaqilahazzahra@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan aplikasi Google Classroom terhadap pengembangan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yakni menganalisa hasil belajar siswa dan respon siswa yang menggunakan Google Classroom sebagai sarana pembelajaran online. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisa hasil belajar siswa apakah siswa dapat memahami teks bacaan yang diberikan, lalu menggunakan wawancara dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi google classroom efektif dalam pengembangan membaca siswa.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196558-66 MENGAJAR PENGENALAN GRAMMAR SECARA SYNCHRONOUS UNTUK ANAK SMP DI KURSUS PRIVAT2021-12-03T14:20:23+07:00Muthia Rahma Auliamuthiarama24@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk memcahkan masalah pada siswa yang tidak menyukai belajar online. Penelitian ini menjelaskan tentang keefektifan mengajar grammar dengan teknik synchronous untuk siswa SMP kelas VII di kursus privat Ibu Siti Namiroh. Adapun rumusan masalah yang peneliti buat adalah bagaimana keefektifan mengajar pengenalan grammar secara synchronous untuk siswa SMP?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, siswa yang berpartisipasi dipenelitian ini berjumlah Sembilan siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu : observasi, wawancara dan post-test. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa belajar menggunakan teknik synchronous melalui google meet efektif untuk siswa kelas VII di tempat kursus Ibu Siti Namiroh. Namun disertai dengan kekreatifan guru serta motivasi siswa dalam belajar Keefektifan belajar menggunakan teknik synchronous ini perlu juga disertai dengan adanya motivasi dari siswa sendiri, kemauan dalam belajar dan tidak merasa tertekan karena tidak bertatap muka secara langsung bersama teman-teman maupun guru disekolah seperti biasanya. Peneliti menyimpulkan bahwa ini efektif bagi siswa karena melihat dari hasil nilai post-test yang tertera.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196667-72 MENGANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI DI TEMPAT KURSUS DENGAN BELAJAR ONLINE MELALUI GOOGLE MEET2021-12-03T14:21:02+07:00Raras Endah Pangesti1805020070@students.unis.ac.id<p><em>Keterampilan menulis berbeda dengan jenis keterampilan berbahasa lainnya karena keterampilan menulis merupakan kegiatan berkomunikasi dengan menggunakan tulis sebagai medianya. Menulis pada dasarnya adalah proses untuk mengemukakan ide dan gagasan dalam bahasa tulis. Dengan menulis siswa dapat mengekspresikan pikiran, ide, serta gagasan kepada orang lain yang dihasilkan dari pengalaman, pengamatan, dan perasaan yang dialami sehingga pembaca dapat menikmati tulisan meskipun tidak mengalami, menikmati, dan merasakannya secara langsung.</em><em> Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Alasan peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu guna untuk menganalisis siswa yang sedang belajar di tempat kursus “global course†ini mengerti atau tidak dalam materi yang sudah di sampaikan. hasil analisis penelitian diketahui kemampuan siswa dalam menganalisis dan menulis teks deskripsi ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mendapatkan tingkat yang sangat baik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dan hasil menunjukkan bahwa siswa berada pada tingkat sangat baik untuk memahami dan materi teks deskripsi tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa Sebagian besar siswa mengerti tentang menulis teks deskripsi secara baik dan benar</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196773-78 MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIMPLE PAST TENSE PADA SISWA KELAS X SMA MELALUI CERITA PENDEK2021-12-03T14:22:02+07:00Rizky Annisa Rosadiannisarosadi99@gmail.com<p>Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman simple past tense terhadap siswa kelas X SMA Al Wasatiyyah melalui cerita pendek. Sampel penelitian ini terdiri dari 5 siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode qualitative deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yairu: observasi dan tes (pre-test dan post-test). Hasil observasi menujukkan bahwa ada peningkatan pemahaman dalam pengajaran simple past tense melalui cerita pendek. Hal ini ditunjukkan meningkatnya nilai rata-rata pada post-test.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196879-84 MENINGKATKAN PENGGUNAAN SIMPLE PRESENT TENSE MENGGUNAKAN METODE DRILLING2021-12-03T14:22:44+07:00Sely Wiliantikasely.wilyantika@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam “simple present tenseâ€. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptive kualitatif. Data penelitian ini meliputi subjek, kata kerja, kalimat verbal dan nomimal dalam kegiatan sehari-hari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan, post-test. Penelitian ini dilakukan dalam satu pertemuan selama dua jam pelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunakan <em>simple present tense</em> dalam teks sederhana tulis maupun lisan ditemukan ketidakfokusan peserta didik dalam mempelajari tense. Dari hasil penelitian ini sekitar 80% yang masih belum memahami <em>simple present tense</em> khususnya pada rumus dalam menulis teks sederhana lisan maupun tulisan.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/196985-89 PENGARUH SPOTIFY UNTUK MENGEMBANGKAN LISTENING SKILL SISWA2021-12-03T14:30:37+07:00Neng Dwi Rahmawatidwiradwii15@gmail.com<p>Pada masa modern ini sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkan tekhnologi yang semakin canggih. Salah satunya Spotify, selain kita bisa menghilangkan kejenuhan, kita juga dapat mendengarkan cerita-cerita seru yang berasal dari podcast. Banyak siswa yang tidak mengetahui bahwa media aplikasi dapat menambah keterampilan mereka, salah satunya Spotify dan musik.Setelah diterangkan dan dijelaskan media-media yang dapat menambah keahlian mereka, mereka sangat antusias mencoba nya.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/197090-98 PENGARUH YOUTUBE TERHADAP PERKEMBANGAN SKILL MENULIS DI SEKOLAH DASAR2021-12-03T14:31:16+07:00Fajar Nur Juliyanto1805020047@students.unis.ac.id<p><em>Video YouTube dapat digunakan dalam berbagai cara untuk mengajarkan keterampilan berbicara di kelas. Itu juga tergantung pada instruktur bagaimana dia akan menggunakannya di kelasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan metode kuantitatif, peneliti menggunakan desain pra eksperimen dengan menyusun angket dan pre-test dan post-test untuk menguji seberapa jauh kemampuan menulis siswa dengan lancar. Partisipan dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas 6 E-chat Learning Course.Faktor-faktor yang menyebabkan siswa tertarik untuk menggunakan media karena siswa dapat menggunakan hp dengan mudah, mereka menggunakan youtube di hp untuk berlatih berbicara, di mana mereka suka menggunakan youtube sebagai kebiasaan.Penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran bahasa Inggris sebenarnya sangat penting, karena melalui YouTube siswa dapat belajar atau mendengar penutur asli berbicara bahasa Inggris secara langsung.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/197199-102 PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET DALAM MENUNJANG KEEFEKTIFAN BELAJAR DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA PGRI 109 TANGERANG2021-12-03T14:31:58+07:00Sukma Melati1805020013@students.unis.ac.id<p>Diharapkan pembelajaran online dapat berjalan dengan baik, guru diharapkan menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi adalah dengan menggunakan media aplikasi pembelajaran. Guru SMA PGRI 109 Tangerang lebih cenderung menggunakan aplikasi Google Meet dalam pembelajaran online dari beberapa observasi di lapangan. Objek dalam penelitian ini penelitian ini merupakan siswa kelas X IPA 3, sejumlah 26 siswa. Aplikasi Google Meet dinilai lebih mudah dan efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Berdasarkan penelitian lapangan diketahui bahwa aplikasi Google Meet lebih efektif dibandingkan dengan media aplikasi pembelajaran lainnya.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1972103-107 PENGGUNAAN LAGU BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA2021-12-03T14:32:39+07:00Renata Putri Agustini1805020061@students.ac.id<p><em>Listening atau mendengarkan adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam bahasa inggris. Listening juga dikatakan kemampuan yang sangat sulit dan juga para guru juga lebih fokus mengajarkan kepada kemampuan membaca, kemampuan menulis, ataupun kemampuan berbicara. salah satu cara yang dapat guru gunakan dalam mengajarkan materi listening atau mendengarkan, yaitu dengan menggunakan lagu. Lagu dapat menarik perhatian siswa agar dapat mengikuti kelas listening atau mendengarkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sampel kelas X IPA 2 MAN 3 Tangerang.</em></p> <p><em> </em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1973108-114 PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI GUIDE CONVERSATION DI TEMPAT KURSUS GLOBAL COURSE2021-12-03T14:33:24+07:00Annisa Oktia Dwiati1805020037@students.unis.ac.id<p>Dalam menguasai Bahasa Inggris, pelajar harus menguasai 4 <em>Language skills</em> (keterampilan berbahasa) dalam bahasa Inggris antara lain; Menyimak (<em>listening</em>), Membaca (<em>reading), </em>Berbicara<em> (speaking), </em>dan Menulis (<em>writing). </em>Berhubungan dengan hal tersebut, salah satu keterampilan yang penting yang harus dikuasai murid adalah <em>speaking skill</em> (keterampilan berbicara). Percakapan yang baik selalu dimulai dengan menyapa (<em>greetings</em>) dan berpamitan (<em>leave takings</em>). Sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara tersebut, kegiatan pembelajaran ini menggunakan metode <em>Guide Conversation</em> yang bertujuan untuk meningkatkan dan menginspirasi siswa untuk menciptakan suasana komunikatif dalam memberikan ide, pemikiran dan tanggapan serta memberikan kritik dalam mengoreksi percakapan.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1975115-126 STUDENTS’ PERCEPTIONS ON ZOOM MEETING AS AN ICT MEDIA FOR ENGLISH COURSE DISTANCE LEARNING2021-12-03T14:35:54+07:00Bunga Azhari1805020056@students.unis.ac.id<p><em>Zoom Meeting merupakan salah satu media ICT yang dapat digunakan untuk menerapkan synchronous learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini dikarenakan Zoom memiliki banyak fitur yang memungkinkan interaksi lebih luas antara guru dan murid serta merupakan media yang menciptakan situasi paling mendekati pembelajaran tatap muka. Namun dikarenakan Zoom Meeting merupakan media online, maka penggunaannya bergantung pada jaringan dimana terkadang siswa mengalami lemah jaringan yang membuat mereka tertinggal pelajaran. Oleh karena itu, perlu diteliti persepsi para siswa atas penggunaan Zoom Meeting sebagai Media ICT untuk kegiatan PJJ mata pelajaran Bahasa Inggirs. Sampel dari penelitian ini adalah 32 siswa/i dari kelas 4A, 4B dan 4C SDI YAKMI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan kuisioner dan online wawancara sebagai instrumennya. Hasil menunjukkan adanya respon positif terhadap penggunaan Zoom terlepas dari beberapa kendala yang ditemukan.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1976127-133 THE EFFECT OF ‘ELSA SPEAK’ APPLICATION ON STUDENTS’ PRONUNCIATION IN ENGLISH2021-12-03T14:36:56+07:00Dinda Pangastutidindapangastuti45@gmail.com<p>Pada saat ini, teknologi merupakan hal yang lumrah sebagai sumber belajar, salah satunya adalah penggunaan sebuah aplikasi untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari aplikasi <em>ELSA Speak </em>terhadap pengucapan/pelafalan siswa dalam Bahasa Inggris. <em>ELSA</em> merupakan singkatan dari <em>English Language Speech Assistant.</em> Aplikasi ini dapat digunakan untuk melatih kemampuan pelafalan siswa agar sesuai dengan cara pelafalan dari penutur asing. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pra-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam sebuah bimbel bernama Rumah Belajar Unggulan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil <em>post-test</em> memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan hasil <em>pre-test</em>. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi <em>ELSA Speak </em>memiliki efek dalam meningkatkan kemampuan pengucapan/pelafalan siswa dalam Bahasa Inggris.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1977134-144 THE EFFECT OF AUDIOBOOK ON SIXTH GRADE STUDENTS’ SPEAKING FLUENCY2021-12-03T14:37:37+07:00Arzismal Rayka Putra1805020060@students.unis.ac.id<p>In this Globalization Era, English skills must be mastered by everyone. Whether its speaking, listening, reading, or writing. This research is focused on students’ speaking skills. Especially in the aspect of fluency. Audiobooks was used as the medium in this research. The aim of this study is to find out is there any effect of audiobook on students’ speaking fluency. The researcher used quantitative research methods and pre-experimental design applied in this study. The participant in this research is 11 students of sixth grades. The researcher used pre-test and post-test as the instrument to collected data. In conclusion, by using audiobooks shows that there is a positive effect on students, but due to the constraints and limitations of researchers and students, it is stated that there is no significant effect between speaking fluency and audiobooks through the results of data analysis using SPSS system version 22.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1978145-147 THE EFFECT OF FILMS ON LEARNING VOCABULARY IN ELEMENTARY SCHOOL2021-12-03T14:38:11+07:00Dini Hadi Pratiwi1805020009@students.unis.ac.id<p>Bahasa Inggris sering di nilai sebagai pelajaran yang sangat sulit dan membosankan, maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari film dalam pembelajaran kosa kata yang dilakukan oleh enam orang siswa kelas 3 sekolah dasar. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penulis bisa menghasilkan data dan hasil yang signifikan. Penelitian ini memberikan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kosa kata para siswa dalam belajar bahasa Inggris</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1979148-156 THE EFFECT OF HELLO ENGLISH APPLICATION IN TEACHING SIMPLE PRESENT TENSE FOR ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE2021-12-03T14:40:11+07:00Yunika Anwar1805020003@students.unis.ac.id<p>Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh aplikasi Hello English sebagai media dalam pengajaran simple present tense untuk pelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Penelitian ini dilakukan di salah satu rumah siswa di Kp. Kawidaran, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Penelitian ini terdiri dari 4 orang partisipan yang merupakan siswa kelas VIII SMP yang bersekolah di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu: tes (pre-test dan post-test), angket dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan aplikasi Hello English dalam pengajaran simple present tense untuk siswa EFL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam pengajaran simple presnet tense menggunakan aplikasi Hello English. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata pada post-test (35 menjadi 95). Persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi Hello English sebagai media pembelajaran juga sangat positif, mereka mengatakan bahwa aplikasi memudahkan mereka dalam memahami materi yang sulit.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1980157-159 THE EFFECT OF USING ANIMATION VIDEO ON YOUTUBE TOWARDS STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY IN ELEMENTARY SCHOOL2021-12-03T14:41:41+07:00Vera Vidiati1805020044@students.unis.ac.id<p>Dalam artikel ini penulis menggunakan video sebagai media dalam pembelajaran terutama di kelas EFL. Jenis media yang digunakan oleh penulis adalah visual. Media visual dapat membantu guru di dalam pengajaran dan proses pembelajaran di kelas. Banyak video pembelajaran di YouTube mulai dari level pemula, menengah dan paling atas. Penulis ingin menggunakan sebuah video tentang kosa-kata untuk anak-anak belajar nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris. Artikel ini menunjukan seberapa YouTube berguna sebagai media pembelajaran di kelas.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1981160-170 THE EFFECT OF USING AUDIO VISUAL AIDS TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING SKILL IN ENGLISH TEACHING LEARNING2021-12-03T14:43:11+07:00Asri Mulyatiningsihasrimulyaa26@gmail.com<p><em>In learning English, there are four skill that students should learn, one of them is listening skill. Listening is one of the most important pieces of learning and teaching English. In order to be successful in listening, students should come up with some strategies, that is using an effective media namely Audio Visual Aids. Audio Visual is a device which are utilized in the classroom to encourage learning and build it easier and attractive. The aim of this research is to investigate whether students' can improve listening skill through Audio Visual Aids. This research was conducted 5 students from SMA YASPITA Kota Tangerang Selatan in academic year 2021/2022 from IPS consists of 1 class</em>. <em>The writer used Quantitative and Qualitative as the methods. Pre-test, Post-test, and Questionnaires were used as the instruments. Based on the results, all students and the class got average scores above the KKM after the treatment. Besides that, the students were more excited and not got bored briefly. The class gets to be more attractive in learning listening. Audio Visual Aids material motivates the students and helps them to improve their listening skill. These make the classroom more interactive.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1982171-179 THE EFFECT OF USING AUDIOBOOK AS MEDIUM ON ELEMENTARY STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION2021-12-03T14:43:52+07:00Maulana Syarif Dzikri1805020007@students.unis.ac.id<p><em>The purpose of this study was to find out the effect of using audiobooks as a medium of learning on elementary school students in the listening class. The researcher applied quantitative research method and pre-experimental research design in carrying this research. The participant for this study is 11 students of six grades. This study conducted two meetings (pre-test on the first day and on the second day to carry out the treatment and post-test). This study employed listening test as an instrument. The result showed that the significance level from the paired sample t-test 0,152 is higher than 0,05. It’s indicating that there is no significant effect on elementary students’ listening comprehension. Even though the result from this research statistically show that there is no significant effect on the use of audiobooks on the elementary students’ listening comprehension, audiobooks can be integrated with various teaching method and strategies in the same variable. This research is useful for future researchers who want to conduct research on the same variable.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1983180-192 THE EFFECT OF USING ONLINE VIDEO IN LEARNING MATERIAL OF PREPOSITION (AT,IN,ON)2021-12-03T14:44:31+07:00Novika Novikavikaadelia0211@gmail.com<p><em>This study describes the effect of using online videos in teaching time preposition skills in English (at, in, on) in grade VIII at Junior High School . The formulation of the problems that must be answered in this study are: (1) How is the use of online video in improving students' time skills in prepositions (at, in, on)?, (2) How is the ability of students to remember time preposition material without using online videos and using online video?, (3) Is there a significant difference between the ability of time preposition (at, in, on) without online video and using online video? . There are two hypotheses in this study, the hypotheses are (1) there is a significant difference in the use of online video in learning English in class VIII Junior High School (2) there is no significant difference in the use of online video in class VIII Junior High School. in this study were 3 grade VIII junior high school students. Data collection was carried out using several techniques, namely: quisionaries inetrview and tests (pre-test and post-test). Then, all data were analyzed by descriptive qualitative approach . The results showed that students' abilities increased after using online video learning which was applied in teaching time prepositions (at, in, on). This indicates that the mean score increased on the post-test (50 to 80). The u-test calculation shows that there is a significant difference between the experimental class and the control class in using online video learning in the preposition of time (at, in, on).</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1984193-202 THE EFFECT OF USING YOUTUBE AS A MEDIA IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING CONTEXT ARTICLE2021-12-03T14:51:12+07:00Dila Sagitasagitadila10@gmail.com<p><em>This study describes the effect of using youtube as a media in English language learnng context: articles (a,an and the). The purpose of this study was to determine whether the use of youtube as a media makes learning more effetive and can improve students’ understanding in their English learning process. The method used in this research is qualitative-descriptive with a sample 4 students from seventh grade junior hig school in Ds. Talagasari, Cikupa Tangerang. The data collection was carried out in this study by using test techniques (pre-test and post-test), Questionnaires and interviews. The results in this study showed that the use of youtube as a media in learning articles had a big effect on students. This is indicated in the post-test result which are more increased than the pre-test results. Then, the students gave positive feedback on the interviews result by said that the use youtube as a media make learning more effective and improved their understanding of learning English.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1985203-209 THE EFFECT OF VISUAL MEDIA ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION2021-12-03T14:51:51+07:00Nenda Febriani Claudianendafebrianiclaudia24@gmail.com<p><em>Reading is one important skill in learning English. This research aims to determine the effect of visual media on the reading comprehension ability of elementary school students. learning to read with the help of visual media is very effective, students are more interested in reading and easily understand the meaning of each word because visual media aids in the form of images. This research was conducted at Yaspita Elementary School, South Tangerang City, there were 9 students in one class. The researcher uses a quantitative method with the type of pre-experimental design. The instruments used are pre-test and post-test by giving multiple choice questions. Based on the results, students' ability to understand reading using visual media increased after treatment.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1986210-214 THE EFFECT OF YOUTUBE IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS2021-12-03T14:52:32+07:00Johan Kosasih1805020062@student.unis.ac.id<p><em>In language learning, speaking becomes evidence of the student's competence in the language they are learning; however, students' ability to speak can be hampered by various problems they face, such as lack of confidence, lack of vocabulary and grammar, and inadequate teaching strategy. In this era, information and technology (IT) developments can be the solution to these problems. The advancement of technology seems to have many positive effects on education. The technology offers a variety of learning media that students can enjoy. One of the technological developments that can be used as a learning medium is YouTube. YouTube offers several types of learning-related videos. While learning English, English as a Foreign Language learners can find several types of videos that can help in the learning process. Hence, YouTube can help the students. to improve your language skills, especially your speaking skills. This document aims to explain the effectiveness of using YouTube as a learning medium in demonstrating the student's speaking skills</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1987215-221 THE EFFECTIVENESS OF AUDIOBOOKS IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY AT FIFTH GRADE STUDENTS2021-12-03T14:53:08+07:00Dzascia Chairunnisa1805020026@students.unis.ac.id<p>The objectives of this research is to find out whether the use of audiobooks effects the students' vocabulary. The audio recording that used for this research is a song recording that is correlated with the material to be taught. This study is conducted based on the students cannot express sentences due to lack of vocabulary. The subject were 10 students at fifth grade of SDN Cibunar 03. This research is Pre-Experiment research, with the type of one group pre-test and post test design. The data analyze is using SPSS. The result of this study shows that the significance value (sig.) 0,00 <0,05. So, it can be concluded that using audiobook in learning english vocabulary is effective.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1988222-228 THE EFFECTIVENESS OF LEARNING VOCABULARY USING GOOGLE FORMS TO IMPROVE READING SKILL IN ELEMENTARY SCHOOL2021-12-03T14:53:47+07:00Dyah Ayu Tusima Ranidtusimarani@gmail.com<p><em>English is one of the most important languages. English has four skills to learn English, namely: speaking, reading, writing and listening. All English skills always include vocabulary in their activities. So reading is important for elementary school students to get information and increase knowledge as reading is the most useful and important skill for humans and children in elementary school who are just starting to learn English. This research was conducted by 4 students of MI YASPITA, South Tangerang City for the academic year 2021/2022 from grade 4 SD which consists of 1 class. Researcher</em> <em>using a quantitative method with the type of pre-experimental design. The instruments used are pre-test and post-test by giving multiple choice questions. Based on these results, students' ability to understand reading using Google Forms online media increased after</em> <em>given treatment.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1989229-236 THE EFFECTIVENESS OF USING GOOGLE CLASSROOM IN TEACHING WRITING SKILL OF DESCRIPTION TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL2021-12-03T14:54:32+07:00Rahma Rizqina Amelia1805020052@student.unis.ac.id<p><em>Learning how to write is a basic skill that very few people have. Lack of practice in writing will greatly hinder students’ skills. In this case study, this method aims to determine the effectiveness of the Google Classroom, which is used to improve students’ writing descriptive text skills for junior high school and recognize students’ writing performance. This study uses a quantitative experimental design. The subject of this study used the VII grade students of SMP YASPITA, North Serpong. This study involved 10 students in the research sample in the process of collecting data, researchers used Pre-test and Post-test.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1990237-244 THE EFFECTIVENESS OF USING YOUTUBE IN TEACHING ENGLISH LISTENING TO ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS2021-12-03T14:55:20+07:00Aini Safitri1805020050@students.unis.ac.id<p><em>This study describes the effectiveness of using Youtube as a medium in teaching listening or listening to English. This research was conducted in MI Tarbiyah Islamiyah, Belendung District, Benda Village, Tangerang City. The sample of this research is the third grade students of MI Tarbiyah Islamiyah. Data were collected using the following techniques: tests (pre-test and post-test). Furthermore, the data were analyzed using a quantitative approach method. The results showed that after teaching there were many significant changes in using Youtube media for listening material. This is indicated by the increase in the average post-test score (65.75 to 75.50). Students' perceptions of the use of Youtube as a learning medium gave a very positive response, because the pronunciation is quite clear and the pictures are interesting.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1991245-250 THE IMPLEMENTATION OF TEACHING READING DESCRIPTIVE TEXT THROUGH ZOOM APPLICATION2021-12-03T14:55:57+07:00Dinda Nurlailadindanurlaila09@gmail.com<p><em>There are four very important skills in English, one of which is reading skills. The purpose of this study was to determine whether descriptive text can improve students' reading skills. Besides being able to improve students' reading skills, descriptive texts can also help students describe things using English. This research was conducted online at Yaspita Junior High School, South Tangerang City. There are 17 students in one class. Researchers use quantitative methods, the type of research is pre-experimental design. The instruments used are pre-test and post-test. The results obtained by the researchers, by using descriptive texts, students' reading skills increased.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1993251-257 THE USE OF BLENDED LEARNING IN TEACHING VOCABULARY AT GLOBAL COURSE2021-12-03T14:56:31+07:00Anisa Neliyantianisaneliyanti@gmail.com<p><em>In this study, the researcher uses a qualitative method where the researcher will present, describe, and explain in the form of words according to the data obtained. The purpose of this study was to examine how to design the use of the blended learning, as well as students’ opinions about the blended learning in teaching vocabulary to 5<sup>th</sup> grade elementary school students with a total of 5 students taking private courses at the Global Course. Researchers held 2 meetings with a duration of 1 hour for each meeting. The data analysis technique was carried out manually by the researcher through the analysis of the results of the pre-test in the form of oral questions and through post test in the form of written questions and will be concluded with qualitative methods. As for other data analysis assisted by the results of simple written interviews through the Whatsapp to find out students’ opinions regarding the use of the blended learning in teaching vocabulary. </em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1996258-262 THE USE OF ENGLISH SONG AS A TOOL FOR LISTENING SKILLS2021-12-03T14:57:13+07:00Nadya Nurussyifa1805020058@students.unis.ac.id<p>Currently English is one of the international languages that must be learned by everyone. There are 4 Basic English that must be mastered, namely, reading, (reading), writing (writing), speaking (speaking), and listening (listening). Everyone is declared perfect in English if they master the 4 basics. In this study the author discusses one of the basics already mentioned, namely listening. The method used in this research is descriptive qualitative. This research was conducted at the school of MAN 3 Tangerang, totaling 21 students of class X IPA 1. The method of obtaining data for this research was by conducting interviews and post-tests. The results of this study are listening to songs can improve students' listening skills.</p> <p> </p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1997263-273 THE USE OF HOT POTATO GAMES TO ENGAGE STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING VOCABULARY2021-12-03T14:57:55+07:00Nur Aina Agustin1805020008@students.unis.ac.id<p><em>In recent years, globalization has worldwide. This one impacts the education world as well. English is as one of parts in globalization age which has big role in supporting globalization era. Particularly in learning process. Basic English is one of things should be learned by the students well. </em><em>This </em><em>research </em><em>aimed at presenting the students’ responses </em><em>in </em><em>the use of </em><em>hot potato games </em><em>to </em><em>engage students’ interest in learning </em><em>vocabulary. </em><em>Five students of fifth grades of SDN Sukabakti had participated in this research in three meetings. This research emphasized qualitative method to </em><em>obtain the research data. </em><em>The result showed that five</em><em> students of fifth grades of </em><em>SDN Sukabakti got a positive </em><em>response towards </em><em>hot potato games as one </em><em>of ways </em><em>which can help them </em><em>in learning English process, especially is about vocabulary.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1998274-280 THE USE OF SONGS TO IMPROVE LISTENING COMPREHENSION AT TENTH GRADE STUDENTS’2021-12-03T14:58:36+07:00Siti Amaniasari1805020011@students.unis.ac.id<p><em>This study aims to determine the use of song as a technique of teaching listening. Listening is part of the four basic skills of English. Such as writing, reading, and speaking skills. Listening has an important role in communication and is also very important in English class. However, vocabulary and lack of listening practice are problems for the class X students. That is the reason why the researcher decided to conduct research using various media such as songs. This study uses a descriptive qualitative method with data collection techniques of observation and evaluation in the classroom. The final result of the researcher shows that the average score of 86 obtained by students in the process of listening to English is included in the category of fairly good scores. This shows that efforts can be made to develop students' listening skills by using a variety of learning media and using relevant teaching materials. By using the media song can improve the quality of learning to listen to students. Using songs in the learning process, especially in listening lessons, makes the classroom atmosphere pleasant and students can also improve their listening skills as one of the meaningful strategies to overcome listening problems.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1999281-289 THE USE OF YOUTUBE MEDIA IN IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY THROUGH ONLINE LEARNING2021-12-03T14:59:10+07:00Ratna Eli Sutanti1805020004@students.unis.ac.id<p><em>Vocabulary takes an important aspect in learning foreign language, so it cannot be separated. Since the significance of vocabulary is a primary concern, the teachers need to give another interesting educational media which is integrated in ICT such as YouTube. The objectives of this research are to find out and to describe the use of YouTube media in improving students’ vocabulary through online learning for junior high school students. The research method was quantitative by using a pre-experimental research design. In this research, the population was the seventh grade students at SMP Islam Chairiyah Mansuriyah. The sample of the research was two classes, but they gathered into one class consisting of 84 students which were finally selected as 17 students as a sample of this research. The data collected by using vocabulary test in a form of multiple choices. The researcher gave the pre-test in the first meeting, and then gave the post-test in the second meeting to know the students’ progress. From the data analysis, the researcher used SPSS to compute the data. Therefore, the result showed that the significant value was 0.21 > É‘ = 0.05 which means that Ha is accepted, and H<sub>0</sub> is rejected. It can be concluded that there is significant result in improving students’ vocabulary by using YouTube media for junior high school students.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/2000290-295 USING ONLINE MUSIC PLAYER APPLICATIONS TO IMPROVE STUDENTS ENGLISH VOCABULARY2021-12-03T14:59:50+07:00Shafira Hayatunnisa1705020017@students.unis.ac.id<p>Vocabulary is one of the most important aspects of language that supports English learners in learning a language. This study aims to inform readers that there is a simple way to practice English that can also be used anywhere and anytime. The technique that the author can use is to use English songs in online music player applications, namely: JOOX and Spotify to improve students' vocabulary skills. The use of music and songs in the process of learning English is not new. The purpose of using songs is because most students feel bored when listening to the same type of audio in class. And using songs can increase students' desire to learn, become interesting, fun and more focused. The habit of listening to English songs can be a practice for students in listening skills. The use of songs in online music player applications will improve students' listening skills and vocabulary.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1926296-304 ANALISIS EFEKTIVITAS PENYALURAN ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT DI DKM MUSHOLLA AR-RAHMAN PORIS PALAWAN INDAH DI KOTA TANGERANG2021-12-03T15:11:56+07:00Veti Melia Sari1805010001@students.unis.ac.idNovira Nur Kamila1805010015@students.unis.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyaluran zakat pada badan amil zakat di DKM Musholla Ar-rahman Poris Palawan Indah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan wawancara. Sampel diambil dari badan amil DKM musholla dan guru ngaji di wilayah Musholla Ar-Rahman sebanyak 3 narasumber yang di wawancarai. Pada penelitian ini dilakukan selama sebulan. Pengambilan sampel dilakukan <em>purposive sampling</em> yaitu berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti yaitu badan amil zakat dan guru ngaji. instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang mengumpulkan data dan observasi ke lapangan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa ditinjau golongan <em>sabilillah</em> menunjukan bahwa penyaluran zakat yang dilakukan oleh badan amil zakat di DKM Musholla Ar-Rohman Poris Palawan Indah di kota Tangerang sudah tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran kepada mustahiq sesuai pedoman hadits dan Al-Qur’an. Dengan demikian penyaluran zakat dipandang sudah efektif karena salah satunya diberikan kepada guru ngaji yaitu orang yang jihad di jalan Allah SWT yang mendedikasikan ilmu-ilmu agama.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1927305-312 ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK DALAM BERSOSIALISASI DI MASYARAKAT2021-12-03T15:12:40+07:00Novira Nur Kamila1805010015@students.unis.ac.idVeti Melia Sari1805010001@students.unis.ac.idFarhatus Silvia1705010044@students.unis.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi anak Sekolah Dasar (SD) di kota Tangerang dalam bersosialisasi di masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel diambil dari anak Sekolah Dasar secara acak yang dijumpai penulis di wilayah kota Tangerang, dengan mewawancarai 3 informan yakni 1 laki-laki dan 2 perempuan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa anak SD di wilayah kota Tangerang cenderung memiliki komunikasi yang baik dengan masyarakat apalagi teman sebayanya, mereka memiliki rasa empati serta rasa saling menghargai perbedaan perasaan satu sama lain. Tetapi mereka cenderung memiliki komunikasi yang kurang baik dengan orang tuanya, dikarenakan respon yang diberikan orang tua terhadap cerita anak begitu emosional.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1928313-318 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI KEUANGAN SISWA SMK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI2021-12-03T15:13:26+07:00Iin Indah Sari1805010004@students.unis.ac.idAhmad Kanzu1805010014@students.unis.ac.idNanang Kosim1805010010@students.unis.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar tingkat literasi keuangan pada siswa SMK di masa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Swasta yang ada di Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, instrumen yang digunakan dalam penelitian gunakan adalah pedoman observasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMK Swasta yang ada di Kabupaten Tangerang. hasil penelitian mengenai tingkat kemampuan menghasilkan uang, mengelola keuangan dan menyumbangkan uang dan kemampuan penerapan ilmu literasi keuangan yang didapat dari pelajaran disekolah di masa pandemi Covid-19 saat ini yaitu tergolong tinggi dari hasil wawancara mengenai tingkat pengelolaan keuangan dan manajemen keuangan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK Patriot Nusantara, meskipun tergolong dari ekonomi tingkat menengah kebawah para siswa-siswi ini sangat peduli dengan pengelolaan dan manajemen keuangannya bahkan dimasa pandemi Covid-19 ini.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1929319-328 ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BELAJAR SECARA DARING2021-12-03T15:14:09+07:00Vivih Aprianingsih1805010023@students.unis.ac.idYulia Rachmawati1805010021@students.unis.ac.id<p>Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan dari pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring. Banyak permasalahan yang dialami oleh seorang siswa selama pembelajaran daring, tetapi beberapa siswa dapatmenyesuaikan diri dengan kesulitan dan mencapai prestasi dan kesuksesan sekolah yang tinggi, Salah satu faktor dari dalam yang diduga mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui analisis kemandirian belajar siswa belajar secara daring. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif .subjek pada penelitian ini adalah siswa SD kelas 6 .Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Siswa yang memiliki kemandirian belajar, memiliki tanggung jawab dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan usaha belajar. Mereka tidak akan mudah terpengaruh oleh orang lain mengenai proses belajarnya. Mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan permasalahannya sendiri tanpa bantuan orang lain.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1930329-338 ANALISIS KESULITAN ORANGTUA DALAM MEMBIMBING ANAK DALAM BELAJAR DARING DI MASA PANDEMI2021-12-03T15:15:03+07:00Tantia Alif Yulianti1805010003@students.unis.ac.idNicky Aryani1805010020@students.unis.ac.idMufti Rusydah Mufidah1805010024@students.unis.ac.id<p>Wabah covid-19 mengharuskan pemerintah memberi kebijakan baru mengenai kegiatan pembelajaran demi mengurangi penyebaran virus covid-19. Kegiatan pembelajaran di sekolah terpaksa harus dihentikan, dan dilakukan dirumah didampingi oleh orang tua. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui kendala yang dihadapi orang tua saat mendapingi anak belajar dirumah pada masa pandemi dengan harapan dapat memberikan solusi agar orang tua dapat mengantisipasi. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Populasinya adalah orang tua yang memiliki anak pada jenjang SD. Sampelnya adalah 6 orang tua dari Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orangtua memiliki kesulitan membimbing anak dalam belajar daring di masa pandemi saat ini, hal ini terjadi karena adanya perbedaan latar belakang Orangtua.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1931339-345 ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR DARING DIMASA PANDEMI2021-12-03T15:15:50+07:00Alfa Laila1805010036@students.unis.ac.idNeni Widyawati1805010027@students.unis.ac.id<p>Pembelajaran daring adalah salah satu kegiatan yang digunakan sebagai sarana dalam proses belajar mengajar, pembelajaran dalam jaringan dilakukan sebagai suatu langkah untuk memutuskan rantai penyebaran virus covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan adalah deskriptif analisi. Populasi subjek pada penelitian ini yaitu siswa sekolah dasar islam Al-kautsar. Hasil penelitian menjelaskan penyebab kesulitan belajar pada siswa 1) Kurangnya usaha guru memberikan materi menarik dalam proses pembelajaran terhadap siswa. 2) Kurangnya orangtua dalam mengawasi dan membantu siswa dalam proses pembelajaran 3) Terhalangnya koneksi internet membuat siswa sering tertinggal pembelajaran. 4) Rasa semangat siswa yang menurun membuat siswa malas dalam mengikuti pembelajaran daring.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1932346-355 ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP2021-12-03T15:16:28+07:00Ahmad Yazid Basthomi1805010008@students.unis.ac.idNur Lailah Afrianti1805010016@students.unis.ac.idYaumil Fikri Khairiah1805010030@students.unis.ac.id<p><em>Kemampuan berpikir kritis harus dimiliki oleh siwa agar dapat menghadapi berbagai permasalahan personal maupun sosial dalam kehidupannya. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir reflektif dan beralasan dalam mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam konstruk pemikiran kritis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informasi di dapat dari hasil wawancara, kajian pustaka yang bersumber dari jurnal dan pemikiran kritis dari penulis. Wawancara dilakukan selama 1 minggu dengan 7 informan.Subjek penelitian adalah siswa SM</em><em>P.</em> <em>Penelitian keterampilan berpikir kritis diuji dengan menggunakan </em><em>wawancara yang dilalukan untuk</em><em> penelitian. Instrumen keterampilan berpikir kritis dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis yaitu: Membagun keterampilan dasar</em><em>, </em><em>Menganalisis argument</em><em>, </em><em>Memecahkan masalah</em><em>, </em><em>Meningkatkan kemampuan berfikir</em><em>, </em><em>Analisis dan evaluasi</em><em>, dan </em><em>Membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian </em><em>siswa SMP masih kurang dalam berpikir kritis dan memerlukan bimbingan lebih dari orang tua maupun guru untuk meningkatkan berpikir kritis siswa.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1933356-364 ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD KELAS 1-32021-12-03T15:17:03+07:00Alfia Rahmah1805010042@students.unis.ac.idNabila Natasya1805010032@students.unis.ac.idSiti Mujayanah1805010011@students.unis.ac.id<p>Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa, yaitu: keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.Membaca merupakan jendela dunia, kalimat ini secara jelas menggambarkan manfaat membaca, yaitu membuka, memperluas wawasan dan pengetahuan individu.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, melalui tes danwawancara selama 5 hari.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 1-2. Hasil dari penelitian ini manyatakan bahwa sudah terdapat banyak siswa SD kelas 1-3 yang mampu memahami isi bacaan,cukup mampu untukn menyelesaikan masalah yang terdapat didalamnya, dan terdapat berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. </p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1934365-372 ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI SISWA SMA2021-12-03T15:17:39+07:00Mutami Ulfa1805010039@students.unis.ac.idEga Irawati1805010022@students.unis.ac.idFernikca Indiyarsih W1805010046@students.unis.ac.id<p>Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia,penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemahaman konsep ekonomi siswa SMA metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada siswa untuk menggali informasi selama 2 Minggu. Subjek pada penelitian ini adalah siswa. Hasil penelitian ini siswa mengerti konsep ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari yang berkaitan dengan kegiatan manusia.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1935373-381 ASUMSI MASYARAKAT TENTANG MERGER BANK SYARIAH YANG DIMILKI NEGARA MENJADI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI)2021-12-03T15:18:14+07:00Ahmad Yazid Basthomi1805010008@students.unis.ac.idNur Lailah Afrianti1805010016@students.unis.ac.idYaumil Fikri Khairiah1805010030@students.unis.ac.id<p><em>Merger yang dilakukan oleh bank syariah yang dimiliki Negara yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) dan Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) menjadikan terwujudnya Bank syariah Indonesia (BSI). Merger ini dilakukan untuk meningkatkan peran perbankan syariah dalam upaya pengembangan industri keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asumsi masyarakat tentang merger bank syariah yang dimiliki Negara menjadi bank syariah Indonesia (BSI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informasi didapat dari hasil wawancara, kajian pustaka yang bersumber dari jurnal dan pemikiran kritis dari penulis. Wawancara dilakukan selama 1 minggu dengan 5 informan. Subjek penelitian adalah masyarakat yang sudah menjadi nasabah maupun tidak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa informan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan bank syariah yang kurang komprehensif. Informan banyak yang tidak mengetahui adanya merger yang dilakukan oleh bank syariah yang dimiliki Negara menjadi bank syariah Indonesia (BSI) yang mengakibatkan informan sulit memberikan asumsinya. Akad-akad muamalat yang ada pada bank syariah pun belum dipahami secara utuh.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1937382-390 ASUMSI MASYARAKAT TENTANG PEMASARAN PRODUK YANG BERLABEL SYARIAH2021-12-03T15:18:59+07:00Nila Vildakh Syauqiyahlulusyauqiyah@gmail.comNur Saidah Sulistianingsihnursaidahsulistianingsih@gmail.comElva Febrianieelva729@gmail.com<p>Labelisasi halal merupakan pencatuman tulisan atau pernyataan halal pada kemasan produk untuk menunjukkan bahwa produk yang dimaksud berstatus sebagai produk halal. Pelabelisasian halal sangatlah mempengaruhi minat pembeli dalam membeli produk karena konsumen percaya akan produk tersebut, dalam islam pun sudah dijelaskan bahwa dalam produk jual beli itu harus memenuhi syarat seperti barangnya harus suci, bermanfaat, haruslah milik penjual, dan barangnya harus diketahui keadaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana asumsi masyarakat tentang pemasaran produk yang berlabel syariah, dan dampak pemasaran produk yang berlabel syariah pada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan wawancara untuk menggali informasi selama 3 hari. Subjek pada penelitian ini adalah ibu rumah tangga, anak remaja perempuan dan anak remaja anak laki – laki. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam asumsi masyarakat tentang pemasaran produk yang berlabel syariah.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1938391-400 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI HASIL BELAJAR DI DINIAH PENGAJIAN DI MASJID MASING-MASING2021-12-03T15:20:00+07:00Deis Khoerunisa1805010031@students.unis.ac.idFirda Amelia1805010035@students.unis.ac.idAnita Anita1805010026@students.unis.ac.id<p>Pendidikan yang baik akan memberikan dampak positif terhadap karakter siswa. Pendidikan karakter memang perlu di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu pentingnya pengajian untuk menumbuhkan, mewujudkan anak yang berkarakter dan beriman, sehingga selalu dalam ajaran agama islam yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui betapa pentingnya mengimplentasikan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keislaman yang ada di diniah/pengajian sehingga dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi yaitu wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah Guru ngaji, anak dan orang tua yang mengetahui dan memperhatikan langsung dengan karakter anak tersebut. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pendidikan karakter sangat mengedepankan moral atau ahklak sehingga anak menjadi pribadi yang baik dan mulai menanamkan,mengimplementasikan nilai-nilai yang telah diajarkan sehingga muncul akhlak-akhlak terpuji.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1939401-409 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI HASIL BELAJAR PROSES DI SEKOLAH2021-12-03T15:20:40+07:00Jopan Pratama Putra1805010017@students.unis.ac.idAinia Lingziana Yuningsih1805010029@students.unis.ac.idEga Putri Insani1805010019@students.unis.ac.id<p>Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mempersiapkan kesuksesan masa depan pada zaman globalisasi. Pendidikan diharapkan mampu melahirkan masyarakat terdidik berakhlak mulia dan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup secara harmonis, toleran dalam kemajemukan, berwawasan kebangsaan yang demokrasi serta berwawasan global. Sementara karakter Penelitian ini dilakukan pada anak SMA atau yang sering disamakan dengan temperamental oleh sebagian orang merupakan salah satu pembentuk kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan penididikan karakter siswa dalam kehidupan sehari-hari hasil belajar proses di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dimana data yang diambil dari wawancara siswa SMA. Pendidikan karakter sangat penting baik itu di lingkungan pendidikan ataupun di lingkungan sehari-hari karena pembelajaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan adanya pendidikan karakter siswa lebih terarah.</p> <p><strong> </strong></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1940410-419 KETERLIBATAN ORANG TUA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA TK DALAM BELAJAR BERSOSIALISASI DENGAN TEMAN SEBAYA2021-12-03T15:21:28+07:00Wirda Latifah1805010038@students.unis.ac.idVranz Damar1805010047@students.unis.ac.idDinda Adinda1805010034@students.unis.ac.id<h1 style="margin-left: 33.25pt; text-align: justify; tab-stops: 33.25pt;"><span style="font-size: 11.0pt; font-weight: normal;" lang="EN-US">Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang menciptakan anak agar mampu bersosialisasi dengan lingkungan serta mampu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Mendidik dan membimbing anak akan lebih berhasil apabila dilakukan dengan kasih sayang dan keteladanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe pola asuh yang di terapkan oleh orang tua terhadap kemampuan sosialisasi anak TK usia 4-6 tahun.</span> <span style="font-size: 11.0pt; font-weight: normal;" lang="EN-US">Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang yang memiliki anak usia 4-6 tahun. disimpulkan bahwa keterlibatan orang tua dan pola asuh yang diterapkan orang tua memiliki pengaruh penting terhadap kemampuan sosialisasi anak. Sedangkan pola asuh yang dominan diterapkan adalah pola asuh demokratis.</span></h1>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1941420-425 PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG HUKUM ISLAM MEMBAYAR PAJAK KEPADA PEMERINTAH2021-12-03T15:22:05+07:00Mutami Ulfa1805010039@students.unis.ac.idFernicka Indiyarsih W1805010046@students.unis.ac.idEga Irawati1805010022@students.unis.ac.id<p>Pajak merupakan iuran dari masyarakat yang dibayarkan pemerintah yang tujuannya untuk kepentingan negara,penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat tentang hukum pembayar pajak kepada pemerintah metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada masyarakat untuk menggali informasi selama 2 Minggu. Subjek pada penelitian ini adalah masyarakat. Hasil penelitian ini sebagian masyarakat mengatakan bahwa membayar pajak sudah sesuai hukum islam apabila dilakukan sesuai syariat islam,sukarela dan ada sebagian yang mengatakan belum sesuai hukum islam karena masih ada bunga dan oknum yang tidak bertanggung jawab.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1942426-433 PANDANGAN MASYARAKAT TENTANG INVESTASI SYARIAH2021-12-03T15:22:54+07:00Alfia Rahmah1805010042@students.unis.ac.idNabila Natasya1805010032@students.unis.ac.idSiti Mujayanah1805010011@students.unis.ac.id<p><em>Investasi merupakan bagian dari aktivitas ekonomi yang termasuk muamalah maliyah, maka berlakulah kaidah fiqih muamalah yaitu pada dasarnya semua bentuk muamalah termasuk aktivitas ekonomi yang diperbolehkan kecuali terdapat dalil yang mengharamkannya. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan </em><em>melalui</em><em> wawancara, </em><em>untuk mengumpulkan informasi dibutuhkan waktu selama 5 hari</em><em>.</em><em> Subjek pada penelitian ini adalah masyarakat.</em><em> Hasil </em><em>penelitian menjelaskan bahwapandangan masyarakat tentang investasi syariah sangat bagus, karena mengedepankan prinsip-prinsip syariah dalam melakukan transaksi. Meski pasar modal syaraih di Indonesia sudah banyak yang memenuhi prinsip syariah, tetapi masih ada masyarakat yang belum mengetahui tentang pasar modal syariah ataupun investasi syariah. Kurangnya sosialisasi dari pihak pasar modal syariah membuat masyarakat belum mengetahui tentang pasar modal syariah atau investasi syariah</em>.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1943434-443 PEMAHAMAN KONSEP GHARAR DI MASYARAKAT DALAM MELAKUKAN MUAMALAH SEHARI-HARI2021-12-03T15:23:46+07:00Mufti Rusydah Mufidah1805010024@students.unis.ac.idNicky Aryani1805010020@students.unis.ac.idTantia Alif Yulianti1805010003@students.unis.ac.id<p>Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam berbagai bidang, termasuk dalam laju perkembangan mengenai fiqih muamalah kontemporer dalam berbagai aspek kehidupan umat Islam yang membutuhkan solusi alternatif dalam transaksi yang bebas dari beberapa unsur salah satunya yaitu gharar. Gharar berasal dari Bahasa Arab “Al-Khatr†yang bermakna pertaruhan. Al-Gharar adalah Al-Mukhatarah (Pertaruhan) dan Al-Jahalah (Ketidakjelasan) sehingga termasuk ke dalam perjudian, sehingga dari penjelasan tersebut jual beli Gharar adalah dalam perdagangan tersebut semua jual beli yang transaksinya mengandung ketidakjelasan, pertaruhan, dan perjudian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pemahaman masyarakat mengenai muamalah yang memiliki unsur gharar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis secara deskriptif terkait teori yang relevan terhadap penelitian dan berdasarkan dari hasil wawancara yang dilakukan dengan enam orang informan seperti pedagang dan masyarakat sekitar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai konsep gharar dan pemenerapan dalam bermuamalah sehari-hari, setelah diberikan penjelasan mengenai konsep gharar ternyata tanpa sadar masyarakat pernah mengalami gharar tersebut.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1944434-452 PEMAHAMAN KONSUMEN TERHADAP KONSEP GHARAR DALAM TRANSAKSI ONLINE DI MARKET PLACE2021-12-03T15:24:37+07:00Niken Ari Pertiwi1805010028@students.unis.ac.idIqrima Azzahrah1805010006@students.unis.ac.idSherly Berliana1805010002@students.unis.ac.id<p>Gharar adalah wujud dari produk yang dijual tidak dijelaskan secara rinci mengenai sifat dan kondisi produk, sehingga pembeli hanya mengetahui secara samar.Transaksi online terjadi ketika pembeli dan penjual tidak lagi dilakukan dengan ijab qabul secara lisan, melainkan dilakukan melalui perantara kertas-kertas berharga seperti wesel, cek dan lain sebagainya.Dan market place merupakan salah satu sarana kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang konsumen ketahui mengenai konsep gharar, apakah konsumen pernah mengalami kasus gharar dalam transaksi online dan penyeselesaiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan wawancara untuk menggali informasi selama 4 hari. Subjek pada penelitian ini adalah masyarakat kota Tangerang yang biasa melakukan transaksi online di berbagai market place. Hasil penelitian menjelaskan bahwa masih banyak konsumen yang belum mengetahui konsep gharar. Walaupun pada dasarnya hampir dari seluruh informan kami telah mengalami kasus gharar.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1945453-460 PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG FIQIH MUAMALAH2021-12-03T15:25:32+07:00Siti Humayyah1805010041@students.unis.ac.idNurul Fadilah1805010012@students.unis.ac.idSisi Dwi Kartiwi1805010005@students.unis.ac.id<p>Dalam Islam mengajarkan bahwa dalam berhubungan antar sesama manusia harus memberikan manfaat dan menghindari kedzoliman. Setiap praktek muamalah harus berdasarkan pada keadilan dan sunnah Nabi Muhammad SAW. serta menghindari kecurangan dan penipuan, termasuk dalam praktek jual beli yang harus dilakukan sesuai ajaran islam. Setiap muslim harus berperilaku sesuai dengan syariat islam untuk mendapatkan keridhaan Allah dalam kegiatan sehari-hari, termasuk kegiatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat tentang fiqih muamalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara langsung kepada narasumber selama dua hari dengan waktu yang disesuaikan. Subjek penelitian ini adalah beberapa pedagang dan pembeli. Hasil dari penelitian ini bahwa ternyata sekarang ini masyarakat banyak yang telah memahami tentang fiqih muamalah. Artinya dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan kegiatan berniaga, masyarakat telah menjalankan kegiatan perniagaan atau perdagangan sesuai dengan syariat islam. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada sebiagian masyarakat yang melakukan kecurangan dalam berdagang.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1946461-469 PEMAHAMAN TENTANG KONSEP KREDIT JUAL BELI MENJADI RIBA DI MASYARAKAT2021-12-03T15:26:14+07:00Vivih Aprianingsih1805010023@students.unis.ac.idYulia Rachmawati1805010021@students.unis.ac.id<p>Jual beli merupakan aktifitas muamalah menukar sesuatu dengan sesuatu yang diinginkan dan bernilai sepadan melalui cara tertentu yang bermanfaat. Islam memandang jual beli sebagai sarana tolong menolong antar sesame manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya yang tanpa batas dengan keterbatasan sumber daya yang ada. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis tentang jual-beli kredit (angsuran) dalam pandangan kajian disiplin ilmu fiqih yang berlandaskan Syariah islam secara benar dan penelitian terhadap mekanisme pelaksanaannya yang terjadi pada Lembaga keuangan islam Non-Bank. Sehingga kita semua bisa terhindar dari keraguan dan bertambah yakin sehingga bisa bermuamalah melakukan jaul beli sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah dan terhindar dari riba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep kredit jual-beli menjadi riba di masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah warga sekitar. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa riba adalah suatu kegiatan pengambilan nilai tambah yang memberatkan dari sebuah akad perekonomian, seperti jual beli maupun utang piutang. Riba juga merujuk pada kelebihan dari jumlah uang pokok yang dipinjamkan oleh pemberi pinjaman ke orang yang meminjam</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1947470-478 PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA2021-12-03T15:26:51+07:00Niken Ari Pertiwi1805010028@students.unis.ac.idIqrima Azzahrah1805010006@students.unis.ac.idSherly Berliana1805010002@students.unis.ac.id<p>Pembelajaran Agama Islam merupakan pembelajaran yang penting dalam sebuah pembentukan karakter siswa. Adanya suatu pendidikan karakter disekolah sangat lah penting dan berguna bagi seluruh siswa di sekolah karena didalam suatu pendidikan karakter akan di ajarakan bagaimana siswa belajar bertoleransi, menjauhi hal yang dilarang yang tentunya tidak baik serta menjadi individu yang semakin baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan agama Islam di sekolah, dan dampak pembelajaran pendidikan agama Islam pada karakter siswa di sekolah maupun di kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan wawancara untuk menggali informasi selama 4 hari. Subjek pada penelitian ini adalah siswa tingkat SMA. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendidikan agama islam dalam menciptakan karakter siswa yang mampu berfikir, bersikap, bertingkah laku, dalam mewujudkan kepribadian yang berkualitas, tercermin pada prilaku yang dapat membedakan mana hal yang baik dan tidak baik, meneladani akhlak rasul, sholat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, berzikir, dan bersedekah.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1948479-486 PENGELOLAAN DEWAN KEMAKMURAN MASJID DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KARAKTER REMAJA DI LINGKUNGAN RW.006 KOTA TANGERANG2021-12-03T15:27:40+07:00Jopan Pratama Putra1805010017@students.unis.ac.idAinia Lingziana Yuningsih1805010029@students.unis.ac.idEga Putri Insani1805010019@students.unis.ac.id<p>Pengelolaan atau idarah masjid, disebut juga Manajemen Masjid. Peran Dewan Pengelolaan Masjid sangat dibutuhkan dalam terselenggaranya pengelolaan masjid yang baik dalam rangka meningkatkan fungsi masjid dan menambah keilmuan jamaah di tiap-tiap masjid. Diperlukan kerjasama oleh seluruh anggota Dewan Keamanan Masjid (DKM) dalam meningkatkan Pendidikan Agama dan pembinaan karakter remaja dilingkungan RW.006 Kota Tangerang. Dewan Kemakmuran Masjid harus bisa berinovasi dalam membuat kegiatan supaya remaja tidak bosan atau bisa mengikuti kegiatan yang ada dimasjid supaya bisa meningkatkan ilmu agama maupun karakter yang baik. Untuk mencapai itu semua, anggota-anggota DKM harus bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, dan juga bisa menguasai ilmu agama dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dimana data yang diambil dari wawancara pengurus masjid.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1949487-495 PENGELOLAAN UANG KAS MASJID DALAM MEMAKMURKAN WARGA YANG TIDAK MAMPU2021-12-03T15:28:15+07:00Deis Khoerunisa1805010031@students.unis.ac.idFirda Amelia1805010035@students.unis.ac.idAnita Anita1805010026@students.unis.ac.id<p>Masjid merupakan pusat kehidupan umat muslim, masjid memiliki kegiatan yang di adakan oleh umat muslim untuk mensejahterakan masyarakat, maka dalam hal tersebut di butuhkannya pengelolaan atau manajemen yang baik dari pengurus masjid. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengelolaan uang kas masjid dalam mensejahterakan warga yang tidak mampu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi yaitu wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah pengurus masjid dan masyarakat yang berada dalam lingkungan masjid tersebut yang sering kali ikut serta dalam kegiatan masjid. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa masih ada masjid yang tidak bisa mensejahterakan masyarakat kurang mampu, namun pengelolaan kasnya sangat baik dan sangat terbuka sehingga masyarakat bisa memahami. Kegiatan yang dilakukan masjid untuk mensejahterakan masyarakat kurang mampu sangat membantu, namun tidak semua masjid memenuhi perannya dalam mensejahterakan umat Islam.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1950496-501 PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS KABUPATEN2021-12-03T15:28:59+07:00Iin Indah Sari1805010004@students.unis.ac.idAhmad Kanzu1805010014@students.unis.ac.idNanang Kosim1805010010@students.unis.ac.id<p>Zakat merupakan salah satu rukun islam yang harus ditaati oleh setiap umat islam yang sudah memiliki penghasilan dan memiliki harta yang cukup untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan dan yang berhak untuk menerima zakat. Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat maka perlunya kesadaran bagi orang yang wajib membayar zakat untuk mengeluarkan hartanya kepada orang yang membutuhkan. Satrio & Siswantoro (2016) mengungkap faktor pendapatan merupakan faktor utama terhadap minat masyarakat membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat. Masyarakat mempertimbagkan besar-kecilnya pengahasilan mereka untuk membayar zakat pada Lembaga Amil Zakat. Sehingga semakin besar pendapatan yang mereka peroleh maka akan semakin besar pula peluang untuk membayar zakat pada Lembaga Amil Zakat. Terdapat dua lembaga pengelolaan zakat yang dipercaya dalam mengoptimalkan pengumpulan dana zakat, antara lain lembaga pemerintah yang berwenang untuk melakukan pengelolaan dan pendistribusian zakat yaitu Badan Amil Zakat dari tingkat Nasional (BAZNAS) dan ada pula lembaga non pemerintah yaitu Lembaga Amil Zakat (LAZ). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Kp. Cogreg Desa Keboncau Teluknaga Tangerang. Waktu yang diperlukan untuk Penelitian ini selama 4 (Empat) bulan, terhitung dari bulan Maret sampai bulan Juni tahun 2021. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah masyarakat Kp. Cogreg desa keboncau teluknaga Tangerang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah tingkat pengetahuan serta minat membayar zakat pada lembaga zakat BAZNAS.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1951502-510 PERAN PENDIDIKAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER UPAYA MENANGKAL RADIKALISME SISWA2021-12-03T15:29:36+07:00Siti Humayyah1805010041@students.unis.ac.idNurul Fadilah1805010012@students.unis.ac.idSisi Dwi Kartiwi1805010005@students.unis.ac.id<p>Pembentukan dan pengembangan karakter siswa bukan hanya menjadi tugas guru maupun pihak sekolah saja melainkan utamanya adalah tugas orangtua. Karakter seseorang dapat menentukan baik buruknya tindakan yang akan dilakukan dan berpengaruh terhadap penyesuaian diri seseorang terhadap lingkungannya. Sekarang ini paham radikalisme mengincar para kaum muda termasuk para pelajar. Mengingat usia pelajar merupakan usia yang masih rentan dapat dipengaruhi oleh orang lain dan mudah tersulut emosi, maka penting sekali pengembangan karakter siswa sebagai modal utama dalam mengambil keputusan dan melakukan semua tindakan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peranan orangtua dalam pengembangan karakter upaya menangkal radikalisme siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara langsung kepada narasumber selama dua hari dengan waktu yang disesuaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peranan pendidikan orangtua berpengaruh pada pengembangan karakter siswa yang dapat menangkal radikalisme siswa.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1952511-517 PERMAINAN TRADISIONAL DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK REMAJA2021-12-03T15:30:11+07:00Nila Vildakh Syauqiyahlulusyauqiyah@gmail.comNur Saidah Sulistianingsihnursaidahsulistianingsih@gmail.com<p><em>Permainan tradisional merupakan suatu permainan yang menggabungan antara unsur permainan dengan suatu gerak yang persis seperti gerakan olahraga. Banyak diantara permainan tradisional yang manfaatnya mirip dengan olahraga yang biasa dilakukan sehari-hari. Dalam permainan tradisional pun lebih banyak mengajarkan tentang nilai budaya yang dapat diimplementasikan sebagai nilai budaya untuk mengenalkan budaya di Indonesia secara tidak langsung. Dalam permainan Tradisional pun disisipkan nilai karakter yang dikenalkan secara tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter didalam permainan tradisonal serta manfaat apa saja yang didapatkan dalam sebuah permainan tradisonal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan waawancara untuk menggali informasi selama 2 hari. Subjek pada penelitian ini adalah siswa siswi tingkat SMP. Hasil penelitian menjelaskan bahwa permainan tradisional selain menjadi alat untuk menjaga kebudayaan Indonesia juga didalamnya terdapat nilai-nilai karakter yang baik serta didalam setiap permainan tradisonal terdapat gerakan-gerakan yang mirip dengan kegiatan berolahraga.</em></p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1953518-526 PERSEPSI MASYARAKAT PADA KONSEP MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH2021-12-03T15:31:05+07:00Wirda Latifah805010038@students.unis.ac.idVranz Damar1805010047@students.unis.ac.idDinda Adinda1805010034@students.unis.ac.id<h1 style="margin-left: 33.25pt; text-align: justify; tab-stops: 33.25pt;"><span style="font-size: 11.0pt; font-weight: normal;" lang="EN-US">Bank syariah dilihat dari sisi perkembangannya saat ini tidak ketinggalan dengan kemajuan bank konvensional. Perbankan konvensional yang menerapkan sistem bunga berjalan berdampingan dengan perbankan syariah yang menerapkan system bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang persepsi masyarakat pada konsep mudharabah di Bank Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang dijadikan subjek penelitian adalah masyarakat yang memiliki tabungan di Bank Syariah maupun yang memiliki tabungan di Bank Konvensional, sedangkan objek penelitian adalah persepsi masyarakat terhadap pembiayaan mudharabah di Bank Syariah. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan pembiayaan mudharabah pada Bank Syariah dikatagorikan kurang baik karena kurangnya informasi yang didapatkan oleh masyarakat mengenai pembiayaan mudahrapah di Bank Syariah.</span></h1>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1954527-536 PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG RIBA PADA TRANSAKSI DI BANK KONVENSIONAL (SURVEY MASYARAKAT DI KABUPATEN TANGERANG)2021-12-03T15:31:42+07:00Alfa Laila1805010036@students.unis.ac.idNeni Widyawati1805010027@students.unis.ac.id<p>Riba merupakan pengambilan tambahan, baik secara transaksi jual beli maupun pinjam meminjam secara bathil atau bertentangan dengan prinsip muamalah dalam islam. Kegiatan ekonomi tidak akan lepas dari riba, artinya hal tersebut menjadi kebutuhan mendasar setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai transaksi adanya riba di bank konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif analisis. Populasi subjek pada penelitian ini yaitu masyarakat kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa tidak sedikit masyarakat yang masih menggunakan transaksi di bank konvensional walaupun sudah jelas keharamannya, namun masyarakat tidak memperdulikan hal tersebut. Masyarakat memiliki motif tujuan (alasan) mayoritas karena kebutuhan dan tuntutan pekerjaan sehingga dapat mempermudah kegiatan ekonomi. Bahwa masyarakat mengetahui dan menyadari riba itu haram dan merupakan dosa besar, terlepas hal tersebut akan di pertanggung jawabkan diakhirat kelak bahwa riba berdampak buruk pada perekonomian.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/2001537-541 MENULIS TEKS DESKRIPTIF TENTANG ORANG, HEWAN DAN TEMPAT MENGGUNAKAN GAMBAR2021-12-03T15:33:14+07:00Vicky Bella1805020065@students.unis.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan tulisan di sini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif di kelas X SMK Mandiri 2 Balaraja. Jenis media yang digunakan oleh penulis adalah visual, karena biasanya tipe visual lebih mudah untuk mengerti dan memahami. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penulis menggunakan gambar supaya siswa tertarik dan tidak merasa bosan ketika sedang belajar dan mereka dapat mendeskripsikan orang, hewan atau tempat yang ada pada gambar di dalam power point tersebut. Oleh karena itu, penulis menggunakan gambar supaya siswa merasa nyaman dan memudahkan siswa dalam belajar.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIShttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/2002542-549 USING MEDIA AUDIO-VISUAL OF EXPLANATION TEXT TO IMPROVE STUDENT’S WRITING2021-12-03T15:33:53+07:00Ananda Wulan Rofiqoh1805020067@student.unis.ac.id<p>The purpose of this study was to improve the quality, process and ability of students in writing explanatory texts using audio-visual media. In this study using the method of classroom action research or classroom action research. Aims to improve the problems that exist in the classroom, namely the difficulty of students in writing explanatory texts. Data was collected by observing, filling out questionnaires and interviewing teachers. The results of the research show that there is an increase in the writing ability of class X students of SMA Tunas Bangsa.</p>2021-12-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2021 PROSIDING PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIS