PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, BRAND EQUITY, KUALITAS PRODUK, PROMOSI, TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. BCA FINANCE CABANG BATAM

Authors

  • Sabilla Addin Program Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Lukmanul Hakim Program Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan, Batam
  • Zulkifli Zulkifli Program Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan, Batam

Abstract

Pengaruh Customer Relationship Management, Brand Equity, Kualitas Produk, Promosi  Terhadap Kepuasan Konsumen PT. BCA Finance Cabang Batam, Pesatnya bisnis menjadikan persaingan antar Finance yang semakin meningkat. maka semakin banyak pula alternatif yang dimilliki konsumen sehingga perusahaan harus selalu berusaha mendapatkan Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan merupakan hal penting yang ditimbulkan akibat dari perasan yang dialami langsung oleh kosumen dirasakan (perceived) sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen. Customer Relationship Management, Brand Equity, Kualitas Produk, Promosi ,menjadi hal penting yang harus diperhatikan karna dapat menimbulkan Kepuasan Konsumen jika pengalaman yang diperoleh ketika melakukan pembelian di suatu perusahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengujiPengaruh Customer Relationship Management, Brand Equity, Kualitas Produk, Promosi  Terhadap Kepuasan Konsumen. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen PT. BCA Finance Cabang Batam. Sampel penelitian ini berjumlah 92 responden yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan asumsi klasik, setelah itu dilakukan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Customer Relationship Management, Brand Equity, Kualitas Produk, Promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Terhadap kepuasan Konsumen pada PT. BCA Finance, dan memiliki signifikan negatif terhadap variabel terikat, yaitu keputusan pembelian (Y). Hal ini dibuktikan dengan Signifikansi Anova yaitu 0,000< 0.05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel memiliki pengaruh baik secara parsial dan simultan dengan pengaruh signifikan dan positif. Sedangkan pengaruh Customer Relationship Management, Brand Equity, Kualitas Produk, Promosi Terhadap kepuasan konsumen pada PT. BCA Finance sebesar 80,8%

References

Algifari (2015) Analisis Regresi. STIE YKPN, Yogyakarta.

Anna Octora, dkk (2016) Penuntun Diet edisi baru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Antoni. (2017). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek.Jakarta :Gema Insani Press

Azwar dalam Agung. (2015). Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. PT. Cipta Preess

Boediono, lidia. (2018). Ekonomi Moneter Edisi 3. Yogyakarta: BPFE

Herman Darmawi, (2016). Manajemen Perbankan. Bumi Aksara: Jakarta

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo

Kasmir. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Komarudin, Sastradipoera. (2016). Strategi Manajemen Bisnis Perbankan, Konsep dan Implementasi untuk Bersaing. Bandung : Kappa-Sigma.

Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku kedua. Edisi pertama. Andi. Yogyakarta

Kuncoro dan Suhardjono (2018). Manajemen Perbankan (Teori dan Aplikasi), Edisi Pertama, Penerbit BPFE , Yogyakarta

Legawa. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Munawir, sugiano 2018. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty

Sadono. Sukirno. (2015). Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Suhardjono. (2017). Analisis Kredit Macet. Jakarta: Djambatan.

Tjiptono, Fandi. (2018). Brand Management & Strategy, Cetakan 1, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Downloads

Published

2020-12-25