ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) TIRTA BENTENG KOTA TANGERANG
Keywords:
Kualitas, Pelayanan Publik, Tirta BentengAbstract
Perusahaan air minum merupakan salah satu perusahaan yang menghasilkan pelayanan jasa air kepada masyarakat, namun dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat masih banyak permasalahan diantaranya air keruh dan kekuning-kuningan,air yang berbau dan juga pipa bocor serta pelayanan pegawai yang dianggap kurang tanggap dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dan upaya yang di lakukan pada PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang belum dikatakan baik karna masih rendahnya daya tanggap dan empati. Adapun permasalahan yang terdapat di PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang diantaranya, air keruh dan air bau, dimana permasalahan tertinggi adalah tidak ada air dan juga meterannya tidak jalan menunjukkan jumlah pelapor yang semakin tinggi. Upaya dalam meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh PDAM dalam bidang keluhan pelanggan yaitu menyediakan layanan pengaduan berupa media sosial dan web resmi untuk pengaduan khusus pelanggan, melakukan pengecekan rutin sebulan sekali, menerapkan budaya disiplin kepada pegawai agar menciptakan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat.