AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER UNTUK JURUSAN TKJ KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi game edukasi yang berjudul “Pengenalan software dan hardware komputer†untuk siswa kelas X jurusan TKJ. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan, identifikasi produk, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk dan juga uji coba produk. Pada penelitian ini melibatkan 8 orang responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi oleh siswa kelas X jurusan TKJ. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan analisis deskriptif. Hasil akhir pengembangan produk berupa aplikasi “Pengenalan Software dan Hardware Komputer untuk Siswa kelas X jurusan TKJâ€. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk meningkatkan daya tarik siswa. Hasil perhitungan menunjukkan skor 81,5% termasuk dalam kategori sangat layak. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality menjadikan aplikasi ada interaksi antara aplikasi dan siswa sehingga siswa akan semakin tertarik untuk belajar dan tidak cepat merasa bosan. Aplikasi ini juga akan membantu guru mata pelajaran untuk menyampaikan materi yang akan diajarkan pada siswa.