https://ejournal.unis.ac.id/index.php/SEPEKAN_FKIP/issue/feedProceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN) FKIP Universitas Islam Syekh-Yusuf2023-12-19T14:02:14+07:00Open Journal Systems<p>Seminar Nasional dan Call for Papers ini diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dengan tagline Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN). Seminar ini diharapkan menjadi tempat untuk saling berdiskusi, bertukar informasi dan pengalaman dalam asil research yang telah dilakukan dan memperkaya khasanah pengetahuan dengan harapan munculnya temuan-temuan baru dalam lingkup teori dan aplikasinya serta menyebarluaskan hasil hasil penelitiam bagi peneliti, dosen, guru, mahasiswa dibidang ilmu pendidikan. Kemajuan teknologi dan cara berpikir untuk mengakses dan menafsirkan informasi sebagai salah satu keterampilan era industry 4.0 dan era society<br>5.0 memberikan kontribusi tidak hanya untuk kehidupan sehari-hari tetapi juga untuk dunia pendidikan. Industri 4.0 memberikan landasan teknologi yang diperlukan untuk mewujudkan visi dan melakukan transisi menuju Society 5.0, dimana teknologi digunakan secara penuh untuk mencapai kemajuan sosial dan kehidupan yang lebih baik. Keduanya merupakan tema pembahasan yang menarik terkait peluang dan tantangannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan didiskusikan bersama melalui kegiatan seminar ini. </p>https://ejournal.unis.ac.id/index.php/SEPEKAN_FKIP/article/view/4399THE USE OF POSTERS TO ENHANCE STUDENTS` WRITING SKILL AT THE TENTH GRADE OF SMK JAYA BUANA KABUPATEN TANGERANG IN ACADEMIC YEAR 2022-20232023-12-19T13:03:04+07:00Eni Khoiriyah,Tenia Ramalia Andri Kurniawanproceeding@fkip.ac.id<p><em>The purpose of this study is to determine whether posters can improve the writing of descriptive texts among tenth grade students of SMK Jaya Buana Tangerang Regency in the 2022-2023 academic year. This study is a quantitative study using 60 students as samples with a sample of X TKJ 1 and X TKJ2 students taken nonrandomly using a non-equivalent control design pseudo-experiment. Student tests were used by researchers to collect data through pre-test and post-test. The results of this study are statistical calculations with One-Sample Kolmogorov-Smirnov, it is known that the asymptotic significance of the pre-test and post-test on the experimental class data is 0.000 <0.05. It can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is a significant difference in the use of poster media to enhance students' writing skills in descriptive text. Therefore, it can be concluded that there is a positive effect of using posters on improving the writing skills of class X students of SMK Jaya Buana Kabupaten Tangerang. </em></p>2023-12-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN) FKIP Universitas Islam Syekh-Yusufhttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/SEPEKAN_FKIP/article/view/4400IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILLS BY USING SONGS LYRICS AT ELEVENTH GRADE OF SMAN 12 KABUPATEN TANGERANG IN THE ACADEMIC YEAR 2023-20242023-12-19T13:03:56+07:00Andri Kurniawan, Isnaniah Nuzulun Nikmahproceeding@fkip.ac.id<p>This research aims to find out the effectiveness of lyric of song in increasing writing skill at SMAN 12 Kabupaten Tangerang. The population of this research is the eleventh-grade students of SMAN 12 Kabupaten Tangerang. The sample took by used total sampling. The number of samples is 35 students. This research used pre-experimental method with pre-test and post-test design. The pre-test given to know basically skill of the students’ writing skills and post-test given to know the students’ improvement in writing skill after given the treatment, and the researcher used lyric of the song as media in writing skills. The result of this research shows that there are significant improvements on students writing skill after conducting the treatments. The result of data is normally distributed and homogeneous. It could be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. It means there is a significant improvement of students’ writing skills by using song lyrics as media in writing skills.</p>2023-12-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN) FKIP Universitas Islam Syekh-Yusufhttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/SEPEKAN_FKIP/article/view/4402PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS DEBAT BERBASIS KESANTUNAN BERBAHASA2023-12-19T13:27:57+07:00Sunia Ardiyanti, Reni Nur Eriyani Siti Ansoriyahproceeding@fkip.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan guru akan materi ajar teks debat di Brain Academy Ruangguru (2) mengetahui rancangan materi ajar teks debat berbasis kesantunan berbahasa (3) Mengetahui persepsi ahli materi, guru bahasa Indonesia dan siswa terhadap pengembangan materi ajar teks debat berbasis kesantunan berbahasa. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah research and development. Penelitian ini dilakukan menggunakan model 4D ( Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul ini layak digunakan dalm pembelajaran.</p>2023-12-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN) FKIP Universitas Islam Syekh-Yusufhttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/SEPEKAN_FKIP/article/view/4403AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER UNTUK JURUSAN TKJ KELAS X2023-12-19T13:37:59+07:00Suci Dwi Ramadhani, Afan Muzaki Viviantiproceeding@fkip.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi game edukasi yang berjudul “Pengenalan <em>software</em> dan <em>hardware</em> komputer†untuk siswa kelas X jurusan TKJ. Penelitian ini menggunakan metode <em>research and development</em> (R&D) dengan beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan, identifikasi produk, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk dan juga uji coba produk. Pada penelitian ini melibatkan 8 orang responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi oleh siswa kelas X jurusan TKJ. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan analisis deskriptif. Hasil akhir pengembangan produk berupa aplikasi “Pengenalan <em>Software</em> dan Hardware Komputer untuk Siswa kelas X jurusan TKJâ€. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk meningkatkan daya tarik siswa. Hasil perhitungan menunjukkan skor 81,5% termasuk dalam kategori sangat layak. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality menjadikan aplikasi ada interaksi antara aplikasi dan siswa sehingga siswa akan semakin tertarik untuk belajar dan tidak cepat merasa bosan. Aplikasi ini juga akan membantu guru mata pelajaran untuk menyampaikan materi yang akan diajarkan pada siswa.</p>2023-12-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN) FKIP Universitas Islam Syekh-Yusufhttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/SEPEKAN_FKIP/article/view/4406THE IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ENGLISH SUBJECT AT SDIT AL-KAUTSAR KOTA TANGERANG2023-12-19T13:45:58+07:00Hery Nuraini, Marrieta Moddies Swara, Lastry Forsia, Taqyudin Subkiproceeding@fkip.ac.id<p>The purpose of this study is to know how the implementation of <em>Kurikulum Merdeka</em> in English subject at SDIT AL-Kautsar Kota Tangerang. This research used descriptive qualitative method to know how the implementation of <em>Kurikulum Merdeka</em> on learning and the approach between teachers and students at SDIT AL-Kautsar. The object of this research is English teacher and 6 students' consisting of 4 male students and 2 female students at SDIT AL Kautsar Kota Tangerang. According to the data obtained by interview with teacher and students'. The findings of the data analysis show that <em>Kurikulum Merdeka</em> is very good for teacher and students that makes students more active in the classroom and easier to understand the learning material provided by the teacher. Therefore, teachers and students strongly support the implementation of the <em>Kurikulum Merdeka</em> at SDIT AL Kautsar, because it can make students and teachers more active and there are no boundaries between teachers and students</p>2023-12-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN) FKIP Universitas Islam Syekh-Yusufhttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/SEPEKAN_FKIP/article/view/4407PENGEMBANGAN ASESSMEN PEMBELAJARAN PAI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR2023-12-19T13:53:24+07:00Nurul Azizah, Zuhrotul Mufidah 3Rosendah Dwi Maulayaproceeding@fkip.ac.id<p>Saat ini pendidik perlu menyesuaikan diri dari penilaian otentik yang mengukur aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada siswa di kurikulum 2013 menuju asesmen integral yang memadukan ketiga unsur tersebut. Penilaian yang biasanya hanya mengukur kemampuan akhir peserta didik setelah diadakan pembelajaran, pada kurikulum merdeka dikembangkan lagi asesmen diagnostik untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan peserta didik sebelum diadakan pembelajaran. Adapun materi PAI (Pendidikan Agama Islam) mempunyai nilai tersendiri, sehingga proses asesmen materi PAI di kurikulum merdeka harus berbeda dari pengembangan asesmen materi pembelajaran lainnya. Sebab, materi PAI mempunyai kepentingan yakni mengontruksikan pengetahuan dan menginternalisasikan nilai-nilai sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan asesmem pada pembelajaran materi PAI dengan menggunakan kurikulum merdeka belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil temuan dari penelitian yakni terdapat empat poin di antaranya sebagai berikut; <em>Pertama,</em> perbedaan asesmen pada kurikulum merdeka yang integral dengan kurikulum 2013 yang memisahkan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; <em>Kedua, </em>prinsip asesmen pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka harus berdasar pada asesmen otentik; <em>Ketiga, </em>bentuk-bentuk asesmen pada pembelajaran PAI terdiri dari asesmen formatif dan sumatif. Asesmen sumatif dapat dilakukan dengan ujian tulis, lisan, portofolio, kegiatan proyek dan sebagainya; <em>Keempat, </em>penerapan asesmen dalam pembelajaran PAI menemui beberapa kendala tergantung dengan karakteristik asesmennya. Dari penelitian ini diharapkan pendidik dan lembaga pendidikan dapat mengembangkan jenis dan bentuk asesmen pembelajaran PAI sesuai dengan kebutuhan lembaganya karena inti dari kurikulum merdeka adalah kebebasan mengembangkan sesuai dengan kebutuhan.</p>2023-12-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN) FKIP Universitas Islam Syekh-Yusufhttps://ejournal.unis.ac.id/index.php/SEPEKAN_FKIP/article/view/4408STRATEGI PETANI MENGATASI FLUKTUASI PENJUALAN HASIL PANEN JERUK (Studi Petani Jeruk Desa Karang Widoro Kabupaten Malang)2023-12-19T14:02:14+07:00Agung Nugroho, Imam Mukhlis, Khansa A Mehas Dwi Farha Salsabila, Nur Ainiproceeding@fkip.ac.id<p class="p1"> </p> <p class="p2"><span class="s1"><span class="Apple-converted-space"> </span></span>Produktivitas hasil pertanian menjadi sumber pendapatan utama dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat seiring dengan pertambahan populasi manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi petani dalam mengatasi fluktuasi penjualan melalui pemasaran hasil pertaniannya untuk tetap meningkatkan pendapatannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa petani memerlukan stategi dalam menghadapi fluktuasi penjulan hasil panen. Petani juga perlu sadar pemilihan slauran pemasaran yang efektif dan efisien yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pendapatan petani. Selain itu, petani juga perlu meningkatkan strategi pengelolaan lahannya agar dapat seimbang dengan hasil panen sehingga menghindari kerugian. Diharapkan kepada petani sadar dengan berkembangnya zaman harus mampu berkembang menjadi petani cerdas yang bisa memanfaatkan berkembangnya iptek dan arus globalisasi sebagai peluang mereka untuk melakukan inovasi terhadap usahanya.<span class="Apple-converted-space"> </span></p>2023-12-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Proceeding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (SEPEKAN) FKIP Universitas Islam Syekh-Yusuf