Implementasi Mobile Learning Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak Pada Jurusan Multimedia
DOI:
https://doi.org/10.33592/jutis.v8i2.1103Keywords:
Pembelajaran, Mobile, Multimedia, Smartphone, Kamera.Abstract
Semenjak munculnya wabah Pandemi COVID-19 yang terjadi pada seluruh dunia, membawa beragam kepanikan termasuk di Indonesia. Dampak kepanikan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan kebijakan secara mendasar dalam dunia pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut untuk mengatur kegiatan pembelajaran selama masa pandemi COVID-19, yaitu merubah cara belajar mengajar siswa dan guru dari rumah atau secara daring. Dengan adanya kebijakan ini guru selaku pengajar harus berputar otak untuk mencari pola yang tepat agar pembelajaran dari rumah atau secara daring dapat dilakukan dengan gaya dan strategi yang berbeda. Pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran secara konvensional. SMKN 2 Pandeglang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran secara daring khususnya dalam pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak pada jurusan Multimedia, yang mana pada pelajaran ini membutuhkan teknik dan alat kamera untuk mempraktekkan pengambilan gambar bergerak. Untuk itu peneliti mencoba memberikan solusi melalui karya penelitian dan membuat aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone atau seluler berbasis Android. Karena smartphone sendiri memiliki kamera yang bisa digunakan dalam pembelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak tanpa harus memiliki kamera khusus. Dengan implementasi mobile learning berbasis Android ini mudah-mudahan mampu memberikan solusi terhadap kegiatan pembelajaran di lingkungan SMKN 2 Pandeglang khususnya di jurusan Multimedia.References
F. A. Ramadan and N. Arfinanti, “Pengembangan Mobile Learning RENSI (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP,†J. Pengemb. Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 1, pp. 42–50, 2019, doi: 10.21240/mpaed/XX/2014.03.03.X.
A. D. Samala, B. R. Fajri, and F. Ranuharja, “Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App,†J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 13–19, 2019, doi: 10.24036/tip.v12i2.221.
R. F. Rahmat, L. Mursyida, F. Rizal, K. Krismadinata, and Y. Yunus, “Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital,†J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 116–126, 2019, doi: 10.21831/jitp.v6i2.27414.
D. A. Wulandari, H. Wibawanto, A. Suryanto, and A. Murnomo, “Pengembangan Mobile Learning berbasis Android pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 5, p. 577, 2019, doi: 10.25126/jtiik.201965994.
D. Wira, T. Putra, and R. Andriani, “Unified Modelling Language ( UML ) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,†vol. 7, no. 1, 2019.
sianturi setiawan simatupang julianto, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. HANDOYO BERBASIS ONLINE Julianto,†Simatupang, Julianto Sianturi, Setiawan, vol. 3, no. 2, pp. 11–25, 2019.
Nugroho, H., & Rohimi, T. (2020). Perancangan Aplikasi Sistem Pengolahan DataPenduduk Dikelurahan Desa Kaduronyok Kecamatan Cisata , Kabupaten Pandeglang Berbasis Web. JUTIS Jurnal Teknik Informatika Unis 8(1), 1–15.
Sukisno, S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Perhitungan Caddie Fee Pada Imperial Klub Golf Karawaci Kabupaten Tangerang. JUTIS Jurnal Teknik Informatika Unis, 7(2), 153–158. https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.397