Analisis dan Pembuatan Aplikasi E-commerce Terintegrasi Pada Sistem B2B Dengan Pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) Untuk Penjualan Produk Transformator

Authors

  • Mufida Dewi Puspa Universitas Gunadarma
  • Lily Wulandari Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v9i1.1303

Keywords:

E-commerce, B2B, SDLC, Waterfall, TELOS

Abstract

E-commerce telah menjadi sumber yang semakin penting bagi keunggulan kompetitif untuk perusahaan dalam memperkenalkan produk yang dijual. Salah satu produk yang dapat dijual melalui E-commerce business-to-business (B2B) adalah transformator. Ini memungkinkan perusahaan tidak hanya untuk mengurangi biaya transaksi dan menawarkan berbagai layanan tambahan, tetapi juga untuk meningkatkan efisiensi dalam kolaborasi dengan pelanggan dan pemasok mereka. E-commerce dapat memberikan informasi barang, memudahkan pemesanan barang dan tidak dibatasi waktu dan jarak. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis dan membuat aplikasi E-Commerce jenis B2B untuk Perusahaan Jasa Operasi dan Pemeliharaan yang ingin menjual produk transformatornya. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Studi kelayakan dilakukan terlebih dahulu dengan menggunakan TELOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi E-Commerce jenis B2B dapat dibangun dengan mengikuti langkah-langkah pada metode System Development Life Cycle (SDLC)

Kata kunci:  E-commerce, B2B, SDLC, Waterfall, TELOS

References

[1] Abdulrahman, A & Masripah, S. (2017). Metode Waterfall Untuk Sistem Informasi Penjualan. Information System for Educators and Professionals. 2 (1): 95 –104.
[2] Abdullah, D. (2017). Merancang Aplikasi Perpustakaan Menggunakan SDLC. Aprilianti, D. (2019) Rancang Bangun Automatic Transfer Switch (Ats) Sebagai Penghubung Sumber Daya Listrik Cadangan Menggunakan Arduino Uno Atmega328 Berbasis Web. Other Thesis, Politeknik
[3] Ponomarenko, A. (2018). Rencana Pemasaran Digital B2B untuk Menarik Pelanggan Internasional Baru dan Membangun Kesadaran Merek Secara Global dengan Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO). Degree programme in International Business, JAMK University of Applied Science
[4] Anggar, K. S. (2017). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Eticketing Terintegrasi Untuk Sistem B2b Dengan Pendekatan System Development Life Cycle (Sdlc) Studi Kasus Pt Haryono Tour. Master thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
[5] Dwi, P.H.V (2019). Pengaruh Pengetahuan Audtor Tentang Bisnis E-Commerce, Independensi Dan Keahlian Auditor Eksternal Terhadap Opini Audit Laporan Keuangan (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung). Skripsi(S1). Perpustakaan FEB-UNPAS Bandung.
[6] Fhariz, E.D.M. (2015). Efisiensi Transformator 30 Mva 70/20 Kv Di Gardu Induk Seduduk Putih Palembang Menggunakan Etap 12.6. Othethesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
[7] Gede, N.W.P.I & G, N.A.C.P., I & Iefan, D.A. (2017). Sistem Informasi Manajemen Praktek Kerja Lapangan Berbasis Website (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Universitas Dhyana Pura Bali). Teknologi Informasi dan Komputer, Volume 3, Nomor 1. Informasi Manajemen Praktek Kerja Lapangan Berbasis Website (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Universitas Dhyana Pura Bali). Teknologi Informasi dan Komputer, Volume 3, Nomor 1.
[8] Nugraha,W., & Syarif,M., & Steven, D. W. (2018). Penerapan metode sdlc waterfall dalam sistem informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop. Khatulistiwa Informatika, Vol. VI, No. 2.
[9] Nurul, H.A. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Dan Penjualan Lacoco Berbasis Website. Skripsi, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.
[10] Rahmawati, D. (2017). Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Bussiness Process Model and Notation (Bpmn) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang). Skripsi, Universitas Brawijaya Malang.

Downloads

Published

2021-04-16

How to Cite

Puspa, M. D., & Wulandari, L. (2021). Analisis dan Pembuatan Aplikasi E-commerce Terintegrasi Pada Sistem B2B Dengan Pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) Untuk Penjualan Produk Transformator. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 9(1), 41–54. https://doi.org/10.33592/jutis.v9i1.1303