Aplikasi Konten Pembelajaran Pemrograman Berbasis Android

Authors

  • Rio Arjuna Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Mohammad Irsan Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Sukisno Sukisno Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss2.134

Keywords:

Mobile-Learning, android, pemrograman, firebase

Abstract

Kemajuan teknologi khususnya pada smartphone yang semakin berkembang tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga memberikan dampak negatif terhadap manusia. Salah satu dampak negatifnya adalah menurunnya ketertarikan terhadap buku sebagai media belajar. Mobile-Learning merupakan aplikasi yang dapat membantu sebagai media belajar yang menarik dan nyaman di era digital ini. Sebagian besar instansi pendidikan telah menggunakan Mobile-Learning sebagai metode untuk belajar dengan nyaman. Ada banyak jenis aplikasi mobile yang menerapkan metode Mobile-Learning, mulai dari kamus bahasa, tabel periodik, kamus pemrograman, dan lain-lain. Dengan adanya Mobile-Learning akan memberi rasa nyaman dan memudahkan pembelajaran dengan cara memvisualisasikan materi dalam bentuk gambar dan teks. Aplikasi ini merupakan konten pembelajaran pemrograman berbasis android yang dibuat menggunakan Android Studio sebagai IDE dan Firebase Realtime Database sebagai basis data. Konten yang ada di aplikasi ini diakses menggunakan smartphone android yang pada dasarnya mempunyai mobilitas yang tinggi sehingga pengguna tidak kesulitan untuk mengakses konten tersebut. Konten pada aplikasi ini hanya berfokus kepada bahasa pemrograman JAVA. Aplikasi ini mampu menampilkan materi dengan realtime (online capabilities). Untuk itu dibuat Aplikasi Konten Pembelajaran Pemrograman yang dapat membantu dalam mengatasi masalah pemrograman.

References

B. Soediono, A. Mustofa, T. Informatika, and U. D. Nuswantoro, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi E-Education Berbasis Web Di Sma Pembangunan Mranggen,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 2004, pp. 1–6, 2014.

B. Mockups and B. Mockups, “Balsamiq,†no. June 2008, pp. 2015– 2016, 2018.

D. P. Barakati, “Dampak Penggunaan Smartphone,†J. Elektron. Fak. Sastra Univ. Sam Ratulangi, pp. 1–13, 2013.

Firebase, “Firebase Realtime Database | Firebase Realtime Database | Firebase,†2018. [Online]. Available: https://firebase.google.com/docs/database/?authuser=1#looking_to _store_other_types_of_data. [Accessed: 08-Apr-2018].

“Pembelajaran - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,†2017. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran. [Accessed: 07-Apr2018].

“Pemrograman.†[Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman. [Accessed: 07-Apr2018].

“Pustaka perangkat lunak - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,†2016. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Pustaka_perangkat_lunak. [Accessed: 07-Apr-2018].

P. Sistem, “Yakub,†vol. 12, no. 3, pp. 8–42, 2012.

Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

T. Ostrand, “Black-Box Testing,†Encycl. Softw. Eng., pp. 1–6, 2002.

Wikipedia, “Android (sistem operasi),†Wikipedia.org, no. September 2008, pp. 24–25, 2016.

S. Sdks et al., “Software development kit See also.â€

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Arjuna, R., Irsan, M., & Sukisno, S. (2020). Aplikasi Konten Pembelajaran Pemrograman Berbasis Android. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 6(2), 89–94. https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss2.134