Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web

Authors

  • Ryan Muhammad Bahrudin Program Studi Teknik Informatika, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Mohammad Ridwan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Hardjito S Darmojo Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.Vol7.Iss1.147

Keywords:

Aplikasi Helpdesk, Prototype, PHP & MYSQL

Abstract

Unit Pelaksana Tugas Information Technology (UPT IT) merupakan pusat penyedia informasi Akademik yang ada pada kampus Universitas Islam Syekh-Yusuf. ketika terjadi keluhan tentang gangguan Sistem Informasi Akademik (SINA) seperti nilai tidak sesuai, masalah registrasi atau masalah keuangan, user masih harus datang langsung ke kantor teknisi IT untuk melaporkan keluhannya , user juga bingung harus melapor kesiapa ketika teknisi IT tidak berada ditempat laporanlaporan yang masuk tidak terdokumentasi dengan baik. Untuk mengatasi masalah diatas dibutuhkan suatu aplikasi helpdesk ticketing untuk menjadi wadah user melaporkan masalah. Pendekatan pemgemabangan sistem ini menggunakan metode prototype, aplikasi ini dirancang memanfaatkan web application sebagai platformnya dengan MYSQL sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini adalah terancangnya aplikasi helpdesk ticketing untuk mempermudah user dalam melakukan pelaporan masalah, dan memudahkan Teknisi IT dalam mengelola  laporan.

References

Fridayanthie EW, Mahdiati T. Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). J Inform. 2016;13(2):126-137.

Ginting BS, Kom S, Kom M, et al. Sistem Informasi Tunggakan Premi Nasabah Menggunakan Pemrograman Visual Delphi Pada Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Cabang Binjai. 2013;7(1):29-34.

Hendini A. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang. J Khatulistiwa Inform. 2016;IV(2):107-116.

Huda, S. (2013). Sistemm Informasi Keuangan Berbasis Desktop Dengan Java Standard Edition & Mysql Di Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid Paiton Probolinggo Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid, (9011188), 26.

Ilhamsyah A, Lusiani T, Sutanto T. Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Data Performansi Mitra Speedy Berbasis Web Pada Pt.Telkom Regional Timur (Persero). J JSIKA. 2015;1.

Irawan A, Setiyorini NK. Rancang Bangun Aplikasi helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi pt . Indah kiat pulp & paper tbk . ProTekinfo. 2017;4.

Manopo RI, Wowor H, Lumenta A. Perancangan Aplikasi Help Desk Di UPT-TIK Unsrat. Tek Inform. 2016;8(1).

Nurajizah S. Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Prototype: Studi Kasus Sekolah Islam Gema Nurani Bekasi. Pros SNIT 2015. 2015:214-219.

Rico. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi It- Helpdesk ( Studi Kasus : Pt . Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry ). Teknol Inf. 2016;10(2):296-305.

Suryono WD, Saptono R. Implementasi Pengembangan Smart Helpdesk di UPT TIK UNS Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. 2017:39-43.

Wibowo, N. I., Metandi, F., & Irwansyah. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk Berbasis Web Pada Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda. Just Ti, 9, 10

Ridwan, M. (2019). Penerapan RAD Sebagai Dasar Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Kuliah Kerja Kemaysarakatan Di Universitas Islam Syekh-yusuf. PELITA. 2019;18(2):144-160.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Bahrudin, R. M., Ridwan, M., & Darmojo, H. S. (2020). Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 7(1), 71–82. https://doi.org/10.33592/jutis.Vol7.Iss1.147