Aplikasi Mobile Learning Tarbiyah Islamiyah Untuk Remaja Masjid Studi Kasus Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syaamil Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.33592/jutis.v9i1.2402Keywords:
Mobile Learning, Research and Development (RAD), Tarbiyah Islamiyah, Remaja MasjidAbstract
Dinamika teknologi saat ini telah mencapai akselerasi yang luar biasa, berbagai macam pembelajaran yang konvensional sudah mulai terganti dengan teknologi yang baru. Pada pembinaan pembelajaran agama islam atau biasa disebut dengan tarbiyah Islamiyah di Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syaamil UNIS Tangerang, masih menggunakan cara manual dimana kurangnya pemberian materi yang dilakukan oleh pihak guru (mentor) dikarenakan keterbatasan waktu serta belum adanya media yang berbasis digital untuk dapat membantu proses belajar mengajar yang lebih optimal dan efisien waktu juga sebagai media cadangan dalam proses setor hapalan surah yang biasa dilakukan oleh peserta didik pada guru (mentor) pada saat tidak mengikuti proses pembelajarannya. Hal ini kerap kali menjadi pemicu yang mengakibatkankan peserta didik mengalami kesulitan baik dalam memahami materi hingga waktu yang terbatas. Dengan adanya masalah ini maka dibuatlah suatu aplikasi mobile learning tarbiyah Islamiyah untuk remaja masjid, yang menyediakan beberapa tools yang dapat membatu dalam proses pembinaan pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RAD). Aplikasi ini memfasilitasi user agar dapat bisa melakukan setor hapalan surat dengan memanfaatkan media record atau biasa dibilang rekaman suara tujuannya agar peserta didik (menti) tetap menjalankan kewajibannya dalam menghapalan surah al-qur’an. Aplikasi ini dapat mempermudah dan lebih mengefisiensi waktu dalam kegiatan pembinaan pembelajaran agama islam walau jarak tak mendukung untuk mengikuti pembelajaran secara offline hingga dapat menyesuaikan dengan waktu luang penggunanya.
References
[2] Hasan Abdurahman dan Asep Ririh Riswaya. (2014). Pengertian Aplikasi.
[3] Ir. Siswanto. (n.d.). Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid. 48. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?i d=434102
[4] LDK STIA Tabalog. (2015). Pengertian Lembaga Dakwah Kampus. Retrieved from Facebook website:
https://www.facebook.com/Ldkstiatabalong/po sts/lembaga-dakwahkampuslembaga-dakwahkampus-disingkat-ldk-adalah-sebuah-institusi/1669731393285293/
[5] Heri, Andrianto.Wibowo., Ervi ,Nurafliyan, Susanti.,Rusmala.,Robby, Rizky.,(2020). Implementasi Mobile Learning Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak Pada Jurusan Multimedia, Jutis, 8 (2), 146.
[6] Lembaga Dakwah Kampus. (2017). Retrieved from Wikipedia website: https://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_Dakwa h_Kampus
[7] Muhtiyar, Ahmad., Muhamad, Irsan., Nia, Komalasari., (2020). Pembelajaran Daring Menggunakan Telepon Pintar Dengan Metode Extreme Programing Pada Mata Pelajaran Tauhid Di Masjid Nurul Hikmah, Jimtek, 1(3), 269.
[8] Saeful Anam, N. M. R. A. (2019). Pengajaran agama berbasis mobile learning. (01), 522– 532.
[9] Sora. (2018). Metode Penelitian R&D. Retrieved from Gooyaabi Templates website: http://kumpulanreferansi.blogspot.com/2017/11/metode-penelitian-r-d.html Sosiologis.com. (2018). Matode Analisa [10] Data: Kuantitatif & Kualitatif. Retrieved from Wordpress and Poseidon website:
http://sosiologis.com/metode-analisis-data
[10] Yusuf, D. N. M., Ridwan, M., & Darmosunarno, T. W. (2018). Sistem Informasi Monitoring Truk Pengiriman Barang Berbasis Mobile Android Dan Web. Jutis, 6(2), 2–6.