Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi New Order Menggunakan Metode System Usability Scale

Authors

  • Riyan Leandros Binus
  • Silvia Ayunda Murad Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.35592a

Abstract

Sejak masa pandemi Covid-19 dan setelahnya, kebutuhan internet tetap menjadi kebutuhan utama untuk komunikasi dan penyelesaian permasalahan hidup manusia. Tak terkecuali, perusahaan ISP (Internet Service Provider) harus menyediakan fasilitas koneksi tersebut agar orang-orang tetap terhubung dan menyelesaikan berbagai macam banyak pekerjaan. Dalam hal ini, perusahaan ISP terus meningkatkan pelayanannya agar subscriber terus merasakan manfaatnya. Untuk meningkatkan pelayanannya, perusahaan ISP harus mempunyai aplikasi subscriber new order yang baik dan tepat guna agar teknis pendaftaran subscriber baru berjalan dengan lancar dan cepat agar pelanggan segera dapat menginstal perangkat dan menikmati koneksi internet. Dalam suatu kuesioner pengalaman pengguna aplikasi New Order di perusahaan ISP, dianalisa untuk improvementnya dari 5 tahun pemakaian dan pengembangan yang baru untuk menyesuaikan permintaan pasar. Survey dilakukan dengan metodologi system usability scale yang mempunyai 10 pertanyaan untuk mengukur aspek usability aplikasi New Order ditambah dengan open-ended question sehubungan dengan tantangan dan saran ke depannya dari hasil akhir yang didapat. Dari 105 responden yang berpartisipasi didapatkan bahwa total score yang didapat adalah 52.62 yang berarti “Poor”. Hal ini membuka peluang untuk peningkatan perbaikan aplikasi di domain efisiensi, kemudahan, simulasi dan ketepatan

References

Amrullah, Ahmad Alfaishal, Anisya Anisya, Anna Syahrani, Indra Warman, and Minarni Minarni. 2023. ‘Survei Pengalaman Pengguna Dompet Digital Menggunakan Metode Kuesioner’. Device 13 (2): 156–61. https://doi.org/10.32699/device.v13i2.5526.

Anita Diana, Muhamad Ajie Panca Kurniawan. 2022. ‘Decision Support System For Selection Of Internet Service Provider (ISP) With Analytical Hierarchy Process (AHP) And Simple Additive Weighting (SAW) Methods’. Systematics 4 (2): 421–39.

APJII. 2023. ‘Survei APJII Pengguna Internet Di Indonesia Tembus 215 Juta Orang’. Https://Apjii.or.Id/Berita/d/Survei-Apjii-Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Tembus-215-Juta-Orang. 10 March 2023.

Bambang Arianto. 2021. ‘Pandemi Covid-19 Dan Transformasi Budaya Digital Di Indonesia’. Titian 05 (2): 233–50.

Chelsea; Fiona Zhafira A; Jose Putra; Susana; Zahra Delia N. 2022. ‘Pengaruh Penggunaan Belanja Online Masyarakat Indonesia: Sebelum, Selama Dan Sesudah Pandemi COVID-19’. Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humanioral, September, 154–73.

Díaz-Oreiro, Ignacio, Gustavo López, Luis Quesada, and Luis Guerrero. 2019. ‘Standardized Questionnaires for User Experience Evaluation: A Systematic Literature Review’. In 13th International Conference on Ubiquitous Computing and Ambient ‪Intelligence UCAmI 2019‬, 14. Basel Switzerland: MDPI. https://doi.org/10.3390/proceedings2019031014.‬

Ekklesioga Kaban, Komang Candra Brata, Adam Hendra Brata. 2020. ‘Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping Pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus PT. PLN)’. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 4 (10): 3281–90.

Fahmi, Hairul, and Wafiah Murniati. 2023. ‘E-SCM Internet Service Provider (ISP) PT. Rinjani Citra Solusi’. Remik 7 (1): 301–13. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12066.

Herlina, Acim, Misnah, and Rifka Khairunnisa. 2019. ‘Need Analysis of Use Google Form For Learning In PGSD FKIP Tadulako University’. Jurnal Dikdas, November, 143–50.

Hudha, Yans Safarid, Ema Utami, and Emha Taufiq Luthfi. 2019. ‘Perancangan Enterprise Arsitektur Sistem Informasi Billing Menggunakan Metode TOGAF ADM Pada PT. Time Excelindo’. Creative Information Technology Journal 5 (1): 40. https://doi.org/10.24076/citec.2017v5i1.125.

Kesuma, Dorie P. 2021. ‘Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ’. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 8 (3): 1615–26. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i3.1356.

Labbaika Fadhilah, Dessy Pranungsari. 2022. ‘Gambaran Perilaku Digital Pemuda-Pemudi Pasca Pandemi Di Desa Pogung, Kabupaten Klaten’. 1. 1. Klaten.

Naturesa, Ferena Titan, Rifdah Diah Atika, Ghea Aldilla Ayu, and Riyan Leandros. 2023. ‘User Experience Evaluation on Nucleus Farma Website Using System Usability Scale’. In 2023 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 54–59. IEEE. https://doi.org/10.1109/ICIMTech59029.2023.10277864.

Peter Dey, Pradip, Bhaskar Raj Sinha, Mohammad Amin, and Hassan Badkoobehi. 2019. ‘Best Practices for Improving User Interface Design’. International Journal of Software Engineering & Applications 10 (5): 71–83. https://doi.org/10.5121/ijsea.2019.10505.

Pratama, M A T, and A T Cahyadi. 2020. ‘Effect of User Interface and User Experience on Application Sales’. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 879 (1): 012133. https://doi.org/10.1088/1757-899X/879/1/012133.

Ramadhani, Mirza, Achmad Aqil Susanto, Fauzan Mustofa, and Viana Salsabila Tauda. 2022. ‘Design and User Experience Evaluation of Bersii Android-Based Mobile Application User Interface’. MATICS: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi (Journal of Computer Science and Information Technology) 14 (2): 41–49. https://doi.org/10.18860/mat.v14i2.16919.

RR Roosita Cindrakasih. 2022. ‘Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Biznet Pada Masa Pandemi COVID-19’. Jurnal Public Relation 3 (1): 24–33.

Sewaka. 2018. ‘Analisis Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Layanan Internet’. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business 1 (1): 101–10.

Times Higher Education. 2023. ‘About BINUS University’. Https://Www.Timeshighereducation.Com/World-University-Rankings/Binus-University. 18 April 2023.

Published

2024-04-30

How to Cite

Leandros, R., & Ayunda Murad, S. (2024). Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi New Order Menggunakan Metode System Usability Scale. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 12(1), 46–55. https://doi.org/10.35592a