Memanfaatkan AI Chat Bot Untuk Meningkatkan Respons Survey Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Imanuel Revelino Universitas Bina Nusantara
  • Dina Fitria Murad Universitas Bina Nusantara
  • Joni Joni Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.35592b

Keywords:

customer satisfaction survey, whatsapp survey, chat bot

Abstract

Survey kepuasan pelanggan merupakan salah satu indicator yang penting. Untuk itu perlu dilakukan survey untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Namun agar hasilnya bisa dimanfaatkan dengan baik, maka survey ini perlu direspons dengan baik oleh pelanggan. Penting bagi perusahaan untuk meningkatkan tingkat respon dari survey tersebut. Survey yang saat ini dilakukan memberikan respons rate yang rendah. Mengganti media survey merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tingkat respons dari survey. Media whatsapp dipilih karena merupakan salah satu media yang cukup popular saat ini. Untuk mendorong pelanggan melakukan respon secara langsung, maka dilengkapi dengan chatbot untuk membuat pelanggan merasa responnya ditanggapi. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan tingkat respon dari pelanggan. Dibandingkan SMS, whatsapp denagn chatbot terbukti, dapat meningkatkan respons rate survey kepuasan pelanggan sampai dengan 26,79%. Atau 10.14% lebih tinggi dari media SMS.

References

a. Beam, E. A. (2023). Social media as a recruitment and data collection tool: Experimental evidence on the relative effectiveness of web surveys and chatbots. Journal of Development Economics, 162, 103069. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jdeveco.2023.103069

b. Chung, K. C. (2014). Survey Response Rate, a Guide for Readers and Authors. The Journal of Hand Surgery, 39(3), 421–422. https://doi.org/10.1016/j.jhsa.2013.11.007

c. Greenlaw, C., & Brown-Welty, S. (2009). A comparison of web-based and paper-based survey methods: Testing assumptions of survey mode and response cost. Evaluation Review, 33(5), 464–480. https://doi.org/10.1177/0193841X09340214

d. Kim, S., & Lee, J. (2019). Comparing Data from Chatbot and Web Surveys Effects of Platform and Conversational Style on Survey Response Quality. 1–12.

e. Menal, D. (2017). A tool of conversation: Chatbot. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(5), 158–161. https://www.researchgate.net/profile/Menal_Dahiya/publication/321864990_A_Tool_of_Conversation_Chatbot/links/5a360b02aca27247eddea031/A-Tool-of-Conversation-Chatbot.pdf

f. Murad, D. F. (2019). Towards Smart LMS to Improve Learning Outcomes Students Using LenoBot with Natural Language Processing. 2019 6th International Conference on Information Technology, Computer and Electrical Engineering (ICITACEE), November 2020, 1–6. https://doi.org/10.1109/ICITACEE.2019.8904311

g. Murad, D. F. (2020). The Impact of the COVID-19 Pandemic in Indonesia ( Face to face versus Online Learning ). 4–7.

Published

2024-04-30

How to Cite

Revelino, I., Fitria Murad, D. ., & Joni, J. (2024). Memanfaatkan AI Chat Bot Untuk Meningkatkan Respons Survey Kepuasan Pelanggan. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 12(1), 39–45. https://doi.org/10.35592b