Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Sistem Layanan Jasa Internet (Studi Kasus PT. Kawan Lama Kreatif)
DOI:
https://doi.org/10.33592/jutis.v12i2.5108Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan faktor kunci yang memengaruhi daya saing suatu perusahaan, terutama dalam industri layanan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi penghitung kepuasan pelanggan berbasis web di PT. Kawan Lama Kreatif dengan menggunakan Metode Naive Bayes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengumpulan data dalam bentuk kuisioner, melalui platform aplikasi web yang dikembangkan khusus. Data kuisioner kemudian dianalisis menggunakan Metode Naive Bayes, untuk mengklasifikasikan tingkat kepuasan pelanggan menjadi beberapa kategori yang relevan dalam menganalisis kualitas PT. Kawan Lama Kreatif. Seperti tingkat kepuasan pada kategori harga paket internet, layanan petugas lapangan, kualitas layanan internet, kelengkapan peralatan, dan kenyamanan bertransaksi. Yang dimana data-data tersebut akan diolah pada aplikasi dan akan memberikan hasil dalam bentuk grafik. Hasil dari penelitian ini, didapatkan tingkat kepuasan dari pelanggan terhadap kinerja PT. Kawan Lama Kreatif berada pada tingkat puas dan juga tingkat netral di berbagai variabel, seperti harga paket internet, layanan petugas lapangan, kualitas layanan internet, kelengkapan peralatan, dan kenyamanan bertransaksi. Maka dengan adanya aplikasi ini, penghitungan kepuasan pelanggan internet di PT. Kawan Lama Kreatif menjadi lebih efektif dan efisien. Serta membantu para pengambil keputusan dalam menganalisis kualitas layanan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.