Analisis Sentimen Teknologi Ai Terhadap Desainer Grafis Menggunakan Naïve Bayes Dengan Metode Pengujian 10 Fold Cross Validation
ANALISIS SENTIMEN TEKNOLOGI AI TERHADAP DESAINER MENGGUNAKAN NAIVE BAYES DENGAN METODE PENGUJIAN 10 FOLD CROSS VALIDATION
Keywords:
Analisis Sentimen, Naive Bayes, 10-Fold Cross Validation, Teknologi AI, Desainer Grafis, YouTubeAbstract
Penelitian ini di peruntukan untuk mengetahui sentimen para desainer grafis terhadap teknologi yang belum lama ini sedang di perbincangkan yaitu teknologi ai. Dengan menggunakan metode Naive Bayes dengan 10-Fold Cross Validation, penelitian ini meneliti bagaimana teknologi AI berdampak pada desainer grafis. Data dikumpulkan melalui crawling platform YouTube. Data yang di dapatkan dari crawling yaitu 1754 data. Dengan melalui tahap pre-processing yaitu, cleansing, tokenize, stopword, stemming, dan lemmatization Hasilnya menunjukkan 796 sentimen negatif dan 958 sentimen positif. Dengan menggunakan matrix confusion, evaluasi ini menunjukkan akurasi 73%. Akurasi tertinggi adalah di fold ke-2 (76%) dan terendah adalah di fold ke-6 (65%), dengan rata-rata akurasi 10 fold adalah 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Naive Bayes dengan Validasi Jalur Sepuluh Potongan dapat digunakan dengan cukup akurat untuk menilai sentimen teknologi AI terhadap desainer grafis. Dengan naïve bayes terbukti cukup bagus untuk efektifitas dalam klasifikasi sentimen komentar para desainer grafis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.