Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Perangkat Base Transceiver Station (BTS) Menggunakan Metode Forward Chaining Pada PT.Telkom Sto Menes Berbasis Web

Authors

  • Ayu Yunita Universitas Mathla’ul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v8i1.699

Keywords:

Sistem Pakar, Diagnosis, BTS, Forward Chaining, PT.Telkom

Abstract

Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Base Transceiver Station (BTS) adalah sistem pakar yang digunakan untuk mendiagnosis kerusakan pada Base Transceiver Station (BTS), Base Transceiver Station dalam suatu jaringan telekomunikasi yang sangatlah  penting karena menghubungkan  jaringan internet dan selular  dengan  pelanggannya,  Keterbatasnya teknisi yang hanya ada  dua teknisi serta jarak dari tempat Teknisi ke Tempat BTS tersebut sangat jauh sehngga menjadi kendala yang sangat vital.  yang  menyebabkan PT.Telkom Indonesia STO Menes cukup kesulitan untuk  melakukan diagnosis dengan cepat dimana hal ini bisa mengakibatkan beberapa masalah kerusakan berupa: Block Carier, Standing Wave, Bad Voice, Satelit Antena Open Circuit, KWH Mati dan Antena tersambar petir yang mengakibatkan terganggunya pelayanan seluler di wilayah cakupan PT.Telkom STO Menes, dengan adanya system pakar ini di harapkan dapat membantu tehnisi di PT Telkom STO Menes dalam memperbaiki (BTS) dengan cepat, System pakar ini menggunakan metode forward chaining.

Author Biography

Ayu Yunita, Universitas Mathla’ul Anwar

Sistem Informasi

References

Asep Effendhy. (2013). Otodidak Photoshop CS, CS2, CS3 dari basik hingga mahir. Bogor: Kubus Media.

B. Herawan Hayadi. (2016). Sistem Pakar. Yogyakarta: Daepublish.

Enterprise, J. (2016). Belajar sendiri desain web dengan Dreamweaver. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Daepublish.

Maniah, H. D. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pembahasan Secara Praktis dengan Contoh Kasus. Yogyakarta: Daepublish.

Padeli. (2014). Cara Mudah Membangun Informasi dengan Website. Serang: Cahaya Minolta.

Prof. Dr. Emzir, M. P. (2015). Metodologi Penulisan Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Retnosari, D., & Setiadi, B. (2018). IMPLEMENTASI MONITORING BASE TRANSCEIVER STATION SYSTEM ( BTS ) BERBASIS WEB Keywords : Base Tranceiver Station , Web , Xampp. 9(2), 109–114.

Rosa A.S, M. S. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.

Rizky, R., Sukisno, S., Ridwan, M., & Hakim, Z. (2020). IMPLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT COVID 19 DI RSUD BERKAH PANDEGLANG BANTEN. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 4(1), 69-72.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Yunita, A. (2020). Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Perangkat Base Transceiver Station (BTS) Menggunakan Metode Forward Chaining Pada PT.Telkom Sto Menes Berbasis Web. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 8(1), 16–25. https://doi.org/10.33592/jutis.v8i1.699