Model Multi Atribute Decision Making Pemilihan Ketua Osis Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus : SMK Bhakti Pertiwi Tangerang)

Authors

  • Eilen Syifa Elba Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Sukisno Sukisno Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v8i1.702

Keywords:

sistem pendukung keputusan, PHP, simple additive weighting, ketua osis

Abstract

Sistem pendukung keputusan merupakan salah satu sistem berbasis komputer yang dapat dirancang untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam pemilihan ketua osis di SMK Bhakti Pertiwi Tangerang. Proses pengambilan keputusan pemilihan ketua OSIS SMK Bhakti Pertiwi Tangerang masih menggunakan pemungutan suara, proses ini terbilang kurang akurat, proses ini banyak permasalahan yang akan terjadi, permasalahan yang ada meliputi proses perhitungan suara yang membutuhkan waktu cukup lama serta mengganggu kegiatan proses belajar mengajar jika harus melalui cara mengunjungi kelas satu per satu, cara yang dilakukan ini banyak hal yang tidak diinginkan seperti adanya kecurangan dalam proses perhitungan suara. Untuk menghindari hal tersebut maka dalam pemilihan ketua osis SMK Bhakti Pertiwi Tangerang dilakukan dengan menerapkan aplikasi berupa web server pemilihan ketua osis menggunakan metode simple additive weighting dengan editor text menggunakan sublime text dan Bahasa pemrograman PHP Native, yaitu suatu metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu melalui penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif pada setiap atribut. Dan akan menghasilkan sistem aplikasi yang akan memenuhi kebutuhan yang memadai pada SMK Bhakti Pertiwi Tangerang.

Author Biographies

Eilen Syifa Elba, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Teknik Informatika

Sukisno Sukisno, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Teknik Informatika

References

C. Apriana, Seleksi Calon Ketua Osis Mts Al-Ikhlas Menggunakan Metode Profile Matching, 2015.

Frieyadie, Peneraan Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan, vol. XII, no. 1, pp. 37–45, 2016.

Jogiyanto, Sistem Dan Analisis Sistem, pp. 1–6, 2010.

Y. Wiratama, Fungweb, Pengertian Web, vol. 16, no. 2, pp. 6–20, 2014.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, Pengantar Unified Modeling Language (UML), IlmuKomputer.com, pp. 1–13, 2003.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Elba, E. S., & Sukisno, S. (2020). Model Multi Atribute Decision Making Pemilihan Ketua Osis Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus : SMK Bhakti Pertiwi Tangerang). Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 8(1), 57–67. https://doi.org/10.33592/jutis.v8i1.702