Implementasi Algoritma Forward Chaining Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Tanaman Kacang Kedelai Pada Dinas Pertanian Pandeglang Provinsi Banten

Authors

  • Zaenal Hakim Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Lili Sujai Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Neli Nailul Wardah Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Ervi Nuravlian Susanti Universitas Mathla’ul Anwar Banten
  • Robby Rizky Universitas Mathla’ul Anwar Banten

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v8i1.703

Keywords:

Algoritma forward chaining, hama tanaman kacang kedelai, dinas pertanian pandeglang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu sistem yang dapat mendeteksi hama tanaman pada kacang kedelai pada dinas pertanian di pandeglang banten.pandeglang adalah salah satu kabupaten yang tertinggal di daerah provinsi banten maka dari itu akan di buatkan suatu sistem yang dapat mendeteksi ham pada kacang kedelai.kacang kedelai termasuk makanan pokok di daerah kabupaten pandeglang di karnakan kacang kedelai banyak di olah menjadi makanan pokok seperti tahu dan tempe,daerah kabupaten pandeglang ini termasuk daerah yang memiliki penghasilan terendah para penduduknya maka dari itu kacang kedelai ini sangat pokok untuk di kosumsi oleh para penduduk kabupaten pandeglang di karnakan harga yang sangat murah.algoritma forward chaining di angnggap mampu dalam menyelesaikan permasalahan tersebut di karnakan algoritma forward chaining karakternya runut maju,runut maju tersebut dapat mendeteksi dari gejala gejala hama tersebut.data yang nanti di gunakan yaitu data hasil wawancara terhadap pakar di bidang hama tersebut dengan cara wawancara  sehingga data tersebut akan di olah oleh algoritma forward chaining dan di buat suatu sistem nya.keimpulan dari penelitian ini adalah bahwa algoritma forward chaining mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Author Biographies

Zaenal Hakim, Universitas Mathla’ul Anwar Banten

Fakultas Teknologi dan Informasi

Lili Sujai, Universitas Mathla’ul Anwar Banten

Fakultas Teknologi dan Informasi

Neli Nailul Wardah, Universitas Mathla’ul Anwar Banten

Fakultas Teknologi dan Informasi

Ervi Nuravlian Susanti, Universitas Mathla’ul Anwar Banten

Fakultas Teknologi dan Informasi

Robby Rizky, Universitas Mathla’ul Anwar Banten

Fakultas Teknologi dan Informasi

References

S. M. Metev and V. P. Veiko, Laser Assisted Microtechnology, 2nd ed., R. M. Osgood, Jr., Ed. Berlin, Germany: Springer-Verlag, 1998.

J. Breckling, Ed., The Analysis of Directional Time Series: Applications to Wind Speed and Direction, ser. Lecture Notes in Statistics. Berlin, Germany: Springer, 1989, vol. 61.

S. Zhang, C. Zhu, J. K. O. Sin, and P. K. T. Mok, “A novel ultrathin elevated channel low-temperature poly-Si TFT,†IEEE Electron Device Lett., vol. 20, pp. 569–571, Nov. 1999.

M. Wegmuller, J. P. von der Weid, P. Oberson, and N. Gisin, “High resolution fiber distributed measurements with coherent OFDR,†in Proc. ECOC’00, 2000, paper 11.3.4, p. 109.

R. E. Sorace, V. S. Reinhardt, and S. A. Vaughn, “High-speed digital-to-RF converter,†U.S. Patent 5 668 842, Sept. 16, 1997.

(2002) The IEEE website. [Online]. Available: http://www.ieee.org/

M. Shell. (2002) IEEEtran homepage on CTAN. [Online]. Available: http://www.ctan.org/tex-archive/macros/latex/contrib/supported/IEEEtran/

FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

“PDCA12-70 data sheet,†Opto Speed SA, Mezzovico, Switzerland.

A. Karnik, “Performance of TCP congestion control with rate feedback: TCP/ABR and rate adaptive TCP/IP,†M. Eng. thesis, Indian Institute of Science, Bangalore, India, Jan. 1999.

J. Padhye, V. Firoiu, and D. Towsley, “A stochastic model of TCP Reno congestion avoidance and control,†Univ. of Massachusetts, Amherst, MA, CMPSCI Tech. Rep. 99-02, 1999.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Hakim, Z., Sujai, L., Wardah, N. N., Susanti, E. N., & Rizky, R. (2020). Implementasi Algoritma Forward Chaining Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Tanaman Kacang Kedelai Pada Dinas Pertanian Pandeglang Provinsi Banten. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 8(1), 68–78. https://doi.org/10.33592/jutis.v8i1.703