Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik (SINA) Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Berdasarkan Instrumen End User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Diah Rahmawati Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Taufik Hidayat Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jutis.v9i1.842

Keywords:

Sistem Informasi Akademik, Kepuasan Pengguna, Kepuasan Mahasiswa, End User Computing Satisfaction (EUCS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf terhadap Sistem Informasi Akademik (SINA). Dalam proses pengembangan sitem informasi, kendala yang paling umum untuk keberhasilan suatu sistem bukanlah kompleksitas dari sistem itu sendiri, tetapi kepuasan penggunanya. Mahasiswa sebagai konsumen utama berbagai fasilitas kampus, juga mendominasi penggunaan SINA. Instrumen End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan variabel penting dalam mengevaluasi kualitas sistem yang dianalisis menggunakan metode parsial dan simultan. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem, variabel apa saja yang mempengaruhi kepuasan, serta mere-konfirmasi adakah faktor yang diperlukan untuk meningkatkan performa sistem tersebut.

Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, Kepuasan Pengguna, Kepuasan Mahasiswa, End User Computing Satisfaction (EUCS), Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang.

 

Author Biography

Diah Rahmawati, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Computer science, Analytics of Information System,

References

[1] Aswati, S., Mulyani, N., Siagian, Y., & Syah, A. Z. (2015). Peranan Sistem Informasi Dalam Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 79–86. http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1466
[2] Damayanti, A. S. (2018). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11), 4833–4839.
[3] Fitriansyah, A., & Harris, I. (2018). Penerapan Dimensi EUCS (End User Computing Satisfaction) Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Situs Web. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 6, 9–17. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/334
[4] Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS JUTIS, 6(1), 2252–5351. www.ccssenet.org/cis
[5] Lim, K., Lim, J.-S., & Heinrichs, J. H. (2008). Validating an End-User Computing Satisfaction Instrument: A Confirmatory Factor Analysis Approach Using International Data. Journal of International Technology and Information Management, 17(2), 153–165. http://scholarworks.lib.csusb.edu/jitim%5Cnhttp://scholarworks.lib.csusb.edu/jitim/vol17/iss2/6
[6] Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(3), 58–66.
[7] Septiana, V., & Qoiriyah, W. (2020). Rancangan Sistem E-Learning Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Unistek, 7(2).
[8] Setyo, D., & Rahmawati, D. A. (2015). Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
[9] Suaryana, I. G. N. A., Damayanthi, E., & Merkusiwati, L. (2017). Kualitas dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 11(2), 84. https://doi.org/10.24843/jiab.2016.v11.i02.p03
[10] Sutiono, S., & Muldiyanto, M. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna E-Learning pada Pusdiklat Anggaran Dan Perbendaharaan Tahun 2013. Kajian Akademik BPPK Tahun Anggaran 2013.

Downloads

Published

2021-04-16

How to Cite

Rahmawati, D., & Hidayat, T. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik (SINA) Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Berdasarkan Instrumen End User Computing Satisfaction (EUCS). Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33592/jutis.v9i1.842