Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dan Budaya Organisasi Dengan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i1.1199Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data terkait dengan hubungan kecerdasan interpersonal dengan kualitas pelayanan publik, hubungan budaya organisasi dengan kualitas pelayanan publik, serta hubungan kecerdasan interpersonal dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini dilaksanakan di Lingkungan Kantor Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, dengan menggunakan metode survei model korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di Lingkungan Kantor Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang yang menyebar di 10 kelurahan. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan rumus Slovin dengan tingkat error 0,05% sehingga diperoleh sampel 99,81 yang dibulatkan menjadi 100 responden yang dipilih secara proporsionale random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dikalibrasi validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan kecerdasan interpersonal dengan kualitas pelayanan publik di Lingkungan Kantor Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan
budaya organisasi dengan kualitas pelayanan publik di lingkungan Kantor Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan kecerdasan interpersonal dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan publik di Lingkungan Kantor Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang.
Kata kunci: Kecerdasan Interpersonal, Budaya Organisasi dan Kualitas Pelayanan Publik