MEWUJUDKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI KOMUNIKASI ETIS APARATUR SIPIL NEGARA

Authors

  • M I Suhifatullah Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/perspektif.v1i2.542

Keywords:

Kualitas, Pelayanan Publik, Komunikasi Etis

Abstract

Aparat Sipil Negara (ASN) dituntut untuk  mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance) atau bermutu, khususnya dalam pelayanan publik. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satu unsur penting yang harus dimiliki setiap pegawai adalah kemampuan komunikasi etis. Hal ini, karena nilai baik buruknya pelayanan publik sering kali diukur dari cara komunikasi petugas dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat. Atas dasar itu, maka komunikasi etis pegawai menjadi faktor determinan dalam mewujudkan kualitas pelayanan publik menuju good governance. Implikasi dari tulisan ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi ASN untuk meningkatkan kualitas komunikasinya sehingga dapat mewujudkan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Author Biography

M I Suhifatullah, Universitas Islam Syekh Yusuf

googleschoolar

References

Abdul Haris, 2007, Pengantar Etika Islam, Sidoarjo: Al-Afkar

Alejandra Salazar, 2019, Mental, physical health and neuroscience, dalam https:// blog.cognifit.com/respect. diunduh 4 April 2020 Pukul 11.30

Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

DeLores Pressley, 2012, The importance of empathy in the workplace, dalam https://www.sbnonline.com/article/the-importance-of-empathy-in-the-workplace/ diunduh 4 April 2020 Pukul 12.30.

Feigenbaum, Armand V. (1991). Total Quality Control. Trind Editions New York: McGraw Hill Inc

Goleman, Daniel. 1996. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lewis, Jone Johnson. 2015. 10 Basics of Ethical Communication, https://www. rysec.org/10-basics-of-ethical-communication/diunduh 3 April 2020. Pukul 10.20

Moeliono, Anton M. Dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nurhadi, Zikri Fachrul & Achmad Wildan Kurniawan. 2017. Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi, Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian-ISSN: 2461-083. Volume. 3 No. 1, April 2017

Prasodjo, Eko. Dkk. 2006. Reformasi Kepegawaian (Civil Service Reform). Jurnal Demokrasi dan HAM, The Habibie Center, Volume 5 nomor 3, Jakarta

Rahmaniyah, Istighfarotur. 2010. Pendidikan Etika Konsep Jiwa dan Etika Prespektif Ibnu Maskawaih, Malang: Aditya Media.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi, Bandung: Remadja Karya.

Richard L. Johannesen. 1975. Ethics in Human Communication. dalam http://j647 commethics.weebly.com/uploads/6/4/2/2/6422481/ethics_in_communication.pdf. diunduh 5 April 2020, Pukul 08.30.

Richard L. Johannesen. 1975. Ethics in Human Communication. dalam https://en. wikipedia.org/wiki/Communication_ethics#cite_note-16. diunduh 5 April 2020. Pukul 09.10

Saefullah 1999. Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sumedang: Fisip UNPAD.

Downloads

Published

2019-11-09

Issue

Section

Articles