PENINGKATAN DISIPLIN GURU MELALUI PENERAPAN BUDAYA SEKOLAH DENGAN MEMBERIKAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMA NEGERI 1 KOTA TANGERANG

Authors

  • Hikmat . Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/perspektif.v2i1.563

Keywords:

Disiplin Guru, Budaya sekolah, Reward and Punishment

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan tindakan berupa penerapan budaya sekolah dengan memberikan Reward and Punishment untuk para guru di SMA Negeri 1 Kota Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan pada siklus I, guru yang terlambat lebih dari 15 menit adalah 18 orang atau 41,86%, guru yang terlambat 10 menit s.d 15 menit adalah 15 orang atau 34,88%, serta guru yang terlambat kurang dari 10 menit sebanyak 10 orang guru atau 23,26 %. Dan pada siklus II guru yang terlambat lebih dari 15 menit adalah 0, dan guru yang terlambat 10 menit s.d 15 menit adalah 7 orang atau 16,28%, terlambat kurang dari 10 menit sebanyak 36 orang guru atau 83,72%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan melalui penerapan budaya sekolah dengan memberikan Reward and Punishment kepada guru.

References

Alfaro, Cristina. (2008). ReinventingTeacher Education : The Role of Deliberative Pedagogy in the K-6 Clasroom. Ohio : Kettering Foundation Press

Bransford, John D, et.al.(2000). How People Learn : Brain, Mind, Experience, and School. Washington DC : National Academy Press

Cohen Louis, Manion Laurence dan Morrison Keith. (2004) A Guide to Teaching Practice. London : Routledge

Costa, L Arthur dan Kallick Bena. (2008). Learning and Leading With Habits of Mind: 16 Essential Characteristics for Success. Alexandria : The Association for Supervision And Curriculum Development.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas

Fiore, Douglas. (2013). Creating Connections For Better Schools: How Leaders Enhance School Culture. New York : Routledge

Maslowski, Ralf. (2001). School Culture and School Performance. Dissertation. Netherland : Twente University Press

McNell, M. Linda. (2000). Contradiction of School Reform Educational Costs of Standardized Testing. New York : Routledge

W. Check, Joseph (2002). Politics, language, and Culture : A Critical Look at urban School Reform. California : Preager

Downloads

Published

2020-05-04

Issue

Section

Articles