HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS WILAYAH BINAAN V KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.33592/perspektif.v2i1.564Keywords:
Motivasi Kerja, Kinerja, Guru, Kepala SekolahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Wilayah Binaan V Kabupaten Tangerang. Populasi di dalam penelitian ini sebanyak 156 orang guru, dan yang di jadikan sampel sebanyak 112 guru yang tersebar dari beberapa Sekolah Menengah Atas di Wilayah Binaan V yaitu SMAN 5 Kabupaten Tangerang, SMAN 12 Kabupaten Tangerang, SMA HIRO, SMA PGRI dan SMA BABUSSALAM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data di dalam penleitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Sedangkan analisis datanya menggunakan persamaan regresi linier sederhana dan regresi berganda. Untuk mengetahui kebermaknaan di dalam persamaan regresi di gunakan uji t dan uji F. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan supervisi kepala sekolah mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Wilayah Binaan V Kabupaten Tangerang. Motivasi kerja guru mempunyai gubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Wilayah Binaan V Kabupaten Tangerang. Supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama – sama mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Wilayah Binaan V Kabupaten Tangerang, sehingga dapat di simpulkan bahwa supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan.References
Adeyemi, T.O. 2010. “Principal’s Leadership Styles And Teachers’ Job Performance In Senior Secondary School In Ondo State Nigeriaâ€. Journal Of Education Andminitration And Policy Studies. Volume 2 No. 6. Page 83 – 91.
Astuti, S. 2017. “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSWâ€. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 7 No. 1. Hal 49 – 59.
Auliya, U, U. 2012. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guruâ€. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi. Volume 1 No. 2 Hal 9 – 13.
Auliya, U, U. 2012. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guruâ€. Tesis. Semarang: Sekolah Pascasarjana UNS.
Cholil, M. 2014. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Muhamadiyah Ngawiâ€. Jurnal Ilmiah STKIPPGRI Ngawi. Volume 13 No. 1 Hal 92 – 101.
Gusman, E, H. 2014. “Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agamâ€. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 No. 1 Hal 293 – 831.
Hasibuan, M, SP. 2000. Organisasi & Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ilyas, I, M. 2010. “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaranâ€. Jurnal Lentera Pendidikan, Volume 13 No. 1. Hal 44 – 63.
Jasmani, A. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Jerry, H, M. 2011. Supervise dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Jihad, A.2019. “Hubungan Motivasi Kerja dan Supervisi kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMP NEGERI di Kecamatan Babahrut Aceh Barat Dayaâ€. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 7 No. 1 Hal 7 – 12.
Karweti, E. 2010. “Pengaruh Kemapuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Di Kabupaten Subangâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 11 No. 2. Hal 80 – 81.
Mangkunegara, A, P. 2011. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Aditama.
Mulyadi, M. 2011. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannyaâ€. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Volume 15 No.1. Hal 131.
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Citra Umbara.
Nadzir, M. 2013. “Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakterâ€. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 02 No. 2. Hal 339 – 352
Nurhayati, S. 2013. “Hubungan Kinerja Supervisor Dengan Tingkat Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 1 No. 2 Hal 194 – 202.
Piter,S.2011. “Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja guru di SMP Se – kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubaraâ€. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 1 No. 2 Hal 42 – 65.
Purwanto, N. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Range, G, B. 2013. “How Teachers’ Perceive Principal Supervision And Evaluation In Eight Elementary Schoolâ€. International Journal Of Research In Education. Volume 2 No. 6 Page 66 – 78.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan Dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta.
Rifaldi, A, M. 2014. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMK ADB INVEST Se – Kota Surabayaâ€. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Volume 4 No. 4 Hal 122 – 133.
Rismawan, E. 2015.â€Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guruâ€. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 12 No. 1 Hal 114 -130.
Sahertian, A, P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta. Sahertian, A, P. 2000. Profil Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.
Saondi,O. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung:Alfabeta.
Sumiata,N,G.2010. “Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Supervisi Pembelajaran dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru SD NEGERI di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Bulellengâ€.Jurnal administrasi Pendidikan Indonesia. Volume 1 No. 2 Hal 46 -67.
Tabi’in. 2017. “Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Madrasah Di KKMI Kecamatan Penjaringanâ€. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN.
Uno, H, B. 2010. TEori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis Di Bidang pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Wahjanta, Ei. 2007. “Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas Oleh Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Se – Kota Magelangâ€. Tesis. Semarang: Sekolah Pascasarjana UNS.
Zepeda, J, S. 2006. “Cognitive Dissonance, Supervision, And Administrative Team Conflictâ€. International Journal Of Educational Management. Volume 20 No. 3 Page 224 – 232.