PENINGKATAN KOMITMEN TUGAS TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PERAN PENGAWAS SEKOLAH DAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 7 KOTA TANGERANG

Authors

  • Hikmat Hikmat Program Pascasarjana Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/perspektif.v2i2.670

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui peran pengawas dan kepala sekolah di SMA Negeri 7 Kota Tangerang. Penelitian Tindakan Sekolah ini terdiri dari 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan adalah penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan hasil skor rata-rata komitmen tugas minimal 80 % dengan kategori tinggi dan kompetensi pedagogik minimal 65 % guru rata-rata mencapai kriteria amat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi komitmen tugas dengan nilai rata-rata 74,41 termasuk pada kategori sedang pada siklus pertama dan pada siklus kedua mencapai nilai rata-rata 81,93 termasuk pada kategori tinggi. 2) Aktivitas guru dalam mengikuti workshop penyusunan RPP yang lengkap dan Kompetensi pedagogik guru dengan nilai rata-rata 65,4 % yaitu 11 orang atau 22 % guru dengan kriteria amat baik, 32 orang atau 64 % dengan kategori baik dan 7 orang atau 14 % dengan kategori cukup pada siklus pertama dan meningkat pada siklus kedua mencapai nilai rata-rata 73,2 % dengan 35 orang atau 70 % guru dengan kriteria amat baik, 15 orang atau 30 % dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada guru SMA Negeri 7 Kota Tangerang agar dapat melibatkan diri dalam kegiatan MGMP sehingga dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengajar di kelas dan untuk kepala sekolah agar memfasilitasi guru yang jadi bawahannya untuk aktif dalam kegiatan MGMP guna meningkatkan kompetensi pedagogiknya.
Kata Kunci: Komitmen Tugas, Kompetensi Pedagogik

Downloads

Published

2020-07-28

Issue

Section

Articles